Implementasi Digital Learning dalam Pembelajaran PAI di SMP Integral Luqman Al Hakim Situbondo
DOI:
https://doi.org/10.31539/joeai.v8i2.14117Abstract
Pembelajaran digital learning merupakan pembaharuan dan inovasi yang muncul sebagai pemanfaatan teknologi dalam bentuk media dan dijembatani dengan teknologi internet yang membantu peserta didik memperoleh informasi terkait ilmu pengetahuan yang lebih luas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perencanaan dan proses digital learning yang akan dilakukan dalam mata pelajaran PAI serta memahami faktor pendukung dan kendala penghambat pelaksanaan digital learning di SMP Integral Luqman Al- Hakim Situbondo. Dengan menggunakan teknik analisis triangulasi metode yaitu menganalisis data yang diperoleh dari hasil dokumentasi wawancara dan observasi mendalam. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi digital learning dalam pembelajaran PAI di SMP Luqman Al-Hakim Situbondo dapat dilakukan dengan cukup baik, perencanaan pembelajaran digital pada mata pelajaran PAI dapat memahami capaian belajar siswa, dapat merumuskan tujuan pembelajaran, desain pembelajaran dengan modul ajar dan merancang pembelajaran
References
Affandi, A., Ekohariadi, E., & Buditjahjanto, I. G. P. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Infografis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMKN 6 Surabaya. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(11), 1–23.
Almaskur, A., Lestari, L., Sukaningsih, D., Istama, I., & Ngazizah, N. (2024). Implementasi Digitalisasi Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SD Negeri Bulusari 01 Gandrungmangu. Social, Humanities, and Educational Studies, 7(3), 135–141.
Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen pengumpulan data.
Asih, C., Purwanto, B. E., & Mulyono, T. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Aplikasi Canva Terintegrasi Flipbook Untuk Pembelajaran Menulis Cerpen. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 7(1).
Anzika, M., & Alfurqan, A. (2022). Implementasi E-Learning dalam Pembelajaran PAI pada Masa Covid 19 di SMA Negeri 4 Pariaman. Islamika, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i1.1449.
Bafadal, R., & Rosyid, F. (2024). Memahami Kebutuhan Belajar Generasi Z melalui Asesmen Personal Berbasis Artificial Intelegence. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 182–188. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p182-188.
Fitriana, D. (2020). Hakikat Dasar Pendidikan Islam. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 143–150. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i2.1322.
Hayati, E. N. (2024). Karakteristik Belajar Generasi Z Dan Implikasinya Terhadap Desain Pembelajaran IPS. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(8), 4–8. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i8.2024.8.
Mere, K. (2024). Dampak Penggunaan Digital Learning pada Pendidikan Dasar. Al- Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 264. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2915.
Nugraha, M. A. (2024). Pemanfaatan Media Digital Untuk Pembelajaran Kreatif. Karimah Tauhid, 3(11), 12420–12427.
Nur isrsyadiah dan Ahmad rifa’i. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Blended Cooperative E Learning Di Masa Pandemi. 3(2), 6.
Nuryadin, N. (2017). Strategi Pendidikan Islam Di Era Digital. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1), 209. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i1.637.
Pawestri, I. (2024). Analisis Kebermanfaatan Aplikasi YouTube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Milenial. TARLIM : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 201–210. https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.2391.
Pujiono, A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi - Z. Didaché: Journal of Christian Education, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396.
Sadewo, A. P., & Marsofiyati, M. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Digital Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Sindoro: Cendekia Pendidikan, 7(9).
Saiful, S. (2023). Sistem Pendidikan Islam, Integrasi Ilmu Pengetahuan Agama dan Teknologi Digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1100–1107. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1659.
Sari, M., Elvira, D. N., Aprilia, N., Dwi R, S. F., & Aurelita M, N. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Warta Dharmawangsa, 18(1), 205–218. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4266.
Suparlan, H. (2014). Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya. Jurnal Filsafat, 25(1), 1–19. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/22187/13814.
Suparmi, S., Sumarno, A., Karwanto, K., Khamidi, A., & Haroyati, N. (2024). Pengaruh Digitalisasi dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kabupaten Magetan. Journal of Education Research, 5(2), 2396–2402. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1063.
Syarifuddin, H. (2021). Hakikat Pendidik. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 5(1), 26. https://doi.org/10.30821/ansiru.v5i1.9792.
Tang, M. (2018). Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Merespon Era Digital. Fikrotuna, 7(1), 717–740. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3173.
Tholkhah, I., Norman, E., & Nadiah, N. (2022). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Digital pada SD Muhammadiyah Bojonggede Bogor. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 2(1), 36–56. https://doi.org/10.56672/attadris.v2i1.66.
Widiani, D. (2018). Konsep Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 185–196. https://doi.org/10.15548/mrb.v1i2.321.
Wityastuti, E. Z., Masrofah, S., Haqqi, T. A. F., & Salsabila, U. H. (2022). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 39–46.
Zulfiati, H. M., Cahyandaru, P., & Agustina, T. W. (2023). Pengembangan media audio visual berbasis aplikasi canva pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(3), 251–263.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sania Dzulfa Adhibah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.