Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV
Abstract
Kesulitan belajar adalah suatu kondisi di mana peserta didik tidak dapat berhasil belajar karena mengalami ancaman, hambatan, atau gangguan lain dalam belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS dalam kurikulum merdeka, memperjelas penyebabnya, dan mengetahui upaya apa yang dapat dilakukan oleh peserta didik dan guru dalam memecahkan masalah agar diperoleh hasil belajar yang optimal. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan format deskriptif kualitatif melalui penelitian lapangan. Penelitian ini memperoleh data melalui observasi dan wawancara terhadap 10 peserta didik dan satu guru di Bengkulu Selatan. Kesulitan belajar peserta didik disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain karakteristik seperti gaya belajar, motivasi belajar, dan minat belajar. Peserta didik yang kesulitan mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi cenderung tidak dapat berkonsentrasi pada proses pembelajaran di kelas karena kurangnya minat belajar. Upaya guru untuk membangkitkan minat dan motivasi belajar pada peserta didik tersebut antara lain dengan melakukan diversifikasi pembelajaran terutama melalui permainan dan sesi tanya jawab, serta pemberian hadiah kepada peserta didik yang menjawab pertanyaan dengan baik. Hal ini terbukti dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik.
Kata Kunci: Kesulitan belajar, IPAS, Kurikulum Merdeka.
References
Apriliani, Y., Muthmainnah, A., Putri, H. S., Amrillah, N. I., & Muhaimin, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPAS di SD Negeri 1 Mantingan Kabupaten Jepara. 1.
Arifin, M. F. (2020). Kesulitan Belajar Peserta Didik Dan Penanganannya Pada Pembelajaran Matematika SD/MI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), hal: 989–1000. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.181.
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), hal: 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824.
Djamarah. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. MANAZHIM, 2(1), hal: 105–117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638.
Husein, M. B. (2020). Kesulitan Belajar Pada Peserta Didik Sekolah Dasar: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta. CAHAYA PENDIDIKAN, 6(1), hal: 56–67. https://doi.org/10.33373/chypend.v6i1.2381.
Janawi. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2). https://doi.org/ 10.32923/tarbawy.v6i2.1236.
Lestari, N. A. P. (2023). Analysis of 2013 curriculum problems so it is changed into a merdeka curriculum. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 8(2), hal: 263–274. https://doi.org/10.29407/jpdn.v8i2.19229.
Magdalena, I. (2019). Menjadi Desainer Pembelajaran di SD. Jawa Barat. https://www.google.co.id/books/edition/Menjadi_desainer_pembelajaran_di_SD/MkDDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=faktor+penting+yang+harus+diperhatikan+dalam+menganalisis+karakter+peserta+didik+menurut+smaldino&pg=PA110&printsec=frontcover.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. 5(2).
Novarida, Hidayat, S., & Dediansyah, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ips Pada Masa Pendemi Covid-19 Di Kelas VIII SMP Islam Albaisunny Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Sejarah, 2(2). https://jurnal.fipps.ikippgriptk.ac.id/index.php/SEJARAH/article/view/126.
Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., Nur, M. D., & Tirtayasa, U. S. A. (2021). ANALISIS KURIKULUM 2013. 07.
Nuryani, S., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), hal: 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952.
Pamungkas, A. A., Susiani, T. S., & Salimi, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 2 Kedungmenjangan Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i1.63553 .
Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 13(1), hal: 16. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.41424.
Safitri, A., Rusmiati, M. N., & Fauziyyah, H. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 6.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta didik Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. AS-SABIQUN, 2(1), hal: 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611.
Suartini, N. W. P. (2022). Kesulitan Belajar pada Peserta didik Kelas II Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(1), hal: 141. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44635.
Sulhelayati, Z, S., Rahmawati, I., Tantu, Y. R. P., Suleman, N., Nasbey, H., Kunusa, W. R., Tangio, Julhim. S., & Anzelina, D. (2023). Pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial). Yayasan Kita Menulis. Susilowati, A., & Sutama. (2022). Kesulitan belajar IPS pada peserta didik sekolah dasar: Studi pada SD Muhammadiyah Kota Bangun, Kutai Kartanegara. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i1.129705.
Taufik, A. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik. EL-Ghiroh, 16(01), hal: 1–13. https://doi.org/10.37092/elghiroh.v16i01.71.
Tunnoor, S., & Ramadhani, M. I. (2020). pengaruh kesulitan belajar terhadap hasil belajar IPS Kelas IV di SDN Nusa Indah 1 Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Ilmu Pendidikan, Sosial dan Budaya, 16(1). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2085826&val=21678&title=PENGARUH%20KESULITAN%20BELAJAR%20TERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20IPS%20KELAS%20IV%20DI%20SDN%20NUSA%20INDAH%201%20KABUPATEN%20TANAH%20LAUT.
Ulinniam, Hidayat, Ujang Cepi Barlian, & Yosal Iriantara. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di Masa Pandemi pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), hal: 118–126. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.74.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. Research and Development Journal of Education, 8(1), hal: 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718.
Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296.
Zulvira, R., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Peserta didik Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).
Copyright (c) 2025 Tara Dika Utama, Afifah Qumariah, Joni Alwis, Yuvela Oktiara, Titi Selvia Pramawati, Nopiar Sugianto, Badeni Badeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.