Impact Akreditasi, Promosi, dan Persepsi terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi pada IAIN Kerinci

  • Hendra Lardiman Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Novi Novrita Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Dafiar Syarif Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis impact akreditasi, promosi, dan persepsi terhadap keputusan mahasiswa memilih IAIN Kerinci sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berdasarkan hasil kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 718 orang mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa baru angkatan 2021 di IAIN Kerinci. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 266 orang setelah di hitung dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda menggunakan program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akreditasi program studi, promosi dan persepsi berpengaruh terhadap keputusan memilih IAIN Kerinci sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan yang persepsi menunjukkan paling dominan berpengaruh terhadap keputusan memilih IAIN Kerinci.

References

Ambarwati, M., Sunarti, & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 25(1), 1-7.

Aydin, O. T. (2015). University Choice Process: A Literature Review on Models and Factors Affecting the Process. Journal of Higher Education, 5(2), 103–111. doi:10.2399/yod.15.008

BAN-PT. (2019). Akreditasi Perguruan Tinggi Kriteria dan Prosedur 3.0. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, 18.

Budur, T., & Rashid, C. A. (2018). Students Perceptions on University Selection, Decision Making Process: A Case Study in Kurdistan Region of Iraq. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 5(1). https://doi.org/10.23918/ijsses.v5i1p133

Chen, C.-H., & Zimitat, C. (2006). Understanding Taiwanese students’ decision-making factors regarding Australian international higher education. International Journal of EducationalManagement, 20(2), 91-100. doi:10.1108/09513540610646082

Fakhri, M., Gilang, A., & Ratnayu, N. (2017). Analisis Faktor Pembentuk Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Universitas Telkom (Studi Pada Mahasiswa Prodi S1

Heliawan, Y. A., & Wisnu, A. M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 18(2), 174. https://doi.org/10.29040/jap.v18i2.114

Indonesia, R. (2017). Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Indonesia, R. perubahan. (2020). Peraturan Pemerintah 17/2020 tentang Perubahan PP 11/2019 Manajemen Pegawai Negeri Sipil (Issue 023819).

Jakarta, U. S. H. (2021). jumlah mhs baru tahun 2015 sd 2019.BIRO PERENCANAAN DAN KEUANGAN BIRO PERENCANAAN DAN KEUANGAN.https://biropk.uinjkt.ac.id/jum-mhs-baru-per-tahun/#

Kamal, B., & Rahmadiane, G. D. (2017). Pengaruh Persepsi, Akreditasi Prodi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Memilih Program Studi Akuntansi Pada Politeknik Harapan Bersama. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 145. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i2.866

Kementerian Riset, Teknologi, P. T. (2016). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan No.32 Tahun 2016 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi. In Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia: Vol. Nomor 65 (Issue 879).

LSP3I, M. (2019). Strategi Branding Perguruan Tinggi Untuk Menarik Minat Mahasiswa Baru. In majelis Diktilitbang Muhammadiyah. LSP3I MAKASSAR.

Ming, J. S. K. (2010). Institutional Factors Influencing Students’ College Choice Decision in Malaysia: A Conceptual Framework. International Journal of Business and Social Science, 1(3), 53-58.

M. Anang Firmansyah. (2018). PERILAKU KONSUMEN (Sikap dan Pemasaran). CV BUDI UTAMA).

Nisa, E. K. (2018). ANALISIS PENGARUH AKREDITASI PROGRAM STUDI TERHADAP INTENSITAS BELAJAR DAN HARAPAN MASA DEPAN (Studi Kasus di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang). At-Taqaddum, 10(2), 201– 218.

Nurfia, Saleh, S., & Nasrullah, M. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi Mahasiswa memilih program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran fakultas ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar, 1–6.

Rivandi, M., & Kemala, E. R. (2021). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Akuntansi (PPAk) di Universitas Dharma Andalas. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 94–108. https://doi.org/10.47233/jebd.v23i1.177

Sidin, S. M., Hussin, S. R., & Soon, T. H. (2003). An Exploratory Study of Factors Influencing the College Choice Decision of Undergraduate Students in Malaysia. Asia Pacific Management Review, 8(3), 259-280.

Soedijati, E. K., & Pratminingsih, S. A. (2011). The impacts of marketing mix on students choice of university study case of private university in bandung, Indonesia. 2nd INTERNATIONAL CONFERENCE ON BUSINESS AND ECONOMIC RESEARCH (2nd ICBER 2011) PROCEEDING,2124–2131.
https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/3406 Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif kualitatif, dan R&D. alfabeta

Suryani, W. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara Al Munawaroh Medan. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 9(1), 33. https://doi.org/10.21067/jem.v9i1.196
Published
2024-12-13
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times