Pengaruh Media Kotak Hitung terhadap Kemampuan Penjumlahan Ratusan pada Siswa Kesulitan Belajar Kelas V di MI Raudatul Ulum Tegal Jati Sumber Wringin Bondowoso

Authors

  • Vika Tri Aprilia S Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nostalgianti Citra P renalatama@gmail.com
  • Renalatama Kismawiyati Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.15181

Abstract

Penelitian ini tentang pengaruh penggunaan media kota hitung untuk siswa dengan hambatan kesulitan belajar kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ulum Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancagan “One Group Pretest Posttest Design”. One Group Pretest Posttest Design adalah desain penelitian eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok sampel. Desain ini dilakukan dengan memberikan tes sebelum dan sesudah perlakuan. Desain penelitian ini termasuk dalam jenis pre-experimental design atau eksperimen semu. Tujuan dari metode One Group Pretest Posttest ini adalah untuk mengevaluasi dampak dari perlakuan atau treatment yang diberikan oleh peneliti kepada 4 siswa dengan hambatan lambat belajar kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Bondowoso. Tujuan utama dari penelitian ini adalah agar siswa dengan hambatan kesulitan belajar dapat meningkatkan kemampuan penjumalahan bilangan ratusan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh media kotak hitung terhadap kemampuan siswa dengan hambatan kesulitan belajar kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Raudatul Ulum tegal Jati Bondowoso. Data yang didapat setelah melakukan obeservasi dapat disimpulkan bahwa = 2 > Z α = 1,645 maka H0 ditolak, artinya cukup bukti untuk menerima H1.

References

Andi. (2021). Pengertian penjumlahan. Journal of Classroom Action Research, 1(6), hal: 29-35.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamka, D., & Effendi, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran blended learning berbasis edmodo pada mata kuliah fisika dasar di program studi Pendidikan IPA. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 19-33.

Juai. (2021). Pengertian Kesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 2(9), hal: 86-94.

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.

Runtukahu, J. Tombokan dan Slpinus Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-06-16

Most read articles by the same author(s)