Relevansi Konsep Pemikiran Ibnu Khaldun dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Menanamkan Karakter Anak Usia Dini

  • Disti Liana Universitas Palembang
  • Hendriyenti Hendriyenti STIA Satya Negara Palembang

Abstract

Penanaman karakter pada anak usia din sangat penting dilakukan, sebab pada usia tersebut anak masih mudah untuk diarahkan dan meniru apa yang dilihat, didengar dan disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pemikiran Ibnu Khaldun dan relevansinya terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam menanamkan karakter baik pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis atau sifat penelitian pustaka atau library research, adapun teknik yang digunakan yaitu peneliti mengumpulkan data yang berkaitan dengan penelitian baik berupa buku, naskah, artikel, laporan penelitian terdahulu, surat kabar baik online maupun offlinedan lain sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan relevansi konsep pemikiran Ibnu Khaldun dan Projek Penguatan Profil Pancasila pada fase pondasi yaitu beliau menilai pendidikan karakter merupakan landasan penting bagi pengembangan peradaban yang berkelanjutan. Pendidikan karakter harus mencakup pengembangan nilai-nilai moral, budi pekerti yang baik, kemampuan berpikir kritis dan kepemimpinan yang bertanggung jawab. Seluruh elemen (Lembaga Pendidikan, keluarga dan lingkungan siswa) harus terlibat aktif dalam mewujudkan Pendidikan karakter baik tersebut.

References

Distiliana. Konsep Pemikiran Burhanuddin Al Zarnuji dan Game Star Dalam Menanamkan Karakter Pada Anak Usia Dini.

Fitriani, Atika, and Eka Yanuarti. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam.

Heri Bayu Dwi Prabowo. Konsep Pendidikan Menurut Ibnu Khaldun. https://ibtimes.id/author/heri8/.

Isjoni, M Yogi Riyantama. (2022). Independence Character Level of Social Sciences Education Students in University of Riau. In Corolla International Proceeding, hal: 66–75.

Komarudin. (2022). Pendidikan Perspektif Ibnu Khaldun. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 4(1), hal: 23-41. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa, diakses pada tanggal 09 Januari 2024 Pukul 23:31)

Mengenal Apa Itu P5 Pada Kurikulum Merdeka. https://uma.ac.id/berita/mengenal-apa-itu-p5-pada-kurikulum-merdeka, diakses pada tanggal 8 Februari 2024 Pukul 02:19 WIB.

Mulyanti Ni Made Budhi. Tujuan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. https: //sdn3marga. sch.id/index. php?id=artikel&kode=25. Diakses pada tanggal 6 April 2024 pukul 08:45.

Noviani, Hilmin Dwi. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pendidikan Agama Islam. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), hal: 126–35.

Pratiwi Febriana Sulistya. (2023). Data Jumlah Kekerasan Terhadap Anak di Indonesia Manurut Jensinya. pada 2023. https://dataindonesia.id/varia/detail/data-jumlah-kekerasan-terhadap-anak-di-indonesia-menurut-jenisnya-pada-2023. Diakses pada tanggal 5 April 2024 pukul 13; 07 WIB.

Rohmah Siti. (2012). Relevansi Konsep Pemikiran Ibnu Khaldun dengan Pendidikan Modern. Forum Tarbiyah, 10(2).

Safitri. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(6), hal: 64.

Satria Rizky. (2022). Modul Projek Penguatan Profil Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Sulaiman, Fathiyah Hasan. (1987). Ibnu Khaldun tentang Ilmu dan Pendidikan. Bandung: CV.Diponegoro, Cet.I.

Sya’rani Muhammad. (2021). Konsep Pendidikan Dalam Pemikiran Ibnu Khaldun. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial- (p-ISSN: 2460-6375) (e-ISSN: 2685-256X), 6(1), hal 71.

Widyastono. (2012). Muatan Pendidikan Holistik dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, diakses pada tanggal 6 April 2024 Pukul 08:42. https: //.doi.org/10.24832/jpnk.v18i4.102.

Yanuarti, Eka. (2016). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Idealisme. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam.

———. (2017). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kurikulum K13. Jurnal Penelitian,11(2).

Zayin Nafsaka Sajidin. Dinamika Pendidikan Karakter dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Modern. locus.riviera publishing.id. diakses pada tanggal 21 Desember 2023 pukul 19.00.
Published
2025-01-15
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times