Pengaruh Media Acrylic Painting Telenan terhadap Kemampuan Vokasional Siswa Disabilitas Rungu Kelas XI SMALB-SLBN Branjangan Jember

Authors

  • Mohammad Zaki Zamani Al Mubarak Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nostalgianti Citra P Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Lailil Aflahkul Yaum Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.14738

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh media acrylic painting telenan terhadap kemampuan vokasional siswa disabilitas rungu kelas XI. Penelitian ini dilakukan dalam 5 sesi, 2 sesi pretest dan 3 sesi posttest. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancagan “One Group Pretest Posttest Design”. One Group Pretest Posttest Design adalah desain penelitian eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok sampel. Desain ini dilakukan dengan memberikan tes sebelum dan sesudah perlakuan. Desain penelitian ini termasuk dalam jenis ore-experimental design atau eksperimen semu.Tujuan dari metode ini adalah untuk mengevaluasi dampak dari perlakuan yang diberikan. Hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Penelitian ini menggunakan 3 sampel yaitu siswa disabilitas rungu kelas XI SLBN Brnajangan Jember. Tujuan utama dari penelitiaan ini adalah untuk melatih kemampuan vokasional melukis, melatih kemampuan imajinasi siswa, melatih siswa disabilitas rungu untuk mengkombinasikan warna warni dari cat acrylic. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan terhadap kemampuan vokasional melukis siswa disabilitas rungu. Simpulan ini didasari dari perolehan skor yang meningkat dari ketiga subjek, dengan Zhitung = 1,7361 > Z α = 1,645, maka H0 ditolak, artinya cukup bukti untuk menerima H1 yang berbunyi “Ada pengaruh penggunaan media acrylic painting telenan terhadap kemampuan vokasional siswa disabilitas rungu kelas XI SMALB-SLBN Branjangan Jember.

Kata kunci: Media acrylic,disabilitas rungu,metode penelitian

References

Fandriati. (2023). Prioritas Pendidikan Vokasi. Jurnal Pendidikan, 2(5), hal: 145-153.

Marpaung, Parulian Leonard dan Deni Martinus. (2014). Penelitian Efektifitas Penambahan Katalis Dibutyltin Dilarate (DTBDL) pada Aplikasi Cat Acrylic Berbasis Solvent. Jurnal Teknologi dan Manajemen, 12(1).

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media Belajar dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.

Nofiaturrahmah. (2016). Karakteristik Anak Tuna Rungu. Skripsi Offline.

Setyawan. (2019). Batasan Pengertian Tuna Rungu. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwad, 4(1), hal: 12-19.

Sodik, S. S. & M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(9), hal: 14-25.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(9).

Tjahyanti, Luh Putu Ary Sri dan Gede Danu Setiawan. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Bahasa Isyarat Merangkai Kalimat Penyandang Disabilitas Anak Tunarungu Wicara Berbasis Web. Daiwi Widya Jurnal Pendidikan, 6(3).

Downloads

Published

2025-06-13

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>