Pengaruh Kepercayaan dan Keunggulan Bersaing terhadap Kepuasan Jamaah Umrah (Studi pada PT. Alhijaz Indowisata Kota Bengkulu)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh kepercayaan dan keunggulan bersaing terhadap kepuasan jamaah umrah di PT. Alhijaz Indowisata Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan 60 responden menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, kepercayaan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan jamaah (Y) (Thitung = 2,524, signifikansi = 0,014). Begitu juga, keunggulan bersaing (X2) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan jamaah (Y) (Thitung = 2,966, signifikansi = 0,004). Secara simultan, kepercayaan dan keunggulan bersaing secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan jamaah (Fhitung = 8,601, signifikansi = 0,001). Kedua variabel tersebut menjelaskan sebesar 23,22% variasi dalam kepuasan jamaah umrah di PT. Alhijaz Indowisata Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Keunggulan Bersaing ; Kepercayaan ; Kepuasan
References
Gul, R. (2014). The Relationship Between Reputation, Customer Satisfaction, Trust and Loyalty. Journal of Publik Administration and Governance, 4(3), 379.
Hartini, K. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Pendekatan Model Carter Bprs Muamalat Sukaraja. JBMA, 6(2), hal: 61.
Kemenag.go.id, H. (2024). Direktorat Jendral Penyelenggaraan Haji Dan Umrah.
Lusiana, V. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Universitas Muhammadiyah Semarang.
Pattipeilohy, V. R. (2018). Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing, Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Usaha Nasi Kuning Di Kelurahan Batu Meja Kota Ambon). Jurnal Maneksi, 7(1), hal: 66–73.
Setiawan, R. A. (2022). Analisis Valuasi Harga Saham Healthcare Menggunakan Price to Earnings Ratio (PER) pada Saham Syariah. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(2), hal: 157–178.
Setiawan, R. A. (2023). Avoidance of Riba-Based Loans and Enhancement of Quality of life : An Indonesian Context Analysis. Journal of Religions, 14(11), hal: 1376.
Setiawan, R. A. (2024). The Future Of Islamic Banking and Finance In Indonesia. Taylor & Francis.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). ALFABETA.
Sukarmen, P., Sularso, A., & Wulandari, D. (2013). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Gula Pasir Sebelas (GUPALAS) Pabrik Gula Sembero PTP Nusantara XI (PERSERO). Journal Jeam, 12(1), hal: 66.
Copyright (c) 2024 Ena Pita Sari, Romi Adetio Setiawan, Kustin Hartini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.