Metode Pembelajaran Brain Based Learning sebagai Sarana Penerapan Disiplin Intrinsik Bagi Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Izma Bonita Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya
  • Kaniati Amalia Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31539/joeai.v8i2.14655

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi metode pembelajaran Brain Based Learning sebagai sarana penerapan disiplin bagi siswa di Sekolah Dasar. Integrasi antara BBL dan disiplin positif menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa. Dalam konteks ini, siswa tidak hanya belajar untuk mematuhi aturan, tetapi juga memahami mengapa aturan tersebut ada dan bagaimana mereka dapat berkontribusi untuk menciptakan lingkungan yang positif. Dengan pendekatan ini, siswa merasa lebih dihargai dan termotivasi untuk berperilaku baik, karena mereka memahami bahwa tindakan mereka memiliki dampak pada orang lain. Misalnya, dalam sebuah kelas yang menerapkan disiplin positif, siswa mungkin diajak untuk bekerja sama dalam proyek kelompok, di mana mereka harus saling menghargai pendapat satu sama lain dan menyelesaikan tugas bersama. Hal ini tidak hanya meningkatkan kerjasama, tetapi juga membantu siswa belajar untuk menghargai perbedaan dan mengembangkan empati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, di mana penulis mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur yang berkaitan dengan Brain Based Learning dan disiplin positif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan untuk penerapan integrasi metode pembelajaran Brain Based Learning dengan disiplin positif sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang tidak hanya mendukung pencapaian akademis siswa, tetapi juga perkembangan sosial dan emosional mereka. Dengan pendekatan yang tepat, siswa dapat belajar dalam suasana yang positif dan mendukung, yang akan membantu mereka mengembangkan sikap disiplin yang baik yang berasal dari dalam diri. Simpulan, dari analisis integrasi antara Brain Based Learning dan disiplin positif dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif bagi siswa, dikarenakan siswa tidak merasa dihakimi dengan hukuman, melainkan terlibat untuk mencari solusi dari kesalahan yang dibuat sehingga siswa semakin kuat karakternya dalam hal tanggung jawab dan membuat keputusan.

Kata Kunci: Brain Based Learning, Disiplin Postif

References

Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2000). How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School. National Academy Press.

Cameron, J., & Pierce, D. (1994). Reinforcement, reward, and intrinsic motivation: A meta-analysis. Review of Educational Research, 64(3), hal: 363-423.

Csikszentmihalyi, M. (1990). Flow: The Psychology of Optimal Experience. Harper & Row.

Durlak, J. A., Weissberg, R. P., Dymnicki, A. B., Taylor, R. D., & Schellinger, K. B. (2011). The Impact Of Enhancing Students’ Social And Emotional Learning: A Meta-Analysis Of School-Based Universal Interventions. Child Development, 82(1), hal: 405-432.

Epstein, J. L. (2011). School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools. Westview Press.

Fan, X., & Chen, M. (2001). Parental Involvement and Students Academic Achievement: A Meta-Analysis. Educational Psychology Review, 13(1), hal: 1-22.

Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.

Immordino-Yang, M. H., & Damasio, A. R. (2007). We Feel, Therefore We Learn: The Relevance Of Affective And Social Neuroscience To Education. Mind, Brain, and Education, 1(1), hal: 3-10.

Jensen, E. (2005). Teaching with the Brain in Mind. ASCD.

Nelsen, J. (2006). Positive Discipline: The First Three Years. Harper Collins.

Pianta, R. C., La Paro, K. M., & Hamre, B. K. (2007). Classroom Assessment Scoring System (CLASS). Paul H. Brookes Publishing.

Simonsen, B., Fairbanks, S., Briesch, A., Myers, D., & Sugai, G. (2008). Evidence-Based Practices In Classroom Management: Considerations For Research To Practice. Education and Treatment of Children, 31(3), hal: 351-380.

Skinner, B. F. (1953). Science and Human Behavior. Macmillan.

Downloads

Published

2025-03-16