Manajemen Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Rumpun Aksara Panti – Jember

  • Marifatul Layyinah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Lailil Aflahkul Yaum Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang manajemen program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Rumpun Aksara.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan program pendidikan kesetaraan paket C, 2) pengorganisasian program pendidikan kesetaraan paket C, 3) pelaksanaan program pendidikan kesetaraan paket C, dan 4) evaluasi program pendidikan kesetaraan paket C. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan terdiri dari Kepala PKBM , 3 tutor, dan 2 warga belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) pengumpulan data, 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan data. Dari hasil penelitian yang diperoleh kesimpulan yaitu : 1) perencanaan, pada program paket C di PKBM Rumpun Aksara sudah dikategorikan baik namun masih perlu diperbaiki dan dikembangkan lagi, 2) Pengorganisasian yang ada di PKBM Rumpun Aksara dalam mengelola program pendidikan kesetaraan masih belum optimal.3) Pelaksanaan di PKBM Rumpun Aksara sudah cukup baik namun masih ada beberapa hal yang perlu di benahi dan dikembangkan., 4) Penilaian / evaluasi yang ada di Rumpun Aksara juga dikategorikan baik.

Kata Kunci : Manajemen, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat  

References

Adawiyah, R., Ali Latif, M., & Asri, M. (n.d.). Manajemen Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Balikpapan Utara Kalimantan Timur.

Akdon, A. (2009). Strategic Manajement for Educational Manajement. Bandung: Alfabeta.
Aksara, P. R. (n.d.). Profil PKBM Rumpun Aksara. Jember.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cipta Jaya.

Komar, O., Maman, & Ukas. (2006). Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.

Latif, M., & Natsir, N. (2022). Pelatihan dalam Perspektif Manajemen . Makassar: Badan UNM.

Lubis, S., Akrim, & Prasetya, I. (2023). Manajemen Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Permata Mandailing Natal. Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT).

MA, H., Madani, M., & Tahir, M. (2020). Manajemen Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Amanah Ummat Makassar. 1.

Prasetya, I. (2022). Metodologi Penelitian: Pendekatan Teori dan Praktik. Medan: UMSU Press.

RA, Y. (2021, September Sabtu). Kurikulum 2013: Tidak Ada Ujian Semester, Ujian Berbasis Modul. Retrieved from PKBM Rumpun Aksara.

Ratna Ciptasari, D. (2015). Manajemen Program Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C "Harapan Bangsa" di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Unggaran Kabupaten Semarang.

Sutarto, & Joko. (2007). Pendidikan Nonformal (Konsep Dasar, Proses Pemberdayaan, dan Pemberdayaan Masyarakat). Semarang: Unnes Press.
Published
2024-09-10
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times