Implementasi Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran Proyek Bebantuan Media 3D untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kritis Siswa pada Materi Tata Surya Kelas VI SDN 04 Suliki Tahun Pelajaran 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi teori konstruktivisme dalam pembelajaran proyek menggunakan media 3D, dengan fokus pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi tata surya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di kelas 6 SDN 04 Suliki yang memungkinkan peneliti untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pengalaman siswa selama proses pembelajaran.
Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan siswa dan guru, serta observasi partisipatif selama kegiatan pembelajaran. Wawancara diarahkan untuk menggali persepsi siswa tentang penggunaan media 3D dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa. Observasi dilakukan untuk mencatat interaksi siswa, keterlibatan dalam proyek, dan penerapan konsep- konsep tata surya dalam diskusi kelompok.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media 3D dalam pembelajaran proyek tidak hanya menarik minat siswa, tetapi juga mendorong siswa untuk berpikir secara kritis. Siswa menunjukkan peningkatan dalam kemampuan analisis, sintesis, dan evaluasi informasi terkait tata surya. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan teori konstruktivisme melalui metode pembelajaran berbasis proyek dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci : konstructivisme, pjbl, berpikir kritis
References
Armawati, A., & Imron, R. K. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam: Sistem Pendanaan. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(3), 410–417. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i3.432
Azizah, W. N., Erhamwilda, E. E., & ... (2017). Analisis Terhadap Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Sekolah Gratis (Studi Deskriptif di Madrasah Aliyah Karya Madani Cipeundeuy Bandung Barat). Prosiding Pendidikan …, 19, 175– 181.
Citra, D. E. (2015). Fenomena Pendidikan Gratis Dalam Pembiayaan Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Citra, D. E. (2017). Implementasi Program Pendidikan Gratis PadaJenjang Pendidikan Dasar Di Kota Bengkulu. MANHAJ Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 6(2), 1– 8.
Kartika, D., & Oktafia, R. (2021). Implementasi Strategi Dalam Penanganan Pembiayaan Murabahah Bermasalah Pada KSPPS Al-Mubarok Sidoarjo. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(1), 127–138. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(1).6598
Mesiono, M., Suswanto, S., Lubis, R. R., & Haidir, H. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Imam Muslim Serdang Bedagai. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 13(1), 119–134. https://doi.org/10.30596/intiqad.v13i1.6244
Nurhalimah, S. (2019). Konsep dan Jenis Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1). http://jurnal.uin- antasari.ac.id/index.php/moe/article/view/5240
Perdana, N. S. (2019). Analisis Pembiayaan Pendidikan Menengah di Kabupaten Gowa.Jurnal Nalar Pendidikan, 7(1), 61–70.
RI, P. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. In Departemen Pendidikan Nasional. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Ritonga, N. A., & Ezlina. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan di MTs Ar- Raudhah Karimun Kepulauan Riau. Jurnal Mumtaz, 1(1). http://e- journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/stitmumtaz/article/view/1
Sputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. JOEA (Journal of Education and Instruction), 4 (1). https://doi//org/DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v4il.2151
Syaddad, A. (2020). Sistem Manajemen Pembiayaan Sekolah Gratis ( Studi Kasus di SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu ). Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(September), 1–17.
Wahyuni, T. (2021). Sekolah Gratis Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembangunan Manusia (Studi di Kota Blitar, Jawa Timur). Jurnal Pendidikan Sosiologi, 1(5), 1–8.
Wulandari S Tanjung, A., & Qarni, W. (2022). Analisis Sistem Pembiayaan Pendidikan Yang Dikelola Kementerian Agama Pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(5), 481–490. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.57
Copyright (c) 2025 Mena Lestari, Rahmad Husein

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.