Pengaruh Mathematical Intelligence Stick terhadap Kemampuan Berhitung 1-20 pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan

Authors

  • Rizqy Tri Yunan Maulana Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Angger Timansah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Asroul Mais Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.14969

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh mathematical intelligence stick terhadap kemampuan berhitung 1-20 pada anak disabilitas intelektual ringan kelas 3 di SDLB YPAC Jember. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sampai dimana media mathematical intelligence stick ini memengaruhi kemampuan anak disabilitas intelektual dalam berhitung 1 sampai 20. Tujuan utama dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh media mathematical intelligence stick dalam mencari pengaruh kemampuan berhitung 1 sampai 20 pada anak disabilitas intelektual. Penelitian ini menerapkan metode Single Subject Research (SSR), yaitu suatu pendekatan penelitian yang menekankan pengamatan terhadap satu subjek untuk menilai perubahan atau dampak dari suatu intervensi. Hasil dari penelitian ini diharapkan memberikan wawasan tentang potensi media mathematical intelligence stick dalam mendukung kemampuan berhitung, pada anak disabilitas intelektual. Luaran yang diharapkan adalah data yang dapat menunjukkan efektivitas media ini dalam proses pembelajaran dan memberikan dasar untuk pengaruh media pendidikan serupa di masa depan.

Kata Kunci:   anak disabilitas intelektual, berhitung 1-20, media mathematical intelligence stick

References

Amran, S. R., & Suminar, D. R. (2020). Penerapan Teknik Total Task Presentation untuk Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Berpakaian pada Disabilitas Intelektual Berat. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 4(1), 17–26. https://doi.org/10.36341/psi.v4i1.1241

Chasanah, N. U., & Fajar Pradipta, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sempoa Geometri pada Kemampuan Berhitung Tunagrahita (Vol. 5).

Damopolii, V., Bito, N., & Resmawan, R. (2020). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATERI SEGIEMPAT. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–85. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14069

Djamali, M. F., & Kharismawati, I. (2023). Development of E-Book Learning Media in Introducing Science for Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6937–6949. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5410

Erintasari, E., & Nichla Choirin Attalina, S. (2024). Pengaruh Media Intelligence Stick terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas I SDN 3 Krapyak Jepara (Vol. 9, Issue Tahun).

Ghoziyah, I., Lessy, Z., Fathiyaturrahmah, F., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Achmad, N. K., & Jember, S. (2023). PERAN STAKEHOLDER DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA KELUARGA DENGAN TUNAGRAHITA. Jurnal WANIAMBEY : Journal of Islamic Education, 4(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3559290

Hostetter, H., Naser, M. Z., Randall, K., & Murray-Tuite, P. (2024). Evacuation preparedness and intellectual disability: Insights from a university fire drill. Journal of Building Engineering, 84. https://doi.org/10.1016/j.jobe.2024.108578

Kauffman, J. M., & Hung, L. Y. (2009). Special education for intellectual disability: Current trends and perspectives. In Current Opinion in Psychiatry (Vol. 22, Issue 5, pp. 452–456). https://doi.org/10.1097/YCO.0b013e32832eb5c3

Kumar, T. S., & Kumar Timalsina, S. (2021). American Psychological Association, (APA) Style & Referencing: A Brief Study. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(10). https://doi.org/10.5281/zenodo.8199385

Novianti, L., & Miranda, D. (2024). PENGARUH MEDIA MATHEMATICAL INTELLIGENCE STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR SIMBOLIK ANAK KELOMPOK B. 2, 194–204.

Yuwono. (2020). PENELITIAN SINGLE SUBJECT RESEARCH-BUKU. www.plb.unlam.ac.id

Prahmana. (2021). Single Subject Research.

Prastiwi Sriwijayanti, R., Septya Budiarti, I., & Panca Marga, U. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA ANIMAL STICK DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG PENJUMLAHAN.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Ramdani, R. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERAGA TANGGA PINTAR UNTUK ANAK TUNA GRAHITA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SLB NEGERI 1 MAKASSAR. 1(4), 241–253. https://etdci.org/journal/patikala/

Ridwan Sutarta, F., Mais, A., Notalgianti, ;, Prystiananta, C., Suharmawan, W., Pgri, U., & Jember, A. (n.d.). Prosiding SEMINALU (Seminar Nasional LPPM UNIPAR Jember) Pengaruh Media Pembelajaran Handcalc And Speller Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Disabilitas Intelektual Ringan Kelas VIII SLB Negeri Branjangan Jember. http://prosiding.unipar.ac.id/index.php/seminalu

Suarsana, I. M. (2021). Developing Interactive Digital Mathematics Book with Multi Representation Approach for Deaf Students. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(13), 128–141. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i13.22459

Widyastuti, E., & Susiana. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012052

Wiwik D. Hastuti1, S. M. A. S. S. A. F. (2023). The Effect of Mathematical intelligence stick Media on the Summation Skills of Students with Intellectual Disability. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(3). https://doi.org/10.47750/pegegog.13.03.21

Downloads

Published

2025-06-23