Penguatan Karakteristik Siswa Islami Melalui Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Pendekatan dalam proses pembelajaran perlu ditingkatkan, sehingga guru harus berinovasi dalam mengembangkan bahan ajar agar tujuan pembelajaran tercapai. Kurangnya variasi bahan ajar saat ini menyebabkan pembelajaran masih cenderung berpusat pada guru, sehingga strategi pembelajaran harus dioptimalkan untuk memastikan transformasi yang berfokus pada siswa tanpa mengurangi nilai-nilai Islami. Oleh karena itu, diperlukan media yang mendukung, salah satunya penggunaan multimedia interaktif. Meskipun demikian, peran guru sebagai fasilitator dan mentor tetap penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang efektif dalam meningkatkan karakter Islami siswa melalui penggunaan media interaktif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Karakter Islami seperti kejujuran, tanggung jawab, dan toleransi menjadi sangat penting dalam pendidikan di era digital ini. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif, melibatkan observasi, wawancara, dan angket sebagai metode pengumpulan data. Subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar fase C yang mengikuti pelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media interaktif seperti video edukatif, mampu meningkatkan motivasi belajar siswa serta memperkuat karakter Islami mereka. Media interaktif menjadikan pembelajaran menarik dan interaktif, sehingga siswa mudah memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Islami. Kesimpulannya, media pembelajaran interaktif berperan penting dalam membentuk dan meningkatkan karakter Islami siswa, dan penggunaannya perlu lebih diintegrasikan ke dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Karakter Islami, Media Pembelajaran, PAI, Teknologi, Pembelajaran.
References
Aisyah, N., & Fitriyah, N. (2024). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa. Journal of Education Research, 5(1), 301–313. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/770
Alfaridzih, A., Akbar, A. F., Najikh, A., & Faslah, R. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak melalui Program Brascho Nyantrik di SMA Brawijaya Malang. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 10(1), 133–144. https://doi.org/10.32884/ideas.v10i1.1648
Cahyani, A., & Masyithoh, S. (2023). Kontribusi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasardi Era Revolusi Industri 4.0. Al-Rabwah : Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(01), 61–72. https://doi.org/10.55799/jalr.v17i01.253
Fajrin, M. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di SMK Negeri Rembang Pasuruan. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(1), 262–275. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i1.105
Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2020). Pengaruh Pendidikan Islam terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Hayati, S., & Fadriati, F. (2023). Pendidikan Karakter melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3959–3969. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6521
Oktafiani, J., Dewi, P. A., & Sartika, M. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Tanggungjawab Siswa. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu Ilmu Sosial, 1(5), 446–472. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i2.129
Puspitasari, N., Relistian. R, L., & Yusuf, R. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.30863/attadib.v3i1.2565
Ramadhani, S. L. (2024). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mojotengah Wonosobo Tahun Pelajaran 2023 / 2024. Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), 2(2), 34–47.
Rizal, S., Toenlioe, A., & Sulthoni, S. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Pendidikan Agama Islam Materi Pergaulan Bebas Dan Zina Untuk Kelas X Sman 1 Dringu Kabupaten Probolinggo. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p001
Safitri Safitri, Sa’baniah Sa’baniah, & Eko Nursalim. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kaubun. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(1), 30–45. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i4.568
Salisah, S. K., Darmiyanti, A., & Arifudin, Y. F. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. Al Fikr : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 36–42. http://repository.uinsaizu.ac.id/3872/2/COVER_BAB I_BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Sekar, A. nastiti, Nindia, O., & Mulyono. (2024). PROBLEMATIKA EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA MERDEKA BELAJAR. Jurnal PAI : Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 3(1), 82–93.
Sibuea, P., Hafis, B., Sari, D., Koto, M. K., Rahman, N. A., Naibaho, P. R., Susanti, R., & Riadi, S. (2024). Pengembangan Multimedia dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2920–2928.
Sukron, M. I., Sulstiani, I. R., & Sudrajat, A. (2021). Analisis Karakteristik Siswa Dalam Pembelajaran PAI Di SMAI Al Maarif Singosari Malang. VICRATINA:Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 272–282.
Suwandi, S., & Widodo, H. (2021). Penerapan Kurikulum PAI terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa MTs Al-Khairiyah Pulokencana. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 127. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.400
Syukrina, S., & Aprison, W. (2024). Penerapan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 23207–23217. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/15394
Taufik, A. (2023). Penggunaan Multimedia Interaktif Dengan Metode Circ Teknik “Batu Artis” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi. Ipa. 1 Sman 2 Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2023/2024. DHABIT: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 34–41.
Yeni Hartanti. (2021). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(3), 335–342.
Copyright (c) 2024 Distiliana Distiliana, Efan Efan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.