Meta-Analisis Pengaruh Metode Role Playing terhadap Kecerdasan Siswa

  • Y Trisnayanti Universitas PGRI Silampari
  • S Erander Universitas PGRI Silampari
  • Miterianifa Miterianifa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim
  • A Khoiri Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap kecerdasan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah meta analisis untuk merangkum hasil penelitian terhadap kecerdasan sehingga dapat diketahui besar t –test dan effect size (ES). Penelitian diawali dengan merumusakan masalah kemudian menelusuri hasil penelitian jurnal elektornik melalui google dan google scholar, melakukan pencarian terhadap jurnal yang mempunyai variabel yang diharapkan, melalui kata kunci yaitu role playing, bermain peran, sociodrama dan kecerdasan. Jenjang pendidikan yang dipilih adalah PAUD, SD dan SMP. Dari hasil penelusuran terdapat 55 artikel penelitian. Namun, yang dapat diolah dengan kualifikasi adanya pretest, postest, standar deviasi yang relevan dengan pencarian hanya terdapat 19 artikel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemberian metode role playing terhadap kecerdasan siswa nilai t hitung -2.259 < t table dan rata-rata  effect size dari beberapa artikel yang masuk dalam kajian penelitian meta analisis pengaruh role playing terhadap kecerdasan adalah  0,74 menunjukkan pada kategori sedang dengan pengaruh 76%.

Kata kunci:Meta-analisis, Role Playing, Kecerdasan

References

Ahyani, L. N., & Dhania, D. R. (2019). Metode Sosiodrama dalam Meningkatkan Kecerdasan Moral Anak.

Aisyiyah, D. I. T. K. (n.d.). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-kanak Aisyiyiah Kota Enrekang. 1–11.

Akhdan Nur Said, D. R. (2018). Aplikasi Strategi Dan Model Kecerdasan Spiritual (SQ) Rasulullulah diMasa Kini. Spiritual Intelligence The Ultimate Intelligence, VII(1), 21–32.

Anggit Rachmawati. (2014). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di RA Nuru Ihsan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. 1–203.

Asti Haryati, M. E. W. & M. (2017). No TitleModel Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa SMP. Bimbingan Konseling, 6(1), 28–33.

Bachtiar, M. Y. (2017). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Kelas a Di Taman Kanak-Kanak Buah Hati Kota Makassar. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 139. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1618

Ballantyne, H. (2020). A strategy for newly qualified nurses. Veterinary Nursing Journal, 35(5), 133–136. https://doi.org/10.1080/17415349.2020.1750326

Blake, B., & Pope, T. (2008). Developmental psychology: incorporating Piaget’s and Vygotsky’s theories in classrooms. Journal of Cross-Disciplinary Perspectives in Education, 1(1), 59–67.

Brookhart, S. M. (2010). How to asses higher order thinking skills in your classroom. In ASCD Alexandria, Virginia USA (Vol. 88, Issue 18). https://doi.org/10.1177/002205741808801819

Craft, A., Cremin, T., Hay, P., Clack, J., Guilford, J. P., Ho, H. C., Wang, C. C., Cheng, Y. Y., Kim, K. H., Runco, M. A.,
Jaeger, G. J., & Torrance, P. E. (1972). Creative Primary Schools : developing and maintaining pedagogy for creativity Creative Primary Schools : developing and maintaining pedagogy for creativity. Creativity Research Journal, 10(1), 92–96. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2013.04.003

Damayanti, R. R., CH, M., & Hapidin, H. (2018). Pengaruh Bermain Peran Mikro terhadap Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 34. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.5

Daniel, G. (2002). Kecerdasan Emosional Daniel Goleman.

De Bono, E. (2007). Lateral Thinking: A Textbook of Creativity. In Penguin Books (Vol. 3, Issue 416).

De Dreu, C. K. W., Baas, M., & Nijstad, B. A. (2008). Hedonic Tone and Activation Level in the Mood-Creativity Link: Toward a Dual Pathway to Creativity Model. Journal of Personality and Social Psychology, 94(5), 739–756. https://doi.org/10.1037/0022-3514.94.5.739

Ernani, & Syarifuddin, A. (2016). Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 31–32.

Fatmaliza, Chairilsyah, D., & Hukmi. (n.d.). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Bunda Suwarni Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. 1–12. https://media.neliti.com/media/publications/184989-ID-pengaruh-metode-bermain-peran-terhadap-k.pdf

Hadis Purba, H. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Mukhlisin Kec. Medan Denai. Jurnal Raudhah, 10(1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1654

Hennessey, B. A., & Amabile, T. M. (2010). Creativity (2010 Annual Review of Psychology). Annual Review of Psychology, 61, 569–598. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.093008.100416

Hernaningsih, T., & Giyoto. (2020). Pengaruh Metode Role Playing Untuk Meningkatkan. 2011, 197–202.

Heyward, P. (2010). Emotional Engagement Through Drama: Strategies to Assist Learning through Role-Play. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 22(2), 197–203. http://www.isetl.org/ijtlhe/articleView.cfm?id=751

Jas, J., & Chairilsyah, D. (n.d.). Effect of Method of Playing the Role of Social Skills Children Ages 4-5 Years in the District Sail Sps Mahkota Dewa City Pekanbaru. 1–15.

Lorin W. Anderson. (2004). Increasing teacher effectiveness. In Fundamentals of educational plannning (Vol. 57, Issue 2). U. http://www.unesco.org/iiep%0Ahttp://www.cndwebzine.hcp.ma/CND_sii/IMG/pdf/http___unesdoc.unesco.org_images_0013_001376_137629e.pdf_class=IIEP_PDF_pubs_page=Fund_79_estat_url=http___unesdoc.unesco.org_images_0013_001376_137629e.pdf

Morgan, H. (2021). Howard Gardner’s Multiple Intelligences Theory And His Ideas On Promoting Creativity. In F.

Reisman (Ed.), Celebrating Giants and Trailblazers: A-Z of Who’s Who in Creativity Research and Related Fields, 124–141.

Murphy, C., Bianchi, L., McCullagh, J., & Kerr, K. (2013). Scaling up higher order thinking skills and personal capabilities in primary science: Theory-into-policy-into-practice. Thinking Skills and Creativity, 10(December), 173–188. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2013.06.005

Nisak Aulina, C. (2015). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran di TK Aisyiyah 6 Tanggulangin. Pedagogia, 1, 59–69.

Ord, J. (2012). John Dewey and Experiential Learning: Developing the theory of youth work. Youth & Policy, 108(1), 55–72.

Panigar, D. A. G., Djannah, W., & Hidayat, S. W. (2014). Role playing untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa smp. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, 2(August), 0–3. https://core.ac.uk/download/pdf/289787581.pdf

Pehkonen, E. (1997). The State-of-Art in Mathematical Creativity. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 29(3), 63–67. http://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973a.html#hash

Pepriyanti, N. P., Wasidi, W., & Afriyati, V. (2018). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi Pada Siswa Smpn Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 86–95. https://doi.org/10.33369/consilia.1.2.86-95

Precourt, G. (2013). What we know about creativity. Journal of Advertising Research, 53(3), 238–239. https://doi.org/10.2501/JAR-53-3-238-239

Puspitacandri, A., Warsono, Soesatyo, Y., Roesminingsih, E., & Susanto, H. (2020). The effects of intelligence, emotional, spiritual and adversity quotient on the graduates quality in surabaya shipping polytechnic. European Journal of Educational Research, 9(3), 1075–1087. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1075

Rabiah, & Tamba, W. (2014). Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram PENGARUH BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 5 MATARAM Rabiah 1) dan Wayan Tamba 2) Pendidik PAUD TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1) Dosen Program Studi PLS. Jurnal Paedagogy, 1(1), 28–34.

Sari, D. P., Chairilsyah, D., Novianti, R., Education, T., In, P., Childhood, E., Of, F., Training, T., & Sciences, E. (n.d.). the Effect of Role-Playing Method To 5-6 Years Old Pembina Kindergarten Distrik Pangean Kuantan Singingi Regency Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk. 5, 1–10.

Sari M, L., & Satiningsih, S. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kecerdasan Linguistik-Verbal Anak Kelompok a Di Tk Aisyiyah 3. PAUD Teratai, 3(3), 1–6.

Saxon, J. A., Treffinger, D. J., Young, G. C., & Wittig, C. V. (2003). Comp invention®: A creative, inquiry-based summer enrichment program for elementary students. Journal of Creative Behavior, 37(1), 64–74. https://doi.org/10.1002/j.2162-6057.2003.tb00826.x

Sjølie, E., Espenes, T. C., & Buø, R. (2022). Social interaction and agency in self-organizing student teams during their transition from face-to-face to online learning. Computers and Education, 189(June). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104580

Soong, H. (2015). Transnational Students and Mobility. Transnational Students and Mobility. https://doi.org/10.4324/9781315776842

Sudiartini, N. W. A., & Mukoromah, S. (2019). Kecerdasan Emosional. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Sukmawati, Daviq Chairilsyah, H. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Sosiodrama Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1–11.

Treffinger, D. J., Selby, E. C., & Isaksen, S. G. (2008). Understanding individual problem-solving style: A key to learning and applying creative problem solving. Learning and Individual Differences, 18(4), 390–401. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2007.11.007

Triana, A. M., Margaretha, D., & Erlinda, M. (2024). Efektivitas Penerapan Teknik Role Playing Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa. ARSEN : Jurnal Penelitian Pendididikan, 1(2), 59–65. https://doi.org/10.30822/arsen.v1i2.2953

Tsalitsatul Maulidah, Risnawati, & Siti Aisah. (2022). Metode Bermain Peran Sebagai Upaya Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Verbal pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 1(1), 58–63. https://doi.org/10.57251/multiverse.v1i1.627

Zohar, A., Degani, A., & Vaaknin, E. (2001). Teachers’ beliefs about low-achieving students and higher order thinking. Teaching and Teacher Education, 17(4), 469–485. https://doi.org/10.1016/S0742-051X(01)00007-5
Published
2025-01-18
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times