Pengaruh Aplikasi Talkback terhadap Kemampuan Pemahaman Huruf Abjad pada Disabilitas Netra

  • Sulastri Sulastri Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nostalgianti Citra Prystiananta University of PGRI Argopuro Jember
  • Khusna Yulinda Udhiyanasari University of PGRI Argopuro Jember

Abstract

Disabilitas netra adalah kondisi dimana terdapat hambatan pada penglihatannya sehingga membawa dampak pada kehidupan sehari-harinya seperti membaca. Jika seseorang mengalami kesulitan dalam mengenal huruf maka dipastikan seseorang tersebut akan kesulitan dalam membaca. Sehingga, pengenalan huruf ini sangat penting dalam perkembangan kemampuan membaca pada seseorang. Talkback pengenalan huruf abjad adalah suatu system fitur pembaca layar dan aplikasi talkback dirasa cocok dengan kebutuhan disabilitas netra. Berdasarkan latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan suatu permasalahan yaitu apakah ada pengaruh aplikasi talkback pengenalan huruf abjad terhadap disabilitas netra. Oleh karena itu, penelitian ini membahas tentang pengaruh aplikasi talkback pengenalan huruf abjad yang diharapkan dapat membantu disabilitas netra. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam pemahaman huruf abjad melalui aplikasi talkback pada disabilitas netra di Jl. Ahmad Yani Nomor 25, Kelurahan Tamansari Kabupaten Bondowoso. Jenis penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain A-B. Subjek penelitian ini disabilitas netra yang berinisial M. Dalam proses penelitian menggunakan dua fase yaitu fase baseline dan fase intervensi. Pada fase baseline yang dilakukan selama 5 sesi dan 10 sesi pada fase intervensi dengan waktu 40 menit setiap sesi. Dari hasil persentase baseline yaitu 40%, 40%, 50%, 60% dan 50%, hasil yang diperoleh dilanjut dengan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Pada persentase overlap yang didapatkan adalah 0% yang menunjukkan bahwa intervensi yang diberikan pada disabilitas netra berpengaruh terhadap pemahaman huruf abjad yang ada di aplikasi talkback. Dengan demikian rumusan masalah yang dikemukakan terjawab bahwa aplikasi talkback efektif meningkatkan kemampuan pemahaman huruf abjad pada disabilitas netra  di Jl. Ahmad Yani Nomor 25, Kelurahan Tamansari Kabupaten Bondowoso.

 

Kata kunci: Disabilitas Netra; Aplikasi Talkback; Single Subject Reasearch (SSR); Huruf Abjad.

References

Amit. 2020. Penggunaan Tongkat pada Peserta Didik Tunanetra SMALB dalam Melakukan Mobilitas. Skripsi. Bandung: FIP UPI.

Dedy Hamdani, dkk., “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Cahaya”, Exacta, Vol. X, No. 1, Juni 2019, 82

Fathurahmat, R. M. (2021). Implikasi Aplikasi Pembaca Buku Dalam Meningkatkan Literasi Tunanetra. Comm-Edu (Community Education Journal), 4(1), 1-5.

Herwanto, F., Saviku, S. A., & Dai, M. (2019). Aplikasi Pembaca Tunanetra menggunakan Smartphone Android. Jurnal JTII, Volume 4 No. 1.

Heryati, E., Tarsidi, I., & Suherman, Y. (2022). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Subjek Tunggal Single Subject Research Bagi Guru-Guru Sekolah Luar Biasa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 229–235.

Kholidah, F. 2019. Upaya Pengembangan Kemandirian dalam Ibadah melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Tunanetra (Studi Kasus di Kelas V SLB ‘Aisyiyah Ponorogo). Disertasi. Kediri : IAIN Kediri.

Kumalasari, Dewi dkk. 2020. Peningkatan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus bagi Instruktur, Konselor, dan Relawan Yayasan Mitra Netra dan Persatuan Tunanetra Indonesia. Jurnal Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat, 4(1): 75-80.

Mahdalena, R., Shodiq, M., & Dewantoro, D. A. (2020). Melatih Motorik Halus Anak Autis Melalui Terapi Okupasi. Jurnal Ortopedagogia, 6(1), 1–6.

Maman Rahman, Filsafat Ilmu, (Semarang: UPT UNNES Press, 2020), 93.

Mais, Asrorul. 2020. Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember: CV. Pustaka Abadi.

Novianti, R. (2019). Pengaruh Permainan Kartu Bergambar Dan Kecerdasaan Linguistik Terhadap Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7.

Putra, R. P. Z., & Wulandari, F. T. (2022). Penggunaan Gadget untuk Orang Berkebutuhan Khusus. Senyum Boyolali, 3(1), 15-21.

Sanaky Hujair, A. H. (2021). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta:= Kaukaba Dipantara Anggota IKAPI.

Sasraningrat, F. Harsana. 1981. Metodik Khusus Anak Tunanetra. Yogyakarta: Federasi Kesejahteraan Tunanetra Indonesia.

Somantri, Sutjihati. 2019. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Reflika Aditama.

Sudijono. (1995). Evaluasi Pendidikan. Jogjakarta

Sulistyowati, H., & Rafi, M. F. (2020). Pemanfaatan Media Pembaca Layar Pada Mahasiswa Tunanetra Di Stkip Pgri
Jombang. Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, 8(1), 94.

Sunanto, Juang. 2019. Pengantar Penelitian Subjek Tunggal. Bandung:UPI
Published
2024-12-26
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times