Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Kearifan Lokal dalam Menstimulasi Kreativitas Anak Usia Dini di KB Al Mustajab

Authors

  • Anis Maulida Mukaromatul Laili Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Mochammad Maulana Trianggono Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.14980

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis proyek kearifan lokal dalam menstimulasi perkembangan kreativitas anak usia dini di KB AL MUSTAJAB. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental dengan desain paired t-test, melibatkan 10 subjek anak usia dini. Instrumen penelitian menggunakan pengukuran kreativitas sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) intervensi pedagogis berbasis proyek kearifan lokal. Hasil analisis statistik menunjukkan peningkatan signifikan pada skor kreativitas anak. Rata-rata skor kreativitas meningkat dari 1,725 pada pre-test menjadi 3,375 pada post-test, dengan peningkatan sebesar 95,65%. Pengujian paired t-test menghasilkan nilai t hitung 13,22943 dengan p-value 1,67E-07, yang jauh lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Koefisien korelasi Pearson 0,707894 menunjukkan hubungan positif kuat antara intervensi dan peningkatan kreativitas. Penelitian membuktikan bahwa pembelajaran berbasis proyek kearifan lokal efektif dalam menstimulasi perkembangan kreativitas anak usia dini di KB AL MUSTAJAB. Pendekatan ini mampu menciptakan lingkungan belajar kontekstual yang mendorong ekspresi individual, berpikir divergen, dan pengembangan keterampilan kreatif berbasis kearifan budaya lokal. Implikasi penelitian menunjukkan perlunya integrasi kearifan lokal dalam kurikulum pendidikan anak usia dini, pelatihan guru, dan pengembangan model pembelajaran yang inovatif. Penelitian merekomendasikan kajian lanjutan dengan cakupan lebih luas untuk validasi komprehensif.

 

Kata Kunci: Kreativitas, Kearifan Lokal, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pendidikan Anak Usia Dini

References

Adawiyah, R., Fitriani, R., & Ilhami, B. S. (2024). Implementasi Model Belajar Project Based Learning Guna Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Anak Usia Dini. 9(02), 146–153.

Ahmad, R., Sutanto, D., & Pratiwi, L. (2023). Analisis implementasi program pengembangan kreativitas pada pendidikan anak usia dini di Indonesia. Jurnal Pendidikan Anak, 12(2), 145–160.

Amanullah, A. S. R., Syarifah, S. N., & Rachma, Z. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka untuk PAUD. Jurnal Almurtaja : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 01–09.

Anderson, J. (2024). Project Based Learning in early childhood education: A contemporary perspective. Early Childhood Education Journal, 52(1), 15–28.

Arifudin, O. (2019). Konsep Paud.

Chandra, A., Fitriana, S., Karmila, M., & Widiharto, C. A. (2023). Peningkatan Resiliensi dengan Project Based Leaning pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4295–4304. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4803

Junaedah, T., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Satuan PAUD Melalui Model Project Based Learning (PJBL). Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 16–21. https://doi.org/10.57251/tem.v3i1.1397

Lee, S., & Wang, Q. (2023). Redefining Project Based Learning for the modern educational context. Teaching and Teacher Education, 120.

Munandar, U. (2020). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka Cipta.

Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 17–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769

Potensia, J. I. (2024). Accepted: 31. 9(2), 188–194.

Putri, N. S., & Aliyyah, R. R. (2024). Pengelolaan Minat Belajar Siswa: Studi Implementasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(1), 229–253. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11633

Rahmawati, D. (2023). Pengaruh Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 89–102.

Sternberg, R. J. (2019). A triangular theory of creativity. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts.

Studi, P., Islam, P., Usia, A., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Syarif, N. (2024). PENERAPAN METODE PROYEK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HOM PIM PA CIPUTAT TIMUR.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Issue January).

Thomas, J. W. (2020). A review of research on project-based learning. The Autodesk Foundation.

Widyastuti, E. & Rahman, F. (2023). Implementasi Project Based Learning dalam mengembangkan kreativitas seni pada anak usia 5-6 tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 6(3), 215–230.

World Economic Forum. (2023). The future of jobs report. World Economic Forum.

Zhang, L., & Sternberg, R. (2023). Contemporary understanding of Torrance’s creative thinking framework. Thinking Skills and Creativity, 47.

Downloads

Published

2025-06-24