Waspada Hyperil Sejak Dini, Refleksi Baudrillard pada Lagu Baby Shark

  • Lintang Mayang Universitas Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan memahami makna-makna yang tampak dan yang tersembunyi kemudian menghubungkannya dengan rangkaian representasi makna Baudrillard. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma interpretatif. Data tersebut kemudian dianalisis dengan metode analisis isi dengan menggunakan teori semiotika Barthes, yang memahami bagaimana tanda-tanda dalam video lagu Baby Shark kemudian membentuk suatu struktur berdasarkan hubungan dan perbedaannya, menunjukkan satu hal yang sangat kontras yaitu, ketidakkonsistenan dalam perspektif yang digunakan. Hasil analisis isi dengan metode semiotika Barthes menunjukkan bahwa dunia anak-anak semakin didominasi oleh gambaran dan simbolisme Baby Shark, dan realitas sebenarnya dari keluarga hiu mungkin menjadi kabur atau tidak penting dalam pengalaman mereka. Peran orang tua, pendidik, dan lingkungan sosial sangat penting dalam cara anak-anak memahami dan merespons representasi media seperti Baby Shark. Diharapkan orang-orang di sekitar anak dapat memahami bagaimana konsumsi media dapat membentuk persepsi mereka terhadap realitas dan berperan dalam membentuk pemahaman mereka terhadap dunia.

References

Baudrillard, J. (1994). Simulation and Simulacra. (Glaser, Sheila F., Trans.). Ann Arbor: The Michigan University Press.

Baudrillard, J. (1983). Simulations Translated by Paul Foss, Paul Patton and Phillip Beitchman. Cambridge: Cambridge University Press.

Baudrillard, J. (1970). The Consumer Society: Myths and Structures (Published in association with Theory, Culture & Society). London: Sage Publications. Baudrillard, J. (1993). The Symbolic Exchange of Death. London: Verso.

Cohen, Lizabeth. (2003). A Consumers’ Republic: The Politics of Mass Consumption in Postwar America. New York: Vintage Books.

Coulter, Gerry. (2012). Jean Baudrillard: From the Ocean to the Desert, or the Poetics of Radicality. New York: Intertheory.

Creswell, J.W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fiske, J.. 1990. Cultural and Communication Studies. Penerjemah : Y

Zpalanzani, A. & Piliang, Y.A. (2010). Simulacra dalam Industri Hiburan Visual: Studi Kasus Ragnarok Online. Jurnal Komunikasi Visual Wimba, 2(1), hal: 19-31.
Published
2025-02-16
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times