Penerapan TPS dengan Memanfaatkan Android Pokok Materi Celerating Independen Day untuk Hasil Belajar Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.31539/joeai.v8i2.14873Abstract
Rendahnya pemahaman dalam menguasai materi oleh peserta didik dalam mengikuti pembelajaran yang terjadi dalam mengikuti pembelajaran khususnya pelajaran bahasa inggris untuk hasil belajar dalam belajar beberapa faktor yang diantaranya menggunakan metode pembelajaran konvensional yang bisa menimbulkan rasa bosan dalam mengikuti pembelajaran serta menggunakan media pembelajaran tidak menarik dalam pembelajaran. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas mengadopsi model kemmis dan MC Tagart, siklusnya terdiri 4 Face adalah perencanaan, tindakan ,observasi, refleksi. Siklus I presentase ketuntasan 57% dan rata rata 75,0 karna kurang menyampai tuntas 80% maka melanjutkan siklus ke II. Sedangkan siklus II peserta didik yang tuntas 12 dan belum tuntas 2 dari 14 peserta didik presentase ketuntasan 86 % dan rata rata 81,07 karna sudah menyampai target 80% maka tidak melanjutkan siklus ke II metode pembelajaran Think, Pair, Share (TPS) dapat meningkatkan pemahaman terhadap pelajaran bahasa inggris dengan pokok pembahasan Celebrating Independence Day. Metode pembelajaran Think, Pair, Share (TPS) yang efektif kesesuaian dengan modul ajar, dan peningkatan ketuntasan belajar memberikan kontribusi terhadap peningkatan.
Kata kunci: Think Pair Share (TPS), Android, Celebrating Independence Day
References
Fajarisman, Citra P, N., Wijaya, P. R., & Ariama, A. (2023). Kreativitas Guru Untuk Memanfaatkan Media Pembelajran Pada Bahasa Inggris What Delicious Bakso ! JOEAI (Journal Of Education and Instruction), 6(1), 288–302.
Fajarisman, Widiatsih, A., & Kustiowati. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran bahasa Mandarin Untuk SMP/MTs. Education Journal : Journal Education Research and Development, 5(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/ej.v5i1.415
Husniyah, R., Widiatsih, A., Fajarisman, Kunrozazi, & Kurniawan, N. (2022). Pengembangan Website Menggunakan Google Sites Materi Produksi Pada Tumbuhan dan Hewan Untuk SMP/MTs Pada Masa Pandemi COVID 19. Education Journal : Journal Education Research and Development, 6(1), 47–58.
Kamil, V. R., Arief, D., Miaz, Y., & Rifma, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas VI. Jurnal Basicedu, 5(6), 6025–6033. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1744
Legiowati, T., Fajarisman, & Cipta P, N. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Dengan Media Pembelajaran Video Youtube Untuk Kelas I SD/MI. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 148–158.
Pratiwi, N. H., Muarif, S., Fajarisman, & Widiatsih, A. (2023). The Use Of Autoplay Studio 4 Learning Media To Improve
Student Learning Outcomes In Productive Computer Graphics Subjects At SMK NEGERI 7 JEMBER. JETI Journal Of Education Technology & Inovation, 6(2), 56–65.
Ritonga, R., Iskandar, R., Ridwan, Y., & Aji, R. H. S. (2021). Penelitian tindakan kelas. PT. Rajawali Buana Pusaka.
Sudarto, B., Widiatsih, A., & Fajarisman. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Autoplay pada tema III peduli terhadap makhluk hidup untuk kelas IV SD/MI. ElenterIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar ISlamam, 4(1), 1–13. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33474/elementeris.v4i1.10815