Analisis Kebutuhan Modul Ajar Muatan Lokal Materi Tari Bedana Berbasis Kontekstual di SD Negeri 43 Kota Lubuklinggau

Authors

  • Aldi Ayang Febrian Universitas PGRI Silampari
  • Satinem Satinem Universitas PGRI Silampari
  • Supriyanto Supriyanto Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.15108

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran berbasis Kontekstual, sehingga diperlukan studi pendahuluan yang terdiri atas studi literatur dan studi lapangan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa lembar wawancara analisis kebutuhan guru, dan hasil analisis nilai ulangan harian peserta didik. Media pembelajaran yang akan dikembangkan berupa Modul Pembelajaran Muatan Lokal berbasis Kontekstual. Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui bahan ajar digunakan guru, kendala saat pembelajaran berlangsung, dan bahan ajar diperlukan peserta didik. Hasil analisis kebutuhan 24 peserta didik kelas VI SD Negeri 43 Lubuk Linggau  diperoleh 45,8% peserta didik yang tuntas pada hasil ulangan harian pelajaran muatan lokal materi tari bedana, 54,2% peserta didik yang tidak tuntas pada hasil ulangan harian pelajaran muatan lokal materi tari bedana. Hasil tersebut menunjukkan perlunya dikembangkan bahan ajar berupa Modul Pembelajaran berbasis Kontekstual materi tari bedana

References

Dasna, I. W. (2015). Hakikat Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 1-61.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.

Lestari, P. A., Nurhikmah, E., Farhani, F., Pauziah, H., Winati, I., Isnawan, O. A. R., ... & Nugroho, O. F. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva bagi Guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 2(1), 47-54.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman, 3(2), 333-352.

Putra, M. J., Erliyanti, V., & Dedy, A. (2022). Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Banyuasin pada Kelas IV SD Negeri 14 Muara Telang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 2137-2140.

Sagala, S. (2010). Konsep Pembelajaran Kontekstual dan Implementasinya dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2020). Strategi pembelajaran: Berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suprapto, S. (2020). Kearifan Lokal dalam Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wahyuni, S., Lestari, H., & Ramadhan, R. (2021). Penerapan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar dan minat siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 34–42.

Downloads

Published

2025-05-26