Strategi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa

  • Syaiful Bahri IAIN Curup
  • Nuzuar Nuzuar IAIN Curup
  • Deni Satria IAIN Curup

Abstract

Peningkatan kompetensi mahasiswa suatu keharusan dilakukan oleh sticholder. Mewujudkannya diperlukan strategi handal dan terencana dengan baik. Obyek penelitian mahasiswa Program studi Manajemen Pendidkan Islam IAIN Curup, dilatarbelakangi karena adanya dorongan untuk mewujudkan visi unggul dalam pengembangan ilmu manajemen pendidikan Islam berbasis moderasI tingkat Asia Tenggara 2045, dan profil lulusan menjadi tenaga kependidikan profesional dengan mengungkap strategi peningkatan kompetensi mahasiswa melalui mata kuliah Program Latihan Profesi.

Metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan penelitian field research. Subyek penelitian Wakil Rektor 1, Dekan Fakultas Tarbiyah, Ketua Lembaga Penjamin Mutu, Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, dosen home base Manajemen Pendidikan Islam, kepala dinas instansi lokasi mahasiswa Program Latihan Profesi, dan mahasiswa angkatan 2020 dan 2021. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan teknik pengolahan data; pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan strategi yang dilakukan dalam upaya peningkatan kompetensi mahasiswa melalui mata kuliah Program Latihan Profesi ada tiga tahapan; penyiapan strategi, penerapan strategi, dan evaluasi strategi. Dalam mewujudkan strategi ada enam langkah;   memaksimalkan kualitas pembelajaran pada sembilan mata kuliah pendukung, menempatkan dosen pengampu mata kuliah pendukung dosen home base Prodi MPI yang mumpuni, memaksimalkan pelaksanaan pembekalan Program Latihan Profesi, pelaksanaan Program Latihan Profesi lebih cepat dari jadwal guna konsentrasi penuh ber PLP, setiap kelompok lokasi PLP ditempatkan Dosen Pembimbing Lapangan home base Prodi MPI, dan penempatan lokasi PLP pada instansi yang telah terjalin hubungan kerjasama yang baik. Kebaruan dari penelitian, PLP dapat dijadikan mata kuliah MBKM, mahasiswa dapat melaksanakannya pada Dinas Instansi yang disukai.

 

Kata Kunci : Strategi, peningkatan kompetensi, mahasiswa

References

Agung, I Gusti Ngurah. (2013). Manajemen Penulisan Skripsi, tesis, dan disertasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Agus, Erwan Purwanto, dan Sulistiyastuti Ratih Dyah. (2011). Metode Penrelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik Dan Masalah-Masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media.

Darmalaksana, Wahyudin, dan Busro. (2021). Akselerasi Publikasi Ilmiah Mahasiswa : Studi Kasus WPAJ HMJ IAT UIN Sunan Gunung Djati Bandung. IJOS 2(2).

Daningsih, Entin, dan Nurdini Asia Nurdiyyaningsih. (2021). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Melalui Bimbingan Pembuatan Preparat Awetan. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 10(2).

Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kunatitatif & Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Erwinsyah, Alfian, Putriani L. dan Maliki. (2021). Pengembangan Perangkat Praktik Latihan Profesi (PLP) Berbasis Riset Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Manajemin Pendidikan Islam Tadbir, 9(2).

Fikri, Afiq Almas, dan Misbah Ul Munir. (2012). Efektifitas PLP Link dan Match Dengan Profil Lulusan Prodi MPI UIN Sunan Kalijaga. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2).

Giri, Anggy Prawiyogi, dan Restu Ajeng Toyibah. Strategi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Model Sertifikasi Kompetensi.

IAIN Curup. (2018). Buku Panduan Akademik Mahasiswa IAIN Curup.

Mulyatiningsih, Endang. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Ifendi, Mahfud. (2020). Kompetensi Manajerial Mahasiswa Prodi MPI STAI Sagatta Kutai Timur Dalam Pengenalan Lapangan Pendidikan. Jurnal Tarbawi STAI Al-Fitrah, 9(1).

Meme, Yosefina Owa, dan Maria Yuliana Kua. (2024). Pelaksanaan PLP II Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi, Numerasi Dalam Pembelajaran IPA Menyenangkan di SDI Rawe. Jurnal Citra Magang dan Persekolahan (JCMP), 2(1), ISSN 3025-0455.

Mufidah, Hidayatul. (2019). Kompetensi Manajerial Kompetensi Kepribadian Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Institut Pesantren Sunan Drajat Dalam Program Latihan Profesi (PLP). Jurnal Mudir, 1(1).

Noor, Juliansyah. (2016). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Purwanto Iwan. (2012). Manajemen Strategi. CV. YRAMA WIDYA.

Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. (2022). Pedoman Kurikulum MBKM. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Prodi MPI Fakultar Tarbiyah. (2023). Laporan Evaluasi Diri Prodi Manajemen Pendidikan Islam.

Prodi MPI Fakultas Tarbiyah. (2023). Dokumen Kerja Prodi Manajemen Pendidikan Islam.

Rusdi M. (2018). Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Raharja, Bayu Sindu dan Kurniati Nia Bachtiar. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Bagi Digital Flatform Luar Kuliah Untuk Akselesari Peluncuran Di Pasar Bisnis. Selaparang, 4(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media Group.

Suherman, Ayi. (2014). Pengembangan Model Program Pelatihan Profesi Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PGSD Penjas.

Siswanto, Bahri Syaiful, dan Bastian Dian. (2022). Kontribusi Mahasiswa dan Prodi MPI Dalam Kegiatan Program Latihan Prpfesi (PLP). Jurnal Manajemen Pendidkan Islam, Jilid 6, hal: 345-262.

Winarni, Endang. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research And Development (R&D). Bengkulu: Bumi Aksara.

Zulfa, Umi dan Kurniasih Nani. (2017). Efektivitas Strategi Percepatan Penyelesaian Studi Program SI Fakultas Tarbiyah IAIIG Cilacap. Jurnal Tawadhu, 1(2).

Zulfa, Rizqi. (2022) Career Guidance: Strategi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. Abdi Psikologi, 3(4).
Published
2025-02-27
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times