Pengaruh Teknik Punishment dengan Media Puzzle Floor terhadap Perilaku Hiperaktif pada Anak Down Syndrome

  • Agustin Siti Yulia Ekawati Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Asrorul Mais Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nostalgianti Citra P Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstract

Sikap hiperaktif pada anak down syndrome dapat mempengaruhi berjalannya pembelajaran dalam kelas, sehingga pada penelitian ini akan membahas tentang pengaruh teknik punishment dengan media puzzle floor yang diharapkan dapat meminimalisir sikap hiperaktif pada anak tersebut. Teknik punishment merupakan suatu bentuk hukuman yang memberikan efek jera terhadap seseorang, sedangkan media puzzle floor merupakan media edukatif yang bermanfaat untuk meningkatkan daya konsentrasi pada anak. Jadi, media puzle floor ini adalah sebagai bentuk dari punishmentnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode Single Subject Research (SSR) yang biasa disebut dengan penelitian subjek tunggal. Metode SSR artinya metode eksperimen dalam memfokuskan data individu. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah desain A – B dimana desain tersebut melibatkan fase baseline (A) dan juga fase intervensi (B). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, teknik punishment dengan media puzzle floor berpengaruh terhadap siswa down syndrome yang hiperaktif. Hal itu dibuktikan dengan adanya mean fase intervensi (B) dengan nilai 15 lebih tinggi jika dibandingkan dengan fase baseline (A) yang memperoleh nilai 6,8. Begitupun perubahan level pada analisis antar kondisinya mendapatkan nilai (+9). Pada persentase overlap, mendapatkan nilai 0% dimana hal tersebut menunjukkan jika intervensi yang telah diberikan kepada siswa memiliki pengaruh pada perilaku hiperaktifnya. Berdasar pada hasil dari analisis data dalam kondisi maupun antar kondisi, maka diketahui jika, penerapan teknik punishment dengan media puzzle floor berpengaruh terhadap perilaku hiperaktif pada anak down syndrome. Hal ini, dapat diketahui karena perolehan hasil dari mean level fase intervensi (B) yang lebih tinggi dibandingkan dengan mean level fase baseline (A).

 

Kata Kunci : Teknik Punishment, Media Puzzle Floor, Down Syndrome, Perilaku Hiperaktif

References

Aprilliani, I., Yuwono, I., & S., M. F. G. R. (2021). Mengurangi Perilaku Maladaptif Anak Tunagrahita Melalui Pemberian Punishment Dan Positive Reinforcement. Jurnal Disabilitas April, 1(1), 1–5. http://103.23.232.123/index.php/jd/article/view/6

Heryati, E., Tarsidi, I., & Suherman, Y. (2022). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Subjek Tunggal Single Subject Research Bagi Guru-Guru Sekolah Luar Biasa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 229–235. https://doi.org/10.25134/empowerment.v5i02.4878

Iftitah, S. L. (2022). Upaya Guru Dalam Membimbing Anak Hiperaktif Di Tk Pkk Tanjung Pademawu Pamekasan. Audhi, 5(1), 15–22. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v5i1.950

Ihromi, A. (2019). Efektivitas Pendekatan Modifikasi Perilaku Dengan Teknik Hukuman Untuk Mengurangi Perilaku Hiperaktif Anak Dengan Hambatan Intelektual Di Slb Rela Bhakti I Gamping. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(6), 609–618.

Khodijah, R., Wahidah, Q., Sopariah, D., & Hasanah, L. (2022). Pengalaman Orangtua Dalam Merawat Anak Down Syndrom Literatur Review. Jurnal Pelita Paud, 6(2), 278–286. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1948

Mahdalena, R., Shodiq, M., & Dewantoro, D. A. (2020). Melatih Motorik Halus Anak Autis Melalui Terapi Okupasi. Jurnal Ortopedagogia, 6(1), 1–6.

Oktafianto, E. R. (2018). Permainan Puzzle Lantai Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemusatan Perhatian Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2), 1–10. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/23423

Purwandari, E., Chamidah, A. N., & Suparno. (2022). Kontribusi Orang Tua Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Hambatan Intelektual Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4266–4275. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2575

Risasongko, A. A., Fardani, M. A., & Riswari, L. A. (2023). Teknik Reward And Punishment Dalam Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 125–132.

Rohmadheny, P. S. (2016). Studi Kasus Anak Downsyndrome. Jurnal Care Edisi Khusus Temu Ilmiah, 03(3), 67–76. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/616

Simatupang, D., & Ningrum, E. P. S. (2020). Studi Tentang Perilaku Hiperaktif Dan Upaya Penanganan Anak Di TK Pembina Tebing Tinggi. Pedagogi Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 31–39.
Published
2024-10-31
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 1 times