Pengaruh Kepercayaan dan Keunggulan Bersaing terhadap Kepuasan Jamaah Umrah (Studi pada PT. Alhijaz Indowisata Kota Bengkulu)

  • Ena Pita Sari Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Romi Adetio Setiawan Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno
  • Kustin Hartini Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh kepercayaan dan keunggulan bersaing terhadap kepuasan jamaah umrah di PT. Alhijaz Indowisata Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan 60 responden menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, kepercayaan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan jamaah (Y) (Thitung = 2,524, signifikansi = 0,014). Begitu juga, keunggulan bersaing (X2) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan jamaah (Y) (Thitung = 2,966, signifikansi = 0,004). Secara simultan, kepercayaan dan keunggulan bersaing secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan jamaah (Fhitung = 8,601, signifikansi = 0,001). Kedua variabel tersebut menjelaskan sebesar 23,22% variasi dalam kepuasan jamaah umrah di PT. Alhijaz Indowisata Kota Bengkulu.

 

Kata Kunci: Keunggulan Bersaing ; Kepercayaan ; Kepuasan

References

Buddy. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Reputasi Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Travel Umroh Dan Haji Di Jakarta Timur. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Manajemen, 4 (2), hal: 111.

Gul, R. (2014). The Relationship Between Reputation, Customer Satisfaction, Trust and Loyalty. Journal of Publik Administration and Governance, 4(3), 379.

Hartini, K. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Pendekatan Model Carter Bprs Muamalat Sukaraja. JBMA, 6(2), hal: 61.

Kemenag.go.id, H. (2024). Direktorat Jendral Penyelenggaraan Haji Dan Umrah.

Lusiana, V. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Pattipeilohy, V. R. (2018). Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing, Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Usaha Nasi Kuning Di Kelurahan Batu Meja Kota Ambon). Jurnal Maneksi, 7(1), hal: 66–73.

Setiawan, R. A. (2022). Analisis Valuasi Harga Saham Healthcare Menggunakan Price to Earnings Ratio (PER) pada Saham Syariah. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(2), hal: 157–178.

Setiawan, R. A. (2023). Avoidance of Riba-Based Loans and Enhancement of Quality of life : An Indonesian Context Analysis. Journal of Religions, 14(11), hal: 1376.
Setiawan, R. A. (2024). The Future Of Islamic Banking and Finance In Indonesia. Taylor & Francis.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). ALFABETA.

Sukarmen, P., Sularso, A., & Wulandari, D. (2013). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Gula Pasir Sebelas (GUPALAS) Pabrik Gula Sembero PTP Nusantara XI (PERSERO). Journal Jeam, 12(1), hal: 66.
Published
2024-12-06
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times