Pengejawantahan Entrepreneurship Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

“PENGEJAWANTAHAN ENTREPRENEURSHIP MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA”

  • Yeni Asmara Universitas PGRI Silampari
  • Fachruddianyah Fachruddianyah Universitas Jambi
  • Kevin Waldo Universitas Jambi
  • Rosmiati Rosmiati Universitas Jambi
  • Dodi Irawan Universitas Jambi
Keywords: Pengejawantahan, Entrepreunership, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Di era globalisasi dan digitalisasi saat ini begitu pentingnya pelajar memiliki jiwa entrepreunership  terutama bagi generasi muda yang diharapkan memiliki kreativitas dan  innovasi sehingga dapat menciptakan peluang baik bagi dirinya dan lingkungan masyarakat tempat tinggal. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Zimmerer (Anwar, 2014:3) yakni kewirausahaan dipandang sebagai suatu proses pengaplikasian dari sebuah kreativitas dan inovasi dengan tujuan untuk membantu memecahkan suatu persoalan serta menemukan peluang dalam memperbaiki kehidupan sesorang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengejawantahan entreprenership melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang telah dilaksanakan oleh sekolah seperti memanfaatkan dan mengembangkan potensi lokal  seperti entrepreunership ekowisata, inovasi kreativitas produksi dibidang makanan sehingga dapat memberikan inspirasi dan kontribusi bagi sekolah lainnya sebagai upaya menumbuhkembangkan dan meningkatkan jiwa entrepreunership pada pelajar. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan peneliti melakukan pengkajian terkait dengan konsep dan teori yang akan digunakan berdasarkan literatur yang tersedia, terutama dari artikel-artikel yang dipublikasikan dalam berbagai jurnal ilmiah.

 

Kata Kunci : Pengejawantahan, Entrepreunership, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

References

Agung Wahyu Handaru,2015. ,“Karakteristik Entrepreneur Melalui Multiple Diskriminan Analisis (Studi Pada Etnis Tionghoa, Jawa dan Minang di Bekasi Utara)”, Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol.VI, No. 1 hal. 357

Andi Suarda, 2014. Kewirausahaan Dalam Islam . Makassar: Alauddin Press.

Anwar, Muhammad. 2014. Pengantar Kewirausahaan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenada.

Astamoen, 2005. Entrepreneur dalam prespektif kondisi bangsa Indonesia. Bandung: Alfabeta

Basrowi, 2014. Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogoe: Ghalia Indonesia.

Danang Sunyoto, 2017. Kewirausahaan Untuk Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Dindin. (2021). Menggali Potensi Jiwa Kewirausahaan Generasi Muda Berbasis Pancasila. Prosiding Seminar Nasionar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan: Universitas Pamulang.

Herawaty, 2016. Wirausaha Muda Dalam Peningkatan Pembangunan Pertanian Agrica Jurnal Ekstensia. Vol. 10 No. 2.

Huidayat, dkk.2018. Pembelajaran Kewirausahaan dengan Pendekatan Berbasis produksi sebagai Aternatif mempersiapkan lulusan berkualitas di Pendidikan Tinggi.Seminar Nasional Pakar http://trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/index.p/hp/pakar/artcle/download/2709/2339

J. Winardi, 2013. Entrepreneur Dan Entrepreneurship. Jakarta: Prenada Media.

Kasmir,2013. Kewirausahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud,2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Muslimin Kara,Jamaluddin, 2010. Pengantar Kewirausahaan. Makassar : Alauddin Press.

Shalikha, Putri Ayu Anisatus 2022. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.15, No.2.

Syahrial Ayub,dkk.2023. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila(P5) Sebagai Upaya Menumbuhkan jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Volume 8 nomor 16 April 2023

Sukardi,2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarata: PT BumiAksara.

Suryana,2013. Kewirausahaan: Kiat Danproses Menuju Sukses. Jakarta: Selemba Empat.

Vanevenhoven, J., & Liguori, E. 2013. The impact of entrepreneurship education: Introducing the entrepreneurship education project. Journal of small business management, 51(3), 315-328.

Wiratna Sujarweni, 2014. Metodeologi Penelitian . Yogyakarta : Pustaka Baru Perss.
Published
2024-08-10
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times