Menganalisis Perbandingan Sistem Pendidikan Sekolah Menengah Atas di Indonesia dan Malaysia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan sistem pendidikan sekolah menengah atas di indonesia dan malaysia. Metode yang digunakan adalah studi pustaka yang menggunakan metode library research yang memanfaatkan bahan pustaka sebagai sumber informasi dan data yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Telah didapat hasil Di Indonesia, pendidikan menengah atas berlangsung selama tiga tahun dengan pemilihan jurusan pada kelas 11, sementara di Malaysia berlangsung dua tahun dengan pilihan jalur pada tingkatan 4. Kurikulum Merdeka di Indonesia menekankan kreativitas dan pembelajaran mandiri, sedangkan KSSM di Malaysia fokus pada keterampilan berpikir kritis dan nilai-nilai spiritual. Penilaian di Indonesia menggunakan AKM dan penilaian berbasis sekolah, sedangkan Malaysia mengandalkan SPM dan PBS. Dalam metode pembelajaran, Indonesia mulai mengadopsi PBL dan PjBL, sedangkan Malaysia telah menerapkan pembelajaran abad ke-21. Teknologi pendidikan di kedua negara semakin berkembang, dengan Indonesia menggunakan platform seperti Google Classroom, dan Malaysia memanfaatkan Frog VLE. Penelitian ini memberikan wawasan untuk pengembangan sistem pendidikan di kedua negara
Kata Kunci: Sistem Pendidikan, Indonesia, Malaysia
References
Ali, A. H. (2024). Kesusasteraan Melayu dalam Sistem Pendidikan Malaysia. PENDETA, 15(1), 27-34.
Amalita,N., Ananda, A., Gistituati, N., & Rusdinal, R. 2024. Studi komparatif Pendidikan karakter di negara Indonesia, Malaysia dan jepang. Jurnal Education and development, 12(1), 413-419.
Apriansyah, Z. (2024). TELAAH SISTEM DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI NEGARA MALAYSIA (STUDI PERBANDINGAN PENDIDIKAN). INSAN CENDEKIA: Jurnal Studi Islam, Sosial dan Pendidikan, 3(1), 35-42
Aslan,A. (2019). SEJARAH PERJALANAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DIMALAYSIA. TaLimuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 29-45.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9.
Ghavifekr, S., Kunjappan, T., Ramasamy, L. & Anthony, A. (2016). Teaching and learning with TMK tools: Issues and challenges from teachers’perception. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 4(2),38-57.
Haryanti, T., & Karim, M. N. (2024). Artikel Perbandingan Kurikulum Pendidikan Indonesia dengan Negara Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Jepang dan Finlandia. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 23(3), 462-474.
Haryanto, B. (2016). Perbandingan pendidikan islam di Indonesia dan Malaysia. Adabiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 81-98.
Ikwan Lubis SE, M. M., Lubis, M. A., Taib, S. H., MAg, K., Zakaria, I., Nor, M. Y. M., ... & Abdullah, W. A. A. W. (2021). Dasar falsafah dan polisi pendidikan bersepadu: Pengalaman Malaysia. ASEAN COMPARATIVE EDUCATION RESEARCH JOURNAL ON ISLAM AND CIVILIZATION (ACER-J). eISSN2600-769X, 4(1), 1-19.
Irnissa, D. D., Rahmawati, A., & Muhtarom, T. (2024). Studi Komperatif Perbandingan Pendidikan Karakter di Negara Indonesia dan Malaysia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(01), 142-153.
Kamaluddin, N. A., & Husnin, H. (2022). Penggunaan Teknologi Maklumat dan Komunikasi (TMK) dalam pendidikan. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(2), 333-343.
Kamaruddin, I., Zulham, Z., Utama, F., & Fadilah, L. (2023). Pendidikan karakter di sekolah: Pengaruhnya terhadap pengembangan etika sosial dan moral siswa. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 140-150.
Kaur, T., & Hussein, N. (2014). Teachers’ readiness to utilize Frog VLE: A case study of a Malaysian secondary school. Journal of Education, Society & Behavioral Science, 5(1), 20-29.
Kurikulum, P. P. (2012). Kurikulum standard sekolah menengah (KSSM). Kuala Lumpur: Kementerian Pelajaran Malaysia.
Kurniawan, J. T., & Dompak, T. (2024). Perbandingan Sistem Pendidikan: Sistem Pendidikan Indonesia Dan Malaysia. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK) (Vol. 6, pp. 226-231).
Lestari, D. R. P., Istiq’faroh, N., & Muhimmah, H. A. (2024). STUDI PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA DENGAN MALAYSIA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 1442-1454.
Makhin, M. (2021). Hybrid Learning Model Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di SD Negeri Bungurasih Waru Sidoarjo. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 95-103.
Mardapi, D. (2011). Penilaian pendidikan karakter. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1-22.
Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara.
Othman, I. W., Mokhtar, S., & Esa, M. S. (2022). The Stages of National Education System Operation: Issues, Rationale, and Challenges for the Ministry of Education Malaysia (MOE) in Facing Post Pandemic Norms of Covid-19. International Journal of Education, Psychology and Counselling, 7(47), 616-638.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Putra, Armansyah. 2017. Mengkaji Dan Membandingkan Kurikulum 7 Negara (Malaysia, Singapura, Cina, Korea, Jepang, Amerika, Dan Finlandia).
Sabil, A.M., Othman, S., Razali, A.B., & Omar, R. (2022). Penggunaan buku teks bahasa melayu kurikulum standard sekolah menengah (KSSM) dalam kalangan guru bahasa melayu menengah rendah : Kajian Rintis. ANP Journal of social science and Humanities, 3(2), 65-71
Solekha, S., Purwati, P., & Nurkolis, N. (2024). KEBIJAKAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 972-979.
Suhendi, H. Y. (2017). Profil Kemampuan Literasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Di Kota Bandung.
Journal of Teaching and Learning Physics, 2(2), 1-6.
Suryana, Y., & Ismi, F. M. (2019). Manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 257-266.
Wahyudin, D. (2004). Analisis Kurikulum: Studi Komparatif Pengembangan Kurikulum Di Jepang Dan Indonesia. Inovasi Kurikulum, 1(1), 34-48.
Copyright (c) 2025 Sela Juliyanti, LR Retno Susanti, Erna Retna Safitri, Fakhili Gulo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.