Peningkatan Kemampuan Binadiri Menggosok Gigi Disabilitas Grahita Sedang Melalui Model Pembelajaran Langsung di SLB PGRI Tlanakan

  • Hendra Lufi Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Asrorul Mais Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Khusna Yulinda Udhiyanasari Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan kemampuan Binadiri Menggosok Gigi Disabilitas Grahita Sedang Melalui Model Pembelajaran Langsung Di SLB PGRI Tlanakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model Kemmis 3 dengan menggunakan 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, teknik tes dan dokumentasi. Analisa data dilakukan untuk mendeskripsikan perubahan pemberian tindakan melalui model pembelajaran langsung dalam meningkatkan kemampuan pengembangan diri menggosok gigi pada siswa tuna grahita sedang kelas III. Hasil penelitian tiap siklus mengalami peningkatan. Peningkatan dari siklus I ke siklus II rata-rata 46 %, peningkatan siklus I ke siklus III yaitu 97 % dan peningkatan siklus II ke III yaitu 19%. Dari hasil temuan penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pengembangan diri menggosok gigi pada siswa tuna grahita sedang kelas III yang dapat dilihat dari hasil penelitian yaitu siklus II lebih besar dari siklus I, dan terdapat peningkatan signifikan siklus III lebih besar dari Siklus II dan siklus I. Sehingga dapat disimpulkan bahwasannya Kemampuan kemampuan Binadiri Menggosok Gigi Disabilitas Grahita Sedang Melalui Model Pembelajaran Langsung Di SLB PGRI Tlanakan mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci:

Binadiri Menggosok Gigi; Model Pembelajaran Langsung; disabilitas grahita sedang

References

A. Adelia Arum, Ahmad Idris. 2016. Pelatihan Menggosok Gigi Untuk Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Anak Tunagrahita Sedang Di Slb Dharma Wanita Lebo Sidoarjo. Skripsi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.

Apriyanto, Nunung. 2012. Seluk-Beluk Tunagrahita Dan Strategi pembelajarannya. Jogjakarta: Jayalitera.

Astutik, E. Y., dkk. (2020). Penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) pada kompetensi dasar perawatan kulit wajah secara manual di SMK Negeri 3 Kediri. Jurnal Tata
Rias, 9(4), hal: 82-90. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/

Gigih Putriani. 2017. Peningkatan Upaya Pembelajaran Bina Diri Menggosok Gigi Melalui Media Video Animasi Pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang KelaS IV SDLB di Slb Negeri Pembina Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(2), hal: 208-219. Diakses pada tanggal 2 Januari 2024. 6884-15203-1-SM.pdf

Hermanto, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), hal: 150-164. 21372-Article Text-50040-57040-10-20220421.pdf

Indriasari, Fika Nur. 2023. Teknik Shaping Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Adl (Activity Daily Living): Menggosok Gigi Pada Anak Dengan Tuna Grahita. JPKM, 29(2). P-ISSN:0852-2715. E. ISSN: 2502-7220. 37749-95714-1-PB.pdf

Maarif, M., Fauziah, M., & Fauzi, R. (2020). Effectiveness Of Direct Instruction For Learning Models Improving Batik Skills In Basic School Students In Sanggar Batik Cikadu. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(1), hal: 151–158. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i1.7894.

Ramaini Sri, Damri. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Direct Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Box File bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal of basic Education Studies, 4(1), hal: 1247-1252. DAMRI_3560-Research Results-12890-1-10-20210520.pdf (unp.ac.id).

Safarilis, S. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VI SD Negeri 008 Pulau Rumput. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(2), hal: 282-287. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i2.5077.

Saputri, E. I., Zainuddin, Z., & Mastuang, M. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Pada Materi Ajar Usaha dan Energi Dengan Metode Problem Posing Dalam Setting Model Pengajaran Langsung Pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), hal: 91-98. https://doi.org/10.20527/bipf.v4i2.1032

Somantri, Sutjihati. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama

Sudrajat, D., & Rosida, L. 2013. Pendidikan Bina Diri Anak Berkebutuhan Khusus. PT Luxima Metro Media.

Warih Dwi Cahyaning. 2019. Peningkatan Keterampilan Bina Diri Menggosok Gigi Melalui Metode Latihan (Drill) Pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang Kelas III SDLB di SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(2), hal: 201-213. 16059-35220-1-SM.pdf

Diah Ayu., Y. Lailil Aflahkul. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pengembangan Diri Menggosok Gigi Melalui Permainan Puzzle Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas III di SDLB Abcd Pgri Kalipuro Banyuwangi. SPEED Journal: Journal of Special Education, 1(2), hal: 20-24. View of upaya meningkatkan kemampuan pengembangan diri menggosok gigi melalui permainan puzzle pada anak tunagrahita sedang kelas iii di sdlb abcd pgri kalipuro banyuwangi (unipar.ac.id)

Yanti, W. 2019. Penggunaan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 15 Kota Takengon Tahun Pelajaran 2018 2019. Biotik: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 7(2), hal: 115–120. https://doi.org/10.22373/biotik.v7i2.5652
Published
2024-12-17
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)