Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar
Abstract
Bahasa asing yang dipakai sebagai penghubung manusia di seluruh dunia ialah bahasa Inggris. Dalam pendidikan sekolah dasar, penggunaan media interaktif sering digunakan dalam pengembangan pembelajaran. Penggunaan media interaktif dalam mata pelajaran bahasa Inggris sekolah dasar digunakan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan penulisan artikel ini untuk pengkajian literature tentang penggunaan media pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran bahasa inggris sekolah dasar. Jenis artikel ini dituliskan dengan metode Systematic Literature Review (SLR). Data dikumpulkan dengan mengkaji artikel yang terpublikasi pada database google scholar antara tahun 2020-2024 dengan bantuan kata kunci berupa media interaktif, pembelajaran bahasa Inggris, dan sekolah dasar. Selanjutnya artikel yang didapatkan diinklusi dan eksklusi sesuai dengan ketentuan yaitu kata kunci dan artikel publikasi terindeks sinta 1-6. Peneliti mengumpulkan 10 artikel yang akan dikaji secara mendalam. Berdasarkan kajian literature, penelitian ini mengungkapkan bahwa media interaktif yang digunakan dari berbagai macam aplikasi (media digital) dan permainan edukatif dalam pemebelajaran bahasa inggris berupa Microsoft Powerpoint, Multimedia Micro flash, Game Edukasi berbasis Canva, Articulate Multimedia Authoring, Ular tangga, dan Train-Word Card.
Kata Kunci: media interaktif; pembelajaran bahasa inggris; sekolah dasar.
References
Arif, S., Rachmedita, V., & Pratama, R. A. (2023). Media Pembelajaran Digital sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 435–446.
Azzam, A. (2022). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Olahraga Berbahasa Inggris Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Digit, 12(2), 133. https://doi.org/10.51920/jd.v12i2.290
Fithriyah, D. N., Habibullah, M. R., & Istiqomah, A. D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Articulate Storyline 3 Pada Materi Days and Months Kelas IV di MI Islamiyah Banat Senori Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(2), 190–197. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i2.1268
Fitriya, A. H., Setyawan, A., Yunsacitra, Y., & Noviyanti, S. (2022). Literature review: Analisa pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar saat pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 258–264. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4302
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40
Hariadi, F., Jumalia, J., & Talakua, A. C. (2023). Pengenalan Game Edukasi untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kosa Kata Benda dalam Bahasa Inggris. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 78–84. https://doi.org/10.37478/mahajana.v4i2.2685
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Kusumawati, N. I., Mawardi, M., & Latifah, N. (2022). Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis Multimedia terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sekolah Dasar. AS-SABIQUN, 4(4), 1029–1042. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i4.2141
Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134
Novitasari, D., & Kurniawati, R. (2023). Optimalisasi Pengalaman Belajar Siswa SD melalui Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web. Nusantara Educational Review, 1(1), 43–55. https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.1006
Nuraeni, C. (2019). Using Total Physical Response (TPR) Method on Young Learners English Language Teaching. Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 3(1), 26. https://doi.org/10.31002/metathesis.v3i1.1223
Nurfadilah, A., Hakim, A. R., & Nurropidah, R. (2022). Systematic Literature Review: Pembelajaran Matematika pada Materi Luas dan Keliling Segitiga. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56916/jp.v1i1.33
Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Sukriah, S. (2022). Memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 66–72.
Nurrisma, N., Abdillah, S., & Nurrizqa, N. (2024). Inovasi Pembelajaran: Membangun Minat Belajar Bahasa Inggris Dasar Melalui Perancangan Aplikasi Media Interaktif. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(1), 38. https://doi.org/10.22373/cj.v8i1.22771
Pare, A., & Murniarti, E. (2024). Analisis Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Biologi di Era Digital. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 660–672. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4087
Putri, T. R., Utami, N. C. M., & Hidayat, O. S. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media English Train-Word Card Berbasis Metode Total Physical Response untuk Meningkatkan Vocabulary Peserta Didik Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 968–974. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2196
Ragin, G., Magdalena, I., & Puspita, D. R. (2022a). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Powerpoint dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8792–8799. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3765
Ragin, G., Magdalena, I., & Puspita, D. R. (2022b). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Powerpoint dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8792–8799.
Sadriani, A., Ahmad, M. R. S., & Arifin, I. (2023). Peran guru dalam perkembangan teknologi pendidikan di era digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 32–37.
Salsabila, R. A., Ihsani, A. Z., Nurfadly, R., Komara, I., & Ananthia, W. (2024). Pengembangan dan Implementasi Media Pop Up Book Berbasis Powerpoint Bermuatan Sex Education dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 488–499. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17849
Sayd, A. I., Attubel, M., & Nazarudin, H. (2018). Implementasi metode total physical response (TPR) dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah dasar inpres Liliba Kupang. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 3(01), 17–24.
Septiani, D., Nurmahanani, I., & Ruswan, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2778–2794. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10037
Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi teknologi dalam manajemen pendidikan islam: meningkatkan kinerja guru di era digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104–126.
Sidiq, E. I., & Syaripudin, C. R. (2022). Sumber Belajar dan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 594–601.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066
Widagdo, A., & Junaedi, S. N. (2023). Media Articulate Storyline untuk Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Joyful Learning Journal, 12(3), 128–133.
Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan multimedia interaktif bermuatan game edukasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar. University of Malang.
Yafa, R. A., Mursidah, F., & Hidayatulloh, B. (2023). Systematic Literature Review: Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. SNHRP, 5, 163–177.
Zahra, A. S. A., & Putri, D. A. (2024). Metode Total Physical Response (TPR) Method dan Parcitipatory Approaches dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(7), 8109–8120. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14184
Copyright (c) 2025 Madina Agustina, Suwito Eko Pramono, Arief Yulianto, Sri Sumartiningsih Sumartiningsih, Agus Yuwono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.