Analisis Kebutuhan LKPD Bahasa Inggris Berbasis Problem Based Learning di SDIQ Ar-Risalah Lubuklinggau
DOI:
https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.15107Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik berbasis PBL, sehingga diperlukan studi pendahuluan yang terdiri atas studi literatur dan studi lapangan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa lembar wawancara analisis kebutuhan guru, dan angket analisis kebutuhan peserta didik. Media pembelajaran yang akan dikembangkan berupa LKPD Bahasa Inggris berbasis PBL. Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui bahan ajar digunakan guru, kendala saat pembelajaran berlangsung, dan bahan ajar diperlukan peserta didik. Hasil analisis kebutuhan 25 peserta didik kelas IV SDIQ Ar-Risalah diperoleh 80% memiliki buku pegangan untuk belajar Bahasa Inggris akan tetapi 96% peserta didik materi my favorite di dalam buku pegangan sulit dipahami. Sehingga menurut 92% peserta didik buku pegangan yang digunakan belum mencukupi sebagai sumber belajar dan 88% peserta didik membutuhkan bahan ajar lain untuk menunjang kegiatan belajar serta 100% peserta didik membutuhkan bahan ajar lain yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hasil tersebut menunjukkan perlunya dikembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis PBL materi my favorite
References
Apriyani, R., Nugraha, U., & Yuliawan, E. (2022). Minat Siswa Teradap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Kelas X Sma Negeri 12 Kota Jambi Pada Masa New Normal. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 6(1).
Ardianti Resti, S. E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 1-9.
Byslina, M. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta Edisi : 50 , 1-7.
Darwisa, D. (2024). Pengembangan e-lkpd untuk meningkatkan minat baca pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDI Daarul Fikri Malang (Doctoral dissertation, u)
Diana, A., Tahir, M., & Khair, B. N. (2022). Pengambangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis discovery learning pada pembelajaran ipa materi sumber daya alam untuk kelas IV SDN 23 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 141-150.
DINI AYU MUTIA, D. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning dilengkapi QR CODE untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar Kecamatan Salo (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Djamaludin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis . Pare Pare: CV. KAAFFAH LEARNING CENTER.
Fatthurrohman, M. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Hidayat Fitria, N. M. (2021). MODEL ADDIE (Analysis, Design, Development, implementation, and evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1-10.
Magdalena, I., Septiarini, A. A., & Nurhaliza, S. (2020). Penerapan Model-Model Desain
Pembelajaran Madrasah Aliyah Negeri 12 Jakarta Barat. PENSA, 2(2), 241-265.
Nidaur, R. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam Volume 09, No. 02, 1-18.
Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal kependidikan, 1(1), 24-44.
Nyoman Sugihartini, K. Y. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 10.
Pagarra, H. (2022). media pembelajaran . Badan Penerbit UNM.
Qomariyah, N., & Rohayati, S. (2018). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) administrasi pajak berbasis kontekstual pada materi pajak pertambahan nilai di kelas XII SMK negeri 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2).
Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis : Apa Itu Belajar ? 16.
WAHYUNINGTYAS, A. (2024). Pengembangan E-LKPD Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Whole Language untuk Kelas Tinggi Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nellayuni Verdani Okta, Dodik Mulyono, Leo Charli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.