Pengaruh Model Pembelajaran Langsung terhadap Kemampuan Teknik Dasar Memainkan Alat Musik Keyboard pada Anak Didik Disabilitas Netra Kelas V SLB Attanhid Tulungagung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran langsung terhadap kemampuan teknik dasar memainkan alat musik keyboard pada siswa disabilitas netra kelas V di SLB Attanhid Tulungagung. Subjek penelitian ini adalah dua siswa disabilitas netra kelas V di SLB Attanhid Tulungagung, dengan sampel yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen. Konsep riset ini yakni riset preeksperimen dengan kategori one- group pretest- posttest design yang bermaksud guna mengenali variabel bebas kepada variabel terikat. Hasil dari riset ini membuktikan kalau anak didik alami kenaikan berarti dalam kemahiran tata cara dasar memainkan alat musik keyboard. Rata-rata skor post-test meningkat kurang lebih 68%, dari hasil awal pre-test hanya 25 % setelah melakukan pembelajaran secara langsung, meningkat menjadi 79,5%.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Langsung, Kemampuan Memainkan Alat Musik Keyboard, Siswa Disabilitas Netra.
References
Nurhab, muhamad irpan, Solehudin, W, nurul eko, & Luturmas, Y. (2023). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Eksperimen, dan R&D). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Arends. (2020). APPLICATION OF DIRECT INSTRUCTION MODEL TO IMPROVE STUDENTS’ INDEPENDENCE AND LEARNING ACHIEVEMENT. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 2022.
Creswell, J. W. (2014). Qualitative, quantitative and mixed methods. Notes and Queries, s4-I(25).
Deatria Salsabilla, R., Syafruddin Kuryanto, M., & Fajrie, N. (2024). PENGARUH BERMAIN SENI ANGKLUNG TERHADAP KEMAMPUAN GERAK MOTORIK HALUS PADA SISWA DISABILITAS RUNGU. In Jurnal Pendidikan Seni (Vol. 7, Issue 1).
Dyah, O. :, Wulandari, R., Luar Biasa, P., Universitas, P., & Yogyakarta, N. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN PERILAKU ADAPTIF ANAK TUNANETRA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG.
Gaghunting, M. K., & Bermuli, J. E. (2023). Strategi Partisipatif untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa pada Pembelajaran Biologi. BIODIK, 9(3), 86–101. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.15746
Gayuh Utama, D., & Heldisari, H. P. (2021). PEMBELAJARAN DINAMIKA PADA ANSAMBEL GITAR DITINJAU DARI ASPEK AFEKTIF, KOGNITIF, DAN PSIKOMOTOR. In Journal of Music Education and Performing Arts (JMEPA) (Vol. 1, Issue 1).
Handayani. (2020). Pendidikan Inklusi Bidang Musik Bagi Anak Tunanetra Usia Dini (Vol. 9, Issue 2).
Mardhotillah, I., Yesputra, R., & Anggraini, S. (2021). Tongkat Pintar Bagi Penyandang Disabilitas Tunanetra Berbasis Ultrasonic Dan Water Level. JUTSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 1(3), 227–234. https://doi.org/10.33330/jutsi.v1i3.1314
Pendidikan, J., & Perkantoran, M. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran direct instruction (Improving student learning outcomes through application of direct instruction learning model) (Vol. 1, Issue 1). http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000
Rizki Saputri, D. (n.d.). PROSES PEMBELAJARAN SENI MUSIK BAGI SISWA TUNANETRA.
Sugiyono. (2011). Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta. Bandung:Alfabeta.
Usmintarti. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN ALAT MUSIK PIANIKA BAGI SISWA DISABILITAS NETRA DI SMPLB Negeri Wonogiri.
Yati, K., Dewi, F., Pd, S., & Pd, M. (n.d.). DIAGNOSA KESULITAN BELAJAR Disusun oleh.
Copyright (c) 2024 Mohamad Faiz Mubarok, Inna Hamida Zusfindhana, Angger Timansah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.