Implementasi Program The Duke of Edinburgh International Award untuk Menumbuhkan Sikap Kemandirian dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Progresif Bumi Shalawat
DOI:
https://doi.org/10.31539/joeai.v8i2.14681Abstract
Artikel ini membahas implementasi Program The Duke of Edinburgh International Award (DofE) di SMP Progresif Bumi Shalawat untuk menumbuhkan sikap kemandirian dan kepercayaan diri siswa. DofE, yang telah diterapkan di lebih dari 140 negara, bertujuan untuk membentuk karakter remaja melalui pendidikan non-formal dengan memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan hidup, berpartisipasi dalam kegiatan fisik, dan berkontribusi pada pelayanan masyarakat. Di Indonesia, tantangan dalam pengambilan keputusan dan kemandirian di kalangan remaja semakin meningkat, terutama di tengah perubahan sosial yang cepat. Melalui kajian literatur dan analisis penelitian sebelumnya, artikel ini menunjukkan bahwa keterlibatan dalam program berbasis pengalaman seperti DofE dapat meningkatkan kemandirian, kepercayaan diri, dan kesejahteraan psikologis siswa. Implementasi DofE di SMP Progresif Bumi Shalawat diharapkan dapat memberikan wadah bagi siswa untuk menghadapi tantangan, membangun keterampilan sosial, dan menjadi agen perubahan dalam masyarakat. Dengan demikian, program ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan karakter dan kesehatan mental siswa.
Kata Kunci: Program The Duke of Edinburgh International Award, kemandirian, kepercayaan diri, SMP Progresif Bumi Shalawat
References
Abu, R., Fitri, M., & Hidayat, Y. (2024). Journal Sport Area The effectiveness of outdoor education on positive youth development and 21st century skills. 9(3), 440–450.
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2020). Laporan Survei Nasional Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana 2020. Jakarta: BKKBN.
Bentley, L. (2024). Psychological Benefits of Adventure Tourism. Integrated Journal for Research in Arts and Humanities, 4(2), 97–103. https://doi.org/10.55544/ijrah.4.2.16
Center for Reproductive Health, University of Queensland, & J. B. H. S. of P. H. (2022). Indonesia – National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS): Laporan Penelitian. In Mental Health. https://qcmhr.org/outputs/reports/12-i-namhs-report-bahasa-indonesia
Davidson, C., & Ewert, A. (2024). Exploring Mental Health Outcome Variables in Outdoor Adventure and Experiential Education. Journal of Experiential Education, 47(2), 185–190. https://doi.org/10.1177/10538259231226315
Kesehatan, B. K. P. (2024). Laporan Tematik Survei Kesehatan Indonesia Tahun 2023 “Potret Indonesia Sehat.”
Listiyah, M. (2024). Bimbingan berbasis Pengalaman untuk Mengembangkan Kesejahteraan Psikologis Peserta : Studi Kuasi Eksperimen Bimbingan Berbasis Pengalaman di SMP Negeri 10 Cimahi Tahun Ajaran 2024/2025. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sosiden, S., & Viraek, P. (2021). Character Development of Students through Extracurricular Activities. Journal La Edusci, 2(6), 1–6. https://doi.org/10.37899/journallaedusci.v2i6.526
The Duke of Eduinburgh’s International Award Foundation. (2022). Building the Future : The impact of non formal Education and Learning in times of disruption. https://doi.org/10.14627/537633031
Veiga, G., Marmeleira, J., Laranjo, L., & Almeida, G. (2021). The importance of outdoor practices for children’s health and development and for the comunity. Taking the Best from Outdoor Play. a Pratical Book for Parents and Practitioners of Early Childhood Education, January, 1–14.
World Health Organization (WHO). (2024). Working for a brighter, healthier future How WHO improves health and promotes well-being for the world’s adolescents: Second edition (Second). World Health Organization. https://iris.who.int/bitstream/handle/10665/376861/9789240093966-eng.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Yeo, B., & Yap, C. (2021). Duke of Edinburgh International Award Accomplishment and Academic Achievement: A Two Year Study in a Malaysian International School. University College Fairview.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suherman Suherman, Kaniati Amalia, I Ketut Atmaja Johny Artha, Amrozi Khamidi, Mochamad Nursalim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.