Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui media kartu truth or dare di kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian peserta didik kelas V Sekolah Dasar, sebanyak 19 orang terdiri dari 10 Laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian terdiri dari dua Siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang peningkatan hasil belajar pembelajaran magnet dengan menerapkan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Media Pop Up Book pada kelas V Sekolah Dasar, maka dapat ditarik kesimpulan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Media Pop Up Book dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa IPA pada siklus I yakni sebesar 56,84 dengan presentasi 63,15%; pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 75,79 dengan presentase 84,21%.’
Kata kunci: Peningkatan, Cooperatif Learning Tipe Jigsaw, Pop Up Book IPA & Hasil Belajar.
References
Abdilah, Leon dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas dan Penerapanya. Indramayu: Penerbit Arab.
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). "Pentingnya pendidikan bagi manusia." Jurnal buana pengabdian, 1(1), 66-72.
Alipah, S., & Putra, L. V. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran JIGSAW Berbantu Flashcard dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SDN 1 Wanglu. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 17(1), 81-89.
Amri, S. dan Ahmadi K. l. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta : Prestasi Pustaka Raya.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Al-tabany, Trianto. (2015). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatic, Progresif dan Kontekstual. Surabaya : Prenadamedia Group.
Andriani. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 81.
Ansari dan Yamin.2008. Taktik Mengembangkan kemampuan Individual Siswa. Jakarta : Putra Grafika
Amalia, G. R., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas model problem based learning berbasis daring terhadap hasil belajar ipa kelas v sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 424-431.
Assa, R., Kawung,EJ & Tumiwa, J.(2022). “Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Desa Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.” Jurnal Masyarakat Ilmiah, 2(1).
Atep, Sujana., & Jayadinta, Asep Kurnia. (2018). Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.
Basrowi. Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Bluemel & Taylor. 2012. Pop-Up Books A Guide For Teachers and Librarians. California: ABC-CLJO, LLC
Hadari Nawawi. 2022. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gaja Mada Uuniversity Press
Hisbullah dan Nurhayati Selvi. 2018. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makassar: Aksara Timur.
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.
Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw . Jurnal AsSalam, 97-98.
Amri, S. dan Ahmadi K. I. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta : Prestasi Pustaka Raya.
Meltzer, & David, E. (2002). The Reactionship Between Mathematis Preparation and possible Hildden Variable in Diagnostic Pretest. International Journal For e - Learning Security (IJeLS), 133-137.
Siregar, P. S. & Hartika, R. G.. 2019. Ayo Latihan Mengajar: Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar (Peerteaching Dan Microteaching).
Sudjana, nana (2011 : 22). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosydakarya
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatis dan R & D. Bandung: Alfabeta
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, edisi 4, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Copyright (c) 2025 S. Erander
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.