Pendidikan Agama Islam sebagai Alat Pembentuk Generasi Milenial Berkarakter Islami

  • Rizki Febriansyah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Alfauzan Amin Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter Islami pada generasi milenial serta mengidentifikasi tantangan dan strategi untuk meningkatkan efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di sebuah sekolah menengah atas di Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa generasi milenial yang menjadi penerima pendidikan PAI di sekolah. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter Islami pada generasi milenial. Namun, implementasinya masih menghadapi berbagai tantangan, terutama terkait metode pengajaran dan keterbatasan waktu. Untuk meningkatkan efektivitas PAI, diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran, pemanfaatan teknologi, serta peningkatan kerja sama antara sekolah dan keluarga.

 

Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Karakter Islami, Generasi Milenial, Metode Pengajaran, Teknologi

References

Ahyani, H., Permana, D., & Abduloh, A. Y. (2020). Pendidikan Islam Dalam Lingkup Dimensi Sosio Kultural Di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 273–288. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i2.20

Arafah, A. A., Sukriadi, & Samsuddin, A. F. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 358–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946

Arsyad, A., & Salahudin, S. (2018). Hubungan Kemampuan Membaca Al Qur’an Dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 179–190. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.476

Bastian, O. A., Rahmat, H. K., Basri, A. S. H., Rajab, D. D. A., & Nurjannah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menangkal Radikalisme pada Generasi Millenial di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 126–133. https://doi.org/10.26623/jdsb.v23i1.1698

Budiarti, R. P. N., Rulyansah, A., Rihlah, J., Mardhotillah, R. R., & Nurfaiza, Y. I. (2022). Pelatihan Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar: Sebuah Experiential Learning sebagai Upaya Mewujudkan Potensi Pembelajaran Aktif. Indonesia Berdaya, 4(1), 77–84. https://doi.org/10.47679/ib.2023379

Duryat, M. (2021). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam Di Institusi yang Bermutu dan Berdaya Saing. ALFABETA.

Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 78–93. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.33

Herwati. (2024). Pendidikan dalam perspektif islam dan peranannya dalam membina kepribadian islami. Bahtsuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v6i1.320

Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral Dalam Membina Karakter Anak Sekolah DASAR. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5), 321–338. https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan

Lupita, W., & Armono, D. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Generasi Z: Studi Kasus Pada Siswa Keahlian Kompetensi Akuntansi Smk Negeri 7 Yogyakarta. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA, 21(2), 28–39. https://doi.org/10.21831/jpai.v21i2.66303

Manan, A. (2023). Pendidikan Islam Dan Perkembangan Teknologi : Menggagas Harmoni Dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 56–73.

Mawardi, A. (2023). Membaca Al-Quran Dan Kecerdasan Spiritual: Sebuah Studi Pada Santri Pondok Pesantren Khairul Ummah Kabupaten Bantaeng. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 105–112.

Mulyaningrum, C. W., Pratama, I. B., Oktavia, N. R., & Fitriono, R. A. (2022). Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Era Generasi Milenial. Gema Keadilan, 9(3). https://doi.org/10.14710/gk.2022.16482

Mursid, R., & Yulia, E. (2019). Pengembangan pembelajaran dalam teknologi pendidikan di era ri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Peran Teknologi Pendidikan Dalam Mengembangkan Dan Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0, 35–42.

Musya’adah, U. (2018). Peran Penting Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. AULADA: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, I(2), 2656–1638. http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada

Palupi, M. T. (2020). Hoax: Pemanfaatannya Sebagai Bahan Edukasi Di Era Literasi Digital Dalam Pembentukan Karakter Generasi Muda. Jurnal Skripta, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.31316/skripta.v6i1.645

Rahmawati, A., Astuti, D. M., Harun, F. H., & Rofiw, M. K. (2023). Peran Media Sosial Dalam Penguatan Moderasi Beragama Dikalangan Gen-Z. J-Abdi, 3(5), 905–920. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i5.6495

Romdloni, M. (2021). Problematika Pendidikan Tinggi, Kurikulum Dan Pendidik Di Indonesia. Jurnal Al-Murabbi, 7(1), 116–125. https://doi.org/10.35891/amb.v7i1.2939

Rubini, R. (2019). Pendidikan Moral Dalam Perspektif Islam. Al-Manar, 8(1), 225–271. https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.104

Sajidin, N. Z., Kambali, Sayudin, & Astuti, A. W. (2023). Dinamika Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Modern. Jurnal Impresi Indonesia, 2(9), 903–914. https://doi.org/10.58344/jii.v2i9.3211

suci rahayu rais, nurlaila, jovial dien, maik, & y dien, albert. (2018). Kemajuan Teknologi Informasi Berdampak Pada Generalisasi Unsur Sosial Budaya Bagi Generasi Milenial. Jurnal Mozaik, 10, 61–71.

Suryadi, R. A. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam. Taklim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/tk.v20i1.43544

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Tatubeket, R., Marampa, E. R., Undras, I., & Combi, J. S. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam
Membentuk Mental Positif Generasi Milenial. Matheteuo: Religious Studies, 3(1), 63–78. https://doi.org/10.52960/m.v3i1.228

Tirtoni, F. (2022). Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Generasi Muda. Inventa, 6(2), 210–224. https://doi.org/10.36456/inventa.6.2.a6237

Yeni Hartanti. (2021). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam Yenni. GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1, 335–342.

Zahrudin, M., Ismail, S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Implementasi Budaya Religius dalam Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 98–109. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i2.293

Zakiah, H. (2024). Peran Pemikiran Organisasi Jong Islmaieten Bond Dalam Meningkatkan Semangat Nasionalisme Di Kalangan Pelajar. Historia Vitae, 04(01), 55–70. https://doi.org/https://doi.org/10.24071/hv.v4i1.6305
Published
2024-09-25
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times