Moderasi Citra Merek Sekolah terhadap Pengaruh Promosi Digital dan Kualitas Layanan terhadap Minat Calon Siswa Baru di SMK Laboratorium Global
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi digital, kualitas layanan, dan moderasi citra merek sekolah terhadap minat calon siswa baru di SMK Laboratorium Global. Metode kuantitatif dengan desain survei korelasional digunakan untuk mengumpulkan data dari 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi digital dan kualitas layanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat calon siswa. Citra merek sekolah berperan sebagai moderator yang memperkuat pengaruh kedua variabel tersebut. Kesimpulannya, untuk meningkatkan minat calon siswa, SMK Laboratorium Global perlu mengoptimalkan strategi promosi digital, meningkatkan kualitas layanan, dan terus membangun citra merek yang positif. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan strategi pemasaran pendidikan di Indonesia.
Kata Kunci: Moderasi, Citra Merek, Promosi Digital, Minat Calon Siswa
References
Dharmayanti, W. (2014). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT SISWA SMP MASUK SMK DI KOTA PONTIANAK FACTORS AFFECTING JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ INTEREST IN STUDYING AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL IN PONTIANAK CITY.
Erpurini, W., Kurnia Ramadhan, I., & Indahsari, S. (2023). Strategi Promosi Digital dalam Menarik Minat Beli Konsumen PT Sinverho Energi Indonesia. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 95–107. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i1.1761
Fadilah Amin, N. (2023). KONSEP UMUM POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN. JURNAL PILAR : Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1).
Fadilla, Z., Ketut Ngurah Ardiawan, M., Eka Sari Karimuddin Abdullah, M., Jannah Ummul Aiman, M., & Hasda, S. (2021). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. http://penerbitzaini.com
Fiandi, Y. U., Am, S., Noor, M., Muhammadiyah, S., & Selebah, B. (2021). KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN DI SMK MUHAMMADIYAH BRAJA SELABAH LAMPUNG TIMUR (Studi Kasus Di SMK Muhammdaiyah Braja Selebah). POACE: Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan, 1(2), 120–127.
Hermawan, H., & Ariyo Bimo, W. (2024). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 8(1).
Hibahtullah, A. F. (2019). Djawoto SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA (STIESIA) SURABAYA.
Imron Imron. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, 5(1).
Indrapura, P. F. S., & Fadli, U. M. D. (2023). ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DI PERUSAHAAN CIPTA GRAFIKA. JURNAL ECONOMINA, 2(8), 1970–1978. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.699
Kiswanto, J. D., Hursepuny, H., Nanulaitta, D. T., Melmambessy, S., Administrasi, J., Politeknik, N., & Ambon, N. (2023). PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOTA AMBON. JURNAL ADMINISTRASI TERAPAN, 2(2).
Lenti Susana Saragih, Aurora Elise Putriku, Silvia Diva Sari, Yessi Novitasari Laia, & Yoga Syahputra. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Kontribusi Ekspor UMKM di Era 4.0. Jurnal Strategi Bisnis Teknologi, 1(3), 63–72. https://doi.org/10.61132/jusbit.v1i3.174
Ma’sum, T., Inám, A., Dwi, D., Alpianingsih, P., Tinggi, S., Darussalam, A. I., & Nganjuk, K. (2023). Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan.
Mujid, A. (2021). STRATEGI CITRA MEREK, KUALITAS PELAYANAN, DAN HARGA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN SEKOLAH.
Nikma, W., Riofita, H., & Com, H. (2024). Ekonodinamika Jurnal Ekonomi Dinamis PENGARUH EFEKTIVITAS STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. https://journalpedia.com/1/index.php/jed
Purbohastuti, A. W. (2021). EFEKTIVITAS BAURAN PEMASARAN PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN INDOMARET. Jurnal Sains Manajemen, 7(1).
Putrianingsih, S. (2024). Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing di MIN 3 Tulungagung 55 JOURNAL OF POJOK GURU (Vol. 2).
Putri, S. S., Karnawati, A., Handarini, D. M., Kunci, K., Pelayanan, K., & Merek, C. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Orang Tua Memilih SD Kids Republic Di Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(8).
Rahayu, S., Program, W., Pendidikan, S., Kesehatan, J., & Rekreasi, D. (2022). PENGEMBANGAN SKALA LIKERT UNTUK MENGUKUR SIKAP TERHADAP PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK SISWA SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA.
Ramadhani, M. D., & Maskur, A. (2020). PENGARUH CITRA MEREK.
Raquel Adita Chrisanti. (2019). KUALITAS LAYANAN DAN PENGELOLAAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI SEKOLAH.
Ridwan, A. (n.d.). PENGARUH PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP (THE EFFECT OF PROMOTION AND BRAND IMAGE ON CHOOSE DECISION SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN GENERASI MANDIRI IN THE DEPARTMENT OF COMPUTER NETWORK ENGINEERING).
SA’IDU, N. (2023). ANALISIS KUALITAS LAYANAN JASA PENDIDIKAN MADRASAH BINAAN KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG MENGGUNAKAN SERVQUAL. Jurnal Inovasi Riset Akademik, Vol 3.
Selviana, L., Afgani, W., & Siroj, R. A. (2024). Website: https://j-innovative.org/index.php/Innovative Correlational Research. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 5118–5128. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Sinollah. (2019). PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN (Servqual ± Parasuraman) DALAM MEMBENTUK KEPUASAN PELANGGAN SEHINGGA TERCIPTA LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus pada Toko Mayang Collection cabang Kepanjen).
Tyas Prahesti, R., Ruliana, P., & Yuliati Subarsa, K. (2021). Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Citra Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya
ULUM, M. (2016). BUKU-UJI-VALIDITAS-DAN-RELIABILITAS.
Victor Kamanda, S. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP. In Jurnal AS-SAID (Vol. 2022, Issue 1).
Vidyawati, F. O., & Rosyidah, E. (2022). STRATEGI PROMOSI MELALUI DIGITAL MARKETING DI ERA PANDEMI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA PADA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 BANYUWANGI. JEKOBIS: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 39–44. http://ejournal.ubibanyuwangi.ac.id/index.php/jurnal_jekobis
Widowati, M., & Mohklas. (2015). MODEL KEPUASAN PELANGGAN DENGAN PENGALAMAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI PADA RUMAH SAKIT DI KOTA SEMARANG) Model Customer Satisfaction With Work Experience as Moderating Variable (Study in Hospital in Semarang City). In Juni (Vol. 10, Issue 1).
Zulfikar, R. (2024). METODE PENELITIAN KUANTITATIF (TEORI, METODE DAN PRAKTIK). www.freepik.com
Copyright (c) 2024 Kartika Sari Suharto, Febriansyah Febriansyah, Miya Dian Kamila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.