Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kontekstual di Kecamatan Nibung
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media Pop Up Book hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri Purwara V, SD Negeri 1 Srijaya Makmur, SD Negeri 3 Srijaya Makmur. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 75 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Dokumentasi, Angket dan Tes. Berdasarkan hasil validasi media Pop Up Book berbasis Kontekstual berdasarkan penilaian ahli bahasa, materi dan media menunjukkan bahwa media Pop Up Book berbasis Kontekstual memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,87. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa media Pop Up Book berbasis Kontekstual memenuhi keriteria praktis dengan skor rata-rata 93,33%. Pada uji lapangan diperoleh N-gain (g) sebesar 0,53 dengan klasifikasi sedang, yang artinya media Pop Up Book berbasis Kontekstual memiliki efektifitas sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book berbasis Kontekstual terbukti valid, praktis, dan memiliki keefektifan dalam pembelajaran IPA SD Negeri Purwara V, SD Negeri 1 Srijaya Makmur, SD Negeri 3 Srijaya Makmur.
Kata Kunci: Pop Up Book, Kontekstual, IPA, Media Pembelajaran,
References
Dewanti, Handaruni, D. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228.
Elen Salsa Bila, M., Khoirul Umam, N., & Wahyuning Subayani, N. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Audio Dan Android Materi Metamorfosis Hewan Untuk Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 359–367
Fadillah, M. R. & Ninawati, M. (2020). Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual Pada Materi
Perkembangbiakan Hewan Kelas VI SDN Anyelir 1 Depok. Jurnal Penelitian Pendidikaan, 7(2), 89-98.
Mamente, N. K. S. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book pada Materi Perpindahan Kalor. Jurnal : Ilmu Pendidikan 5(5), 1895–1903.
Prasetiyo, Y. C., & Yuliawati, F. (2021). Pengembangan media pembelajaran ipa pop up book materi daur hidup hewan untuk kelas v mi / sd else ( Elementary School Education Journal ). 5, 274–288.
Sulikah, W., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN Socah 4., 551–556.
Copyright (c) 2024 Leo Charli, Sujarwo Sujarwo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.