Pengaruh Penerapan Model Think-Pair-Share Berbantuan Media Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Matematika SD
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya perhatian terhadap rendahnya pencapaian akademik siswa dalam matematika, yang dipengaruhi oleh model pembelajaran yang di gunakan guru yang tidak banyak variabel. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD N 01 Krapyak Tahunan Jepara terhadap materi balok dan kubus dipengaruhi oleh implementasi model pembelajaran Think-Pair-Share yang didukung oleh buku pop-up. Studi ini menggunakan desain satu kelompok pretest-posttest dengan instrumen tes. Analisis instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis adalah teknik analisis data. Hasil studi menunjukkan bahwa uji-t menghasilkan nilai signifikan 0,001 < 0,05, yang menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji-t menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share berbantuan buku pop-up memiliki pengaruh sebesar 30,4% terhadap hasil belajar siswa, sementara faktor lain memiliki pengaruh sebesar 69,6%. Berdasarkan hasil uji-t, nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel, yaitu 3,645 lebih besar dari 1,68488, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Think-Pair-Share berbantuan buku pop-up memiliki pengaruh signifikan.
Kata Kunci : Think-Pair-Share, Pop-Up Book, Hasil Belajar, Matematika, Pembelajaran di Sekolah Dasar
References
Aliffah, E. N. (2024). Pengaruh Pembiayaan Ar Rahn, Harga Emas Dan Pendapatan Ujrah Terhadap Profitabilitas Pegadaian. UIN Walisongo Semarang.
Aprioda. (2021). Pembelajaran Matematika Berbantuan LKS Berbasis Discovery Learning dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468–468. https://osf.io/preprints/inarxiv/8wcb9/
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 321– 334.
Hasanah, U. (2019). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri 99 Kota Bengkulu. In IAIN Bengkulu.
Karumpa, A., Halimah, A., & Sulastri. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dan Big Book terhadap Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 818–825. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Khafidin, D., Diva, S. A., & Sumaji. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Steam Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Untuk Siswa Sd Kelas V. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT), 1(1), 101–110.
Meilana, Fitri, S., Aulia, N., Zulherman, & Aji, G. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218–226. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13975
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., Ardiyanto, D.,
Hutama, H. A., Boru, M. J., Fachrozi, I., Rodriquez, E. I. S., Prasetya, T. B., & Romadhana, S. (2020). Metodologi Penelitian Kuanti. Universitas Negeri Malang.
Rachmawati, A., & Erwin. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(4), 7637–7643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Ribut, O. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Prestasi matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(1), 1–6.
Sari, S. I., & Sutriyani, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 3(1), 1–15.
Sholekah, A., Permata, S. D., & Rahmawati, A. D. (2023). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa
Materi Pancasila Kelas 1 SDN 3 Keyongan. Global Education Journal, 1(4), 166–176.
Sipayung, T. N. (2024). Pendampingan dalam Mengimplementasikan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas Matematika. Madaniya, 5(3), 1028–1034.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). alfabeta.
Yanto, Nurfitra, Muliana, G. H., & Zubair, S. (2023). The Effect of Pop Up Book Media in Science Learning: A Literature Review. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(2), 214–220.
Copyright (c) 2024 Farah Mauida, Wulan Sutriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.