Pengaruh Aplikasi Photoshop terhadap Keterampilan Desain Grafis untuk Anak Disabilitas Rungu Kelas VII SLB Negeri Tompokersan Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.15099Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh pelatihan desain grafis mengunakan software photoshop terhadap keterampilan desain untuk anak disabilitas rungu. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan pengaruh pelatihan desain grafis mengunakan software photoshop terhadap keterampilan desain pada anak disabilitas rungu kelas VII di SLB Negeri Tompokersan Lumajang. Tujuan utama dari penelitian adalah untuk melatih kemampuan mengenal dasar, memahami cara membuat shape objek seperti kartun bunga, pohon, manusia, rumah dan lain-lain hingga kemampuan mendesain cara melangka dengan membuat desain yang baik. Penelitian ini menggunakan metode one shot case study merupakan pendekatan penelitian yang fokus pada pengamatan subjek untuk mengevaluasi pengaruh dari subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini diharapkan memberikan wawasan bagi anak disabilitas rungu agar dapat memberikan ilmu yang telah didapat kepada anak disabilitas rungu yang berminat belajar desain grafis di generasi selanjutnya. Luaran yang diharapkan adalah data yang dapat menunjukkan efektivitas pelatihan ini dalam proses pembelajaran dan memberikan dasar untuk pengembangan metode pendidikan serupa di masa depan.
Kata Kunci : Desain grafis; software photoshop; anak disabilitas rungu.
References
Kella, C., Rumampuk, D., Harefa, M., Dappa, T., Moningka, A., & Sumilat, J. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Geometri Untuk Meningkatkan Kosakata Pada Anak Tunarungu di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), hal: 1097-1106.
Marzal, J. (2014). Desain media pembelajaran bahasa inggris untuk siswa tunarungu berbantuan teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Tekno-Pedagogi, 4(2).
Rahardja, D. (2016). Pendidikan luar biasa dalam perspektif dewasa ini. Jassi Anakku, 10(1), hal: 76-88.
Rahmah, F. N. (2018). Problematika anak tunarungu dan cara mengatasinya. Quality, 6(1), hal: 1.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: CV. Alfabeta.
Sumantri, J. S. (2003). Filsafat Ilmusebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adisty Fairus Shofi, Dedy Arianto, Khusna Yulinda Udhiyanasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.