Analisis Karakteristik Siswa Kelas IV SD Negeri 59 Kota Lubuklinggau dalam Menerima Pembelajaran Metode Sugestopedia
DOI:
https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.15160Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik siswa kelas IV SD Negeri 59 Kota Lubuklinggau dalam menerima pembelajaran menggunakan metode Sugestopedia. Metode Sugestopedia dikenal sebagai metode yang mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, rileks, dan mengaktifkan motivasi intrinsik siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana karakteristik siswa mempengaruhi keberhasilan penerapan metode Sugestopedia dalam proses pembelajaran. Fokus penelitian ini mencakup aspek-aspek emosional, kognitif, dan sosial siswa yang menjadi bagian dari karakteristik individu yang dapat mempengaruhi penerimaan mereka terhadap metode tersebut. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai kesiapan siswa untuk menerima pembelajaran dengan pendekatan yang humanistik dan kreatif seperti Sugestopedia.
Kata Kunci : Sugestopedia, karakteristik siswa, metode pembelajaran, pembelajaran kreatif, SD Negeri 59 Kota Lubuklinggau.
References
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Dewi, N. (2021). Pengaruh metode pembelajaran berbasis interaksi dan relaksasi terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 25(1), 112-125. https://doi.org/10.xxxx/jpbs.v7i1.xxxx
Lozanov, G. (2009). Suggestology and suggestopedia: Theory and practice. Sofia: Liana Publishing.
Papalia, D. E. (2008). Human development (11th ed.). New York: McGraw-Hill.
Santrock, J. W. (2018). Child development (15th ed.). Ney York: McGraw-Hill Education.
Setiawan, A. (2022). Pengaruh karakteristik siswa terhadap penerimaan metode Sugestopedia dalam pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Slavin, R. E. (2009). Educational psychology: Theory and practice (9th ed.). Boston: Pearson.
Uno, H. B. (2016). Model-model pembelajaran: Membimbing siswa untuk aktif belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wahid Nugroho, Satinem Satinem, Anna Fauziah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.