Pengaruh Penerapan Pembelajaran Mini Riset dan Tugas Portofolio Siswa Berbasis HOTS terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Alwaysliyah Pasar Senen Medan

  • Sarifa Yuliani Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Toni Nasution UIN Sumatera Utara Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran miniriset dan tugas portofolio berbasis hots terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X. Kemampuan berpikir kritis mengacu kepada indikator berpikir kritis yaitu: merumuskan pokok permasalahan, mengungkap fakta yang ada, memilih argument yang logis, menarik kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil di SMA Alwasliyah Pasar Senen Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan quasi experiment. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1  sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPS  2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah keseluruhan 50 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Analisis data postest kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan dengan menggunakan uji-t, taraf signifikan α = 0,05. Hasil pengujian diperoleh nilai t-hitung sebesar 4.175 dan t-tabel sebesar 2,010, maka t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran mini riset terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan data tugas portofolio berbasis hots menggunakan uji-t, taraf signifikan α = 0,05. Hasil pengujian diproleh nilai t-hitung sebesar 3.227 dan  t-tabel sebesar 2.010, maka t-hitung > t-tabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penugasan porofolio berbasis hots terhadap kemampuan berpikir kritis.

Kata Kunci : Pembelajaran, Mini Riset, tugas portofolio, Berbasis HotsBerpikir Kritis

References

Arif, Mahya Fanny. 2019. Implementasi Pembelajaran Berbasis Hots Dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Mata Kuliah Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 10, No. 2, hal: 44–52. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i2.13314.

Arnie, F. 2009. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. PT Remaja Rosdakarya.

Atsnan, M. F., & Gazali, R. Y. 2013. Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, hal: 429-436.

Jannah, B. P. dan L. Miftahul. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif. In PT Rajagrafindo Persada, Vol. 3, Issue 2.

Jaya, I. 2019. Penerepan Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Orenadamedia Group.

KBBI. (n.d.). Berpikir. Kbbi. Retrieved April 20, 2024, from https://kbbi.web.id/pikir.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1, hal: 1–8.

Sahir, Syafrida Hafni. 2021. Metodologi Penelitian.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Sugiyono 20.pdf (pp. 47–281).

Sujiono, Yuliani Nurani. 2010. Mengajar dengan Portofolio.

Sukanti, S. 2010. Pemanfaatan Penilaian Portofolio Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 8, No. 2, hal: 33–40. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.952.

Sumarna Surapranata, dan Muhammad Hatta. 2006. Penilaian Portofolio.

Sundayana. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Supradi. 2013. Aplikasi Staistik dalam Penelitian Konsep Statistik Yang Lebih Komporenshif. PT Prima Ufuk Semesta.

Suroso, Mukti Leksono, Nur Dini, S., & Ekanara, B. 2020. Pengaruh Pembelajaran Proyek Mini Riset Terhadap. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, Vol. 15, No. 1.

Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A.,
Dalfian, Nurcahyati, S., & Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & R. 2023. Buku Ajar Metode Penelitian.

Yustyan, S., Widodo, N., & Pantiwati, Y. 2016. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X SMA Panjura Malang. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), Vol. 1, No. 2, hal: 240–241.
Published
2024-10-02
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times