Pendekatan Teori-Teori Belajar untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran dalam Pendidikan Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pendekatan teori-teori belajar, yaitu behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, dan humanisme, dapat diterapkan secara efektif dalam Pendidikan Islam, serta mengidentifikasi tantangan dan peluang yang ada dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus yang berfokus pada beberapa lembaga pendidikan Islam yang menerapkan teori-teori belajar dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di lembaga pendidikan Islam di Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan peserta didik di Lembaga Pendidikan Islam. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerapkan teori-teori belajar seperti behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, dan humanisme secara signifikan meningkatkan kualitas pembelajaran di institusi pendidikan Islam. Namun, untuk memaksimalkan penerapan teori-teori ini, diperlukan upaya lebih lanjut untuk mengatasi masalah saat ini, seperti kesiapan guru dan waktu yang terbatas.
Kata Kunci: Teori Belajar, Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivisme, Humanisme, Pendidikan Islam, Efektivitas Pembelajaran
References
Fathra, F. (2023). Meningkatkan Efektivitas Pengajaran Al-Qur’an Dalam Kurikulum Pendidikan Islam. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 10(2), 213–216.
Hidayat, A., Sa’diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 71–86.
Insani, A. A., Sholehuddin, M. S., Khobir, A., Islam, P. A., Abdurrahman, U. I. N. K. H., & Pekalongan, W. (2024). Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Pemikiran Konstruktivisme Jean Piaget Dalam Pendidikan Islam. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 83–86.
Jannah, M. (2019). Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T an Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 77. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.178
Kasi, R. (2022). Pembelajaran Aktif : Mendorong Partisipasi Siswa. Jurnal Pembelajaran, 1(1), 1–12.
Khoiriyah, B. K., & Murni, M. (2021). Peran Teori “Discovery Learning” Jerome Bruner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2(2), 65–78. https://doi.org/10.54150/thawalib.v2i2.20
Kusumawati, N. A., Dian, K., Purwadi, A., & Maret, U. S. (2024). IMPLEMENTASI TEORI KEBUTUHAN MASLOW DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21 : PENDEKATAN PSIKOLOGI HUMANISTIK. 5445(April), 98–112.
Nadliroh, F. (2024). Konsep Dasar Pendidikan Islam Fatihatun Nadliroh suatu bangsa . Dalam konteks Islam , pendidikan memiliki posisi yang sangat strategis. 1(3), 23–30.
Nasirudin, A., & Putra, I. M. (2024). Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran PAI. Journal of Education and Management Studies, 7(3), 110–115. https://doi.org/https://doi.org/10.32764/joems.v7i3.1173
Nirmaisi Sinaga, M., Siringo Ringo, S., & Ceria Netrallia, M. (2024). Teori Belajar Sebagai Landasan Bagi Pengembangan Teknologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 9–19. https://doi.org/10.59818/jpi.v4i2.646
Nurhidayati, E. (2017). PEDAGOGI KONSTRUKTIVISME DALAM PRAKSIS PENDIDIKAN INDONESIA. International Journal of Educational Counseling, 1(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/001.201711.2
Pernantah, P. S. (2019). Desain Skenario Pembelajaran Aktif Dengan Metode “Mikir” Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 145. https://doi.org/10.29300/ijsse.v1i2.1929
Rachman, N. A., Tobroni, T., & Muthohirin, N. (2023). Implementasi Konsep Humanisme Religius dalam Pembelajaran Akidah Akhlak. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 305–325. https://doi.org/10.46963/alliqo.v8i2.1350
Rachmi, Surachman, A., Putri, D. E., Nugroho, A., & Salfin. (2024). Transformasi Pendidikan di Era DigitalTantangan dan Peluang. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 52–63. https://doi.org/https://doi.org/10.62504/6y4qb169
Rohma, N., Sumo, M., Sofweturrohmah, & Budiyanto, R. (2024). Konsistensi Teori Belajar dan Pembelajaran dalam Pendidikan. JIMAD: Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 2(3), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.61404/jimad.v2i3.263
S, P. (2022). Rekonstruksi Peran Guru dalam Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2473–2484. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.713
Safitri, D., Zakaria, Z., & Kahfi, A. (2023). Pendidikan Kecerdasan Spiritual Perspektif Al-Ghazali Dan Relevansinya Dengan Emotional Spiritual Quotient (Esq). Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(1), 78–98. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v6i1.467
Sari, M., & Haris, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Islamic Education Journal, 1(1), 54–71. https://ejournal.stai-alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/view/230/48
Sudrajat, R. (2023). Pentingnya Ketrampilan Mendengar Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Menarik. Seminar Nasional Ke-Indonesiaan VIII, 8(3), 2613–2630.
Sultani, S., Alfitri, A., & Noorhaidi, N. (2023). Teori Belajar Humanistik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 177. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16108
Wahjono, S. I. (2022). Perilaku Individual. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://www.google.com/search?q=PERILAKU+INDIVIDUAL
Copyright (c) 2024 Rizki Febriansyah, Nurlaili Nurlaili
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.