Pemenuhan Aksesibilitas Fisik dan Non Fisik bagi Mahasiswa Penyandang Disabilitas di Universitas PGRI Argopuro Jember
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk menyajikan analisis yang komprehensif mengenai permasalahan dan pemenuhan aksesibilitas fisik dan non fisik di Universitas PGRI Argopuro Jember. Dengan menggali lebih dalam tentang kondisi yang ada, diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang konstruktif bagi pihak universitas untuk meningkatkan aksesibilitas dan memberikan gambaran yang jelas mengenai tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa penyandang disabilitas serta upaya yang perlu dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang lebih inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi langsung, dan kuesioner. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil dari Penelitian ini mengungkapkan bahawa UNIPAR banyak menghadapi tantangan dalam menyediakan aksesibilitas fisik kepada mahasiswa penyandang disabilitas, yang secara signifikan dapat berdampak pada pengalaman pendidikan mereka. Tantangan ini berasal dari infrastruktur yang tidak direncanakan sebelumnya untuk kebutuhan yang memadai bagi Penyandang disabilitas namun untuk Mengatasi masalah ini, UNIPAR berupaya memenuhi bentuk aksesisbilitas secara non fisik yang dimulai dari statuta UNIPAR hingga implementasi kebijakan layanan disabilitas hingga fasilitas beasiswa untuk disabilitas, dengan harapan tercipta dan terbentuknya infrastrukrur sosial inklusif sebagai tujuan utama dalam membentuk kampus inklusif dan ramah disabilitas.
References
Chiwandire, D., & Vincent, L. (2019). African Journal of Disability. African Journal of Disability, 1–12. https://doi.org/10.4102/ajod
Demirkan, Ö. (2016). An Architectural Self - Criticism: The Accessibility Analysis Of Berlika Park Swimming Pool. Iconarp International J. of Architecture and Planning, 4(2), 108–108. https://doi.org/10.15320/iconarp.2016.13
Jayasinghe, N. M. A., Kanthilatha, N., & Karunarathna, A. (2023). Creating Equal Opportunities: Evaluating Physical Facilities for Undergraduate Students with Special Needs. Vidyodaya Journal of Humanities and Social Sciences VJHSS, 08(02), 65–77. https://doi.org/10.31357/fh
Kirno, S., & Premchaiporn, N. (2022). Accessibility of Persons With Disabilities to Study in Higher Education Institutions. Ilomata International Journal of Social Science, 3(1), 392–401. https://doi.org/10.52728/ijss.v3i1.414
M. Syafi’ie. (2014). PEMENUHAN AKSESIBILITAS BAGI PENYANDANG DISABILITAS. Journal Of Inclusion, 1(2), 269–290.
Mack, K. (2022, October 22). Accessible Communication and Materials in Higher Education. ASSETS 2022 - Proceedings of the 24th International ACM SIGACCESS Conference on Computers and Accessibility. https://doi.org/10.1145/3517428.3550408
Muzemil, A. (2018). Campus Physical Environment Accessibility for Person with Disabilities in the Ethiopian Public Universities. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(5), 286. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i5.455
Obah, A. (2024). The Effectiveness of Inclusive Education Policies for Students with Disabilities. In International Journal of Humanity and Social Sciences (Vol. 2, Issue 5). www.carijournals.org
Rahajeng, U. W., Hendriani, W., & Paramita, P. P. (2024). Navigating Higher Education Challenges: A Review of Strategies among Students with Disabilities in Indonesia. Disabilities, 4(3), 678–695. https://doi.org/10.3390/disabilities4030042
Riswari, F., Puspitasari, F. H., Yuniarti, N., Iswahyudi, S. R., Sunandar, A., Ediyanto, E., & Junaidi, A. R. (2022). The Management Gaps toward Inclusive Education Implementation at Higher Education in Indonesia. IJDS Indonesian Journal of Disability Studies, 9(01), 153–162. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2022.009.01.12
Tahmida LailatulHikmah, Mochammad Yusuf, & Riswan Septriayadi Sianturi. (2020). KriteriaPengembagan Kampus Ramah Disabilitas di Universitas Airlangga. JURNAL TEKNIK ITS, 9(2), 147–153.
Weeden, E. (2023). A model of an accessibility curriculum in higher education. Frontiers in Computer Science, 5. https://doi.org/10.3389/fcomp.2023.1139350
Wertans, E., & Burch, L. (2022). “It’s Backdoor Accessibility”: Disabled Students’ Navigation of University Campus. Journal of Disability Studies in Education, 3(1), 57–78. https://doi.org/10.1163/25888803-bja10013
Yaneth Portela Escandón, N., & Paola Alvarez Enciso, L. (2023). Evaluation of educational inclusion of students with disabilities in a higher education institution. Revista Tecnologica Ciencia y Educcion Edwards Deming, 6(1), 67–82. https://revista-edwardsdeming.com/index.php/es
Copyright (c) 2025 Lailil Aflahkul Yaum, Budiyanto Budiyanto, Endang Pudjiastuti Sartinah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.