Inovasi Pembelajaran Menggunakan Teknologi AI di SDN Jatirahayu 4
DOI:
https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.14525Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam proses pembelajaran di SDN Jatirahayu 4. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, pelatihan guru, serta penggunaan ChatGPT, Canva for Education, dan Kahoot dalam kegiatan belajar-mengajar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner kepada guru dan siswa kelas 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI mampu meningkatkan interaktivitas dan motivasi belajar siswa, meskipun masih ditemukan tantangan seperti keterbatasan infrastruktur teknologi dan pemahaman awal yang rendah tentang AI. Sosialisasi dan pelatihan yang intensif terbukti efektif meningkatkan literasi digital di lingkungan sekolah.
Kata Kunci: Artificial Intelligence, Pembelajaran Berbasis AI, Keterlibatan Siswa, Efektivitas Pengajaran, Inovasi Pendidikan.
References
18. Transformasi Pendidikan Indonesia. n.d.
Abdul Kodir. (2025). Peran Artificial Intelligence (AI) dalam Meningkatkan Layanan Pendidikan di SMP/MTs. Manajemen Kreatif Jurnal, 3(1), hal: 95–104. https://doi.org/10.55606/makreju.v3i1.3622.
Abimanto, Dhanan. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi AI Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Vol. 2.
Ali, Omar, Peter A. Murray, Mujtaba Momin, Yogesh K. Dwivedi, and Tegwen Malik. (2024). The Effects of Artificial Intelligence Applications in Educational Settings: Challenges and Strategies. Technological Forecasting and Social Change 199 (February). https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.123076.
Alomari, Ebtesam Ahmad. (2024). Unlocking the Potential: A Comprehensive Systematic Review of ChatGPT in Natural Language Processing Tasks. CMES - Computer Modeling in Engineering and Sciences. Tech Science Press. https://doi.org/10.32604/cmes.2024.052256.
Husnawati, Zulfa, Annisa ’ Carina, Uin Sayyid, Ali Rahmatullah Tulungagung, Universitas Islam, and Darul Ulum Lamongan. (2023). Gamification (Kahoot) and Its Usage in Teaching and Learning Process for Primary Education of SD/MI. Vol. 6. www.kahoot.com.
López-Fernández, Daniel, and Ricardo Vergaz. (2024). Adoption and Impact of ChatGPT in Computer Science Education: A Case Study on a Database Administration Course. AI, 5(4), hal: 2321–37. https://doi.org/10.3390/ai5040114.
Maharani, Dewi, Dewi Anggraeni, and Rika Nofitri. 2024. Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Pembuatan Presentasi Bagi Guru-Guru Brainfor Islamic School Kisaran. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 2(1), hal: 45–51. https://doi.org/10.59435/jiss.v2i1.219.
Marlin, Khairul, Ellen Tantrisna, Budi Mardikawati, Retno Anggraini, Erni Susilawati, Terhadap Proses, Pendidikan Etika, et al. n.d. Copyright @.
Puti, Indah Pratiwi, Dona Marcelina, Evi Yulianti, and Imelda Saluza. 2024. Pelatihan Pembuatan Materi Ajar Menggunakan PopAi Di SD Negeri 13 Palembang Coaching on Making Teaching Materials Using PopAi at SD Negeri 13 Palembang. Abdimas Galuh, 6.
Suharmawan, Wahid. 2023. “Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan.” Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), hal: 158–66. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248.
Yahya, Muhammad, Pendidikan Teknik Otomotif, and Wahyudi Teknik Elektro. n.d. PROSIDING SEMINAR NASIONAL Implementasi Artificial Intelligence (AI) Di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/index.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Nurur Raudhan, Veri Arinal, Adityo Purwo Nugroho, Shabrina Sukma Wardana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.