Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini Berbasis Pendidikan Agama Islam

  • Dwi Feskariani Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar Lubuklinggau
  • Ade Surya Aliyani Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar
  • Elce Purwandari Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar
  • Sri Yanti Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar1
  • Hartatik Hartatik Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi literasi digital berbasis nilai-nilai agama Islam dalam pembelajaran anak usia dini, khususnya melalui pemanfaatan teknologi digital seperti video kisah Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari siswa RA, guru, dan orang tua di RA Ummi Kota Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik, dengan validasi melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital mampu meningkatkan pemahaman anak terhadap nilai-nilai agama Islam. Guru memanfaatkan video kisah Nabi Muhammad SAW untuk mengajarkan konsep kejujuran, kasih sayang, dan kerja keras, dengan melibatkan anak secara interaktif dalam diskusi. Orang tua memberikan dukungan melalui pendampingan anak saat menggunakan teknologi di rumah, dengan pembatasan waktu dan seleksi konten yang sesuai. Program literasi digital berbasis nilai agama Islam ini juga didukung oleh kolaborasi antara guru dan orang tua untuk memastikan keberlanjutannya. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital berbasis nilai-nilai agama Islam dapat menjadi pendekatan efektif untuk membangun karakter anak usia dini di era teknologi. Keunikan penelitian ini terletak pada fokusnya pada pendidikan anak usia dini, yang masih jarang menjadi perhatian utama, serta integrasi teknologi digital dengan pembelajaran agama Islam sebagai upaya membangun generasi yang berkarakter. Penelitian ini memberikan kontribusi baru dalam pengembangan pendidikan berbasis nilai Islam di era digital.

References

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama Di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723.

Fatimah, & Marnita. (2023). Literasi Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Kuliah Ipba. Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran Dan Aplikasinya, 14(1), Hal: 46–53.

Iskandar, B., Syaodih, E., & Mariyana, R. (2022). Pendampingan Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini Dalam Menggunakan Media Digital. Jurnal Basicedu, 6(3), 4192–4201. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i3.2781.

Justicia, R., Solihat, R. K., Adzkia, K. P., Hammudah, G. K., Sulistyowati, W., & Harianja, S. I. (2023). Pendampingan Pengaplikasian Media Teknologi Virtual Reality Sebagai Alternatif Metode Karyawisata Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Recep: Research In Early Childhood Education And Parenting, 4(1), Hal: 19–26.

Khasanah, M. (2024). Tantangan Penerapan Teknologi Digital Dalam Pendidikan Islam: Memanfaatkan Inovasi Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), Hal: 282–289.

Maulidi, R., & Badriyah, L. (2024). Kolaborasi Pendidikan Agama Islam Dan Teknologi Digital Dalam Membangun Karakter Siswa Di Era Society 5.0. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(9), Hal: 227–287.

Mawardi, A. (2023). Edukasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pemanfaatan Sumber-Sumber Elektronik Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal On Education, 6(1), 8566–8576. Https://Www.Jonedu.Org/Index.Php/Joe/Article/View/4290.

Mukarromah, T. T., & Harapan, E. (2023). Literasi Digital: Pentingnya Keterampilan Abad Ke-21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), hal: 109–116.

Musarofah, M., & Watini, S. (2024). Pengembangan Literasi Digital di Era Teknologi Informasi Melalui Channel TV Sekolah. Aulad: Journal On Early Childhood, 7(2), hal: 261–276. Https://Doi.Org/10.31004/Aulad.V7i2.618.

Nasution, Y. (2024). Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Pai. Jitk: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruam, 2(2), 336–344. Https://Doi.Org/10.31004/Irje.V4i1.493.

Nugraha, I. A., Normansyah, A. D., & Cahyono. (2024). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Ppkn). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 5(1), hal: 1–11.

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), hal: 66–77.

Rohimah, I., & Agustin, M. (2021). Analisis Pemikiran Imam Al Ghazali Tentang Penanaman Aspek Moral Dan Agama Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. EDUSENTRIS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), hal: 1–32.

Sephiana, R. S., Muqodas, I., & Justicia, R. (2023). Analisis Buku Cerita Digital Sebagai Media Penanaman Nilai Moral Spiritual Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 2(1), hal 192–196.
Published
2025-02-28
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times