Analisis Keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai Upaya untuk Mengembangkan Karakter Global Citizenship
DOI:
https://doi.org/10.31539/joeai.v8i2.15001Abstract
Saat ini pendidikan tidak hanya terfokus pada penguasaan materi teori saja, tetapi cenderung mengajarkan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Maka muncullah program pemerintah baru yang mendukung hal tersebut yaitu P5. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur keterlaksanaan program P5 di sekolah menengah dan mengetahui bagaimana karakter kewarganegaraan global siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara guru dan angket yang disebarkan kepada siswa. Data primer diperoleh dari guru MIPA beberapa sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh sekolah telah melaksanakan program P5 yang tidak hanya terlaksana tetapi juga terorganisasi dengan baik. Selain itu, dari segi karakter kewarganegaraan global siswa berada pada kategori baik di setiap aspek.
Keyword:
Karakter global citizenship
Nasionalisme
Profil pancasila
Kualitatif
References
Abdin, Maslan, dan Jumiati Tuharea. (2023). Pendidikan Multikultural: Membangun Kesatuan Dalam Keanekaragaman. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), hal: 1148–53.
Afriatmei, F., Makki, M., & Jiwandono, I. S. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Education, 9(3), hal: 1286–1292. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5289.
Agustina, Hendra, Anna Fitri Hindriana, H. Nur, Dosen Universitas, dan Kuningan Abstract. (2023). Analisis Implementasi Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Smp Di Jakarta Barat Pada Kurikulum Merdeka Mandiri Berbagi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, (23), hal: 303–14.
Amir, Israwati, Nursalam Nursalam, dan Irvan Mustafa. (2022). Tantangan Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, hal: 204–15. doi: 10.19105/ghancaran.vi.7587.
Annisa Intan Maharani, Istiharoh Istiharoh, dan Pramasheila Arinda Putri. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(2), hal:176–87. doi: 10.59024/atmosfer.v1i2.153.
Aslamiah, Abbas, E. W., & Mutiani. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The innovation of Social Studies Journal, 2(2), hal: 82–92.
Aulya, Chairunnisa Nakda, dan Faelasup. (2024). “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Merealisasikan Tujuan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 03(01), hal: 282–93.
Derana, Ganes Tegar, dan Much Nuril Huda. (2024). Integrasi Profil Pelajar Pancasila pada Pendidikan Sekolah Dasar dengan Menggunakan Pendekatan Sastra Anak. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 7(1), hal: 32–38. doi: 10.30872/adjektiva.v7i1.3718.
Fitri Barokah, Nan Rahminawati, dan Dewi Mulyani. (2021). Analisis terhadap Partisipasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Garut. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(1), hal: :15–20. doi: 10.29313/jrpai.v1i1.39.
Griffin, P., Care, E., & McGaw, B. (2012). Assessment and Teaching of 21st Century Skills (P. Griffin, B. McGaw, & E. Care (ed.)). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5.
Habibah, Millatul, dan Fajar Awang Irawan. (2023). Tingkat Kesadaran Lingkungan Siswa Dalam Menghadapi Pemanasan Global Dalam Kegiatan Literasi Bumiku Program Kampus Mengajar 4. Jurnal Pendidikan Geosfer, 8(1), hal: :17–28. doi: 10.24815/jpg.v8i1.29167.
Howard, P., Brien, C. O., Kay, B., & Rourke, K. O. (2019). Leading Educational Change in the 21st Century : Creating Living Schools through Shared Vision and Transformative Governance. Sustainability, 11, hal: 1–13.
Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, dan Bambang Syamsul Arifin. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), hal:1224–38. doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3622.
Irwan, Irwan, Nuryani Nuryani, dan Masruddin Masruddin. (2023). Kolaborasi Sekolah Dengan Orang Tua Dalam Meningkatkan Proses Belajar Peserta Didik. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 8(1), hal: 131–54. doi: 10.24256/kelola.v8i1.3556.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Khuzaimah, Khuzaimah, dan Farid Pribadi. (2022). Penerapan Demokrasi Pendidikan pada Pembelajaran Siswa di Sekolah Dasar. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 4(1), hal: 41–49. doi: 10.35905/almaarief.v4i1.2176.
Miterianifa, Miterianifa, dan Muhammad Fiqri Mawarni. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Literasi Lingkungan dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 7(1), hal :68–73. doi: 10.24246/juses.v7i1p68-73.
Muttaqin, B. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pancasila dalam Mengembangkan Karakter Siswa di SMAN 2 Tanggul. Jurnal Trilogi: Ilmu Teknologi, Kesehatan dan Humaniora, 4(1), hal: 32–42.
Novitasari, S., & Anggraeni Dewi, D. (2022). Pentingnya Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), hal: 10250–10254. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4035.
Nuryadin, Rochmad. (2022). Jurnal progress : Wahana Kreativitas dan Intelektualitas. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas Intelektualitas URGENSI, 10(1), hal: 86–105.
Rahayu, D. N. O., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Dalam Membentuk Karakter Masyarakat Global. Visipena, 14(1), hal: 14–28. https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2035.
Reaves, J. (2019). 21St-Century Skills and the Fourth Industrial Revolution: a Critical Future Role for Online Education. International Journal on Innovations in Online Education, 3(1). https://doi.org/10.1615/intjinnovonlineedu.2019029705.
Resmana, M. T., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk Merealisasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), hal: 473–485. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.134.
Rica, Costa. (2019). SUMMARY OF AMNESTY INTERNATIONAL ’ S SUBM ISSIONS. (March).
Sadia, H., Madani, M., & Muhajir. (2022). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Pengembangan Karakter Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Wuring Kabupaten Sikka Pendidikan mempunyai peran yang penting dalam setiap aspek kehidupan manusia . Mel. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), hal: 1349–1361.
Salsabila, Alfina, Pingkan Aprileni Memorika Rianto, Nabila Hafizhah, Fershanda Vivi Hartono, dan Sri Wahyuni. (2024). Analisis Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Penguatan Karakter Melalui Kegiatan Suara Demokrasi OSIS di SMP. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(1), hal: 1–6.
Sari, A. M. F., Siti Isyati, dan Anesa Surya. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 11(2), hal: 61–72. doi: 10.54124/jlmp.v19i2.78.
Setiawan, Angga, Wahyu Nugroho, dan Dessy Widyaningtyas. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), hal: 92–109. doi: 10.55933/tjripd.v2i2.373.
Sobri, Muhammad, dan Umar. (2022). Implementasi pendidikan demokrasi disekolah.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), hal: 6174–81.
Sti Aisyah, E. S. Y. S. G. (2023). Relevance of 21St Century Skills in Dealing With Sustainable Development Goals Through the Independent Campus Learning Program. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 6(1), hal: 124–128. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v6i1.7528.
Sudibya, I. G. N., Arshiniwati, N. M., & Sustiawati, N. L. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Pneida Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Seni Drama Tari dan Musik, 5(2), hal: 25–38.
Sutrisno, Sunarto, dan Jumadi. (2023). Global citizenship education in the perspective of strengthening Pancasila student profile. Jurnal Civics : Media Kajian Kewarganegaraan, 20(2), hal: 322–32. doi: 10.21831/jc.v20i2.63983.
Tibbits, Felisa. 2010. Understanding What We Do : Emerging Models for Human Rights Education. International Review of Education, 48(4), hal: 287–92.
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), hal: 116–132.
Usmi, Rianda. (2023). Analisis Kewarganegaraan Global dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan. JCMS, 8(1), hal: 1–9.
Valenza, Yoan, dan Desri Nora. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Suara Demokrasi (Studi Kasus SMAN 8 Padang).”Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(3), hal: 272–82.
Warouw, Zusje Wiesje Merry, Firnalia Arruan Boyong, Ni Wayan Suriani, Ester Caroline Wowor, dan Widya Anjelia Tumewu. (2023). The Effect of Outdoor Study Method Based on Democratic Learning in Improving Junior High Students’ Learning Outcomes in Science Subject.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), hal: 527–33. doi: 10.29303/jppipa.v9i2.2630.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yusrianto Nasir, Meili Yanti, Sutrisno Sutrisno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.