Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dan Konvensional Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31539/joeai.v8i2.14511Abstract
Tujuan penelitian ini untuk 1) Menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Jigsaw ditinjau dari keaktifan belajar siswa pada mata Pelajaran Matematika, 2) Menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional ditinjau dari keaktifan belajar siswa pada mata Pelajaran Matematika Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain komparatif ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV SDN di Gunungsitoli Idanoi. Sampel penelitian berjumlah 97 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis Two Way Anova. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Jigsaw menunjukkan bahwa kategori Sangat Aktif terutama pada Kelas IVb dari SDN 071062 Umbuhumene menunjukkan nilai tertinggi dengan mean 83.64, sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional menunjukkan bahwa kategori Sangat Aktif terutama pada Kelas IVa SDN 071061 Tetehosi Idanoi dengan mean 80.00. Simpulan dari penelitian adalah model pembelajaran Jigsaw lebih unggul dibandingkan model konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV pada mata pelajaran matematika. Oleh karena itu, pengimplementasian model pembelajaran ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Konvensional, Keaktifan Belajar
References
Fan, X., & Chen, M. (2021). Parental Involvement and Students’ Academic Achievement: A Meta-Analysis. Educational Psychology Review, 33(4), 1–27.
Garcia, M. (2023). Learning Styles and the Conventional Classroom: An Exploration of Student Experiences. Journal of Learning Sciences, 29(3), 201–215.
Hasan, M. & Khan, R. A. (2021). Effectiveness of Jigsaw Cooperative Learning Method in Enhancing Student’s Academic Achievement in Science. International Journal of Education and Practice, 9(1), 73–89. https://doi.org/https://doi.org/10.18488/journal.61.2021.91.73.89
Hattie, J., & Donoghue, G. M. (2021). Learning Strategies: A Synthesis and Meta-Analysis of the Effects of Learning Strategies on Student Achievement. Educational Psychologist, 56(1), 1-15.
Indarti, R., & Rahmawati, N. (2022). Pengaruh Pembelajaran Aktif terhadap Keterlibatan Siswa di Sekolah Menengah. Journal of Education and Practice, 13(4), 35–47.
Korpershoek, H., Harms, T., de Boer, H., van der Werf, M. P. C., & Dijkstra, M. (2020). The Relationship between Teacher and Student Engagement: A Meta-Analysis. Educational Psychology Review, 32(2), 1–25.
Lauren, C., & Puspasari, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Kelas XI OTKP di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 36–46. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p36-46
Lee, S., & Kim, H. (2020). Student Satisfaction in Traditional Learning Settings: A Comparative Analysis. Educational Studies, 38(4), 567–580.
Lilis Sulastri. (2022). Model Pembelajaran Kigsaw dalam Pembelajaran Matematika (Dian Nirwana (ed.)). Cahya Ghani Recovery.
Liu, Y., Wang, Y., & Zhang, X. (2022). The Impact of Emotional Problems on Student Engagement: A Study of Chinese Middle School Students. Frontiers in Psychology, 13, 1–9.
Operianus Mendrofa, Eka Periaman Zai, Indah. Wijaya. L. (2024). Implementasi Model Pembelajaran STAD Dan Jigsaw Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 7(2), 449–461.
Paryanto. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Pembelajaran Passing dalam Permainan Bola Voli. Ahli Media Press.
Pratiwi, A., & Nurrizka, S. (2021). Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 247–259.
Rahim, H., & Kahar, A. (2021). The Application of Jigsaw Learning Model and Conventional Learning: Its Impact on Knowledge Retention of Students. Journal of Physics: Conference Series, 1887(1), 012026. https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1887/1/012026
Rosen, L. D., Lim, AF., & Carrier, L. M. (2020). Media and Technology Use in Adolescence: A Review of the Literature. American Psychological Association.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions. Contemporary Educational Psychology, 2(1), 54–67.
Sari, R. W., & Irawan, J. (2020). The Influence of Jigsaw Cooperative Learning Model on Students’ Teamwork Skills and Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 13(2), 333–348. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2020.13223a
Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2020). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. Pearson Education.
Senapathi, V., & Mullai, A. (2021). Learning outcomes of Jigsaw cooperative learning strategy in mathematics versus traditional methods. Education and Information Technologies, 26(5), 5887–5907. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10639-021-10597-2
Setiawan, D. (2021). Analisis Keterlibatan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 114–126.
Smith, J., & Brown, A. (2021). Engagement in Traditional Learning Environments: A Study of Student Motivation. Journal of Educational Research, 45(2), 123–135.
Sutrisno, E., & Hidayah, A. (2020). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2), 45–58.
Yulianto, R. (2023). Strategi Peningkatan Motivasi Siswa yang Sangat Tidak Aktif dalam Pembelajaran. Jurnal Psikologi Pendidikan, 15(1), 78–91.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Derlina Zai, Yumiati Yumiati, Sendi Ramdhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.