Meningkatkan Konsentrasi Anak ADHD Kelas 1 SD melalui Work System di SLB Putra Mandiri Tarik Sidoarjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi anak ADHD kelas 1 melalui sistem kerja di SLB Putra Mandiri Tarik Sidoarjo. Permasalahan anak ADHD berinisial FH kelas 1 SD diantaranya mengalami kesulitan berkonsentrasi selama proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan penelitian subjek Tunggal dengan desain A-B. penggunaan instrument ini berupa non tes melalui observasi pencatatan dengan jenis pengukuran frekuensi. Tahap dasar berlangsung selama 5 sesi dan tahap intervensi berlangsung selama 8 sesi. Berdasarkan data yang diukur pada tahap intervensi, perilaku konsentrasi yang ditunjukkan dengan meninggalkan perilaku kursi menunjukkan penurunan, jika dibandingkan dengan tahap baseline, sebelum mendapatkan intervensi terlihat dari data yang diperoleh overlap sebesar 0 %. Dengan demikian dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan konsentrasi anak ADHD di SD kelas 1 melalui sistem kerja di SLB Putra Mandiri Tarik Sidoarjo.
Kata Kunci: Anak ADHD, Konsentrasi, Work System
References
Cervera, P. S., Andrés, M. F., Cerezuela, G. P., & Mínguez, R. T. (2018). The Effectiveness of TEACCG Intervention In Autism Spectrum Disorder. Papeles del Psicologo, 39(1), 40-50.
Fatchuroji, A., Yunus, S., Jamal, M., Somelok, G., Yulianti, R., & Sihombing, M. (2023). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Terhadap Hasil Belajar. Journal on Education, 05 (04), 13758-13765.
Firda, T. R., Damastuti, E., & Aryanti, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak ADHD dengan Teknik Reinforcement Positif. Journal of Educational for All, 1 (1), 56-66.
Istiqomah, A., & Suminar, D. R. (2019). Efektifitas Individual Work System untuk Meningkatkan Kemandirian Penyelesaian Tugas. Jurnal Psikologi Indonesia, 8 (2), 278-293.
Jannah, R., & Fatmawati, D. P. (2023). Pengaruh Pembelajaran Proyek Terhadap Konsentrasi Anak Attention . Indonesian Journal of Early Childhood, 411-416.
Jihan Khoiriyyah Husna, S. K. (2023). Implementasi TEACCH (Treatment Education of Autistic and Related Communication Handicapped Children) Untuk Meningkatkan Kemandirian Perilaku Menyelesaikan Tugas Pada Anak Autis. Jurnal Inovasi Pedagogi & Teknologi (JIPTek), 1 (2), 139-146.
Kirana, D. S. (2018). Pengaruh Penggunaan Work System Terhadap Konsentrasi Anak Autisme Kelas 5 SD. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.
Lestari, W., & Fitlya, R. (2020). Efektivitas Terapi Gerak dan Brain Gym untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak ADHD. Eksistensi, 2 (1), 41-49.
Lola Monika Sari, M. M. (2021). Efektivitas Bermain Lotto untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar bagi Anak ADHD. Jurnal Basicedu, 5 (1), 310-316.
Marlina. (2021). Single Subject Research. Depok: Rajawali Pers.
Nisa, F. A., & Khotimah, N. (2019). Metode Guru dalam Meningkatkan Konsentrasi Anak Yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktifitas (GPPH/ADHD) Dalam Kegiatan Belajar. Academia, 3(2), 235-248.
Ortega, J. V., Julio, F., & Barriuso, R. P. (2013). The TEACCH Program for Childre adn Adults With Autism. Elsevier, 33, 940-953.
Purwanto, C. V., & Sukamto, M. E. (2021). Autism dan ADHD. Surabaya: Universitas Surabaya.
Sa'adah, A., Pramono, Huda, A., & Irvan, M. (2022). Implementasi TEACCH Dalam Pembelajaran untuk Siswa Autisme di Sekolah Khusus. Jurnal Ortopedagogia, 8 (1), 12-18.
Sandrawati, F. C., Jamaris, M., & Supena, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Usia 5-6 Tahun Dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif dan Berbasis Modifikasi Perilaku. VISIPENA, 10 (1), 27-38.
Subakti, H., Handayani, E. S., Salim, N. A., Prasetya, K. H., & Septika, H. D. (2022). Analysis of Students’ Learning Outcomes Attention Deficit. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14 (2), 1933-1938.
Copyright (c) 2024 Novi Dwi Andri Rochmawati, Partiwi Ngayuningtyas Adi, Lailil Aflahkul Yaum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.