Pengaruh Media Roda Pintar terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Abjad pada Siswa Lamban Belajar Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Tegal Jati Bondowoso

Authors

  • Yulia Citra Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nostalgianti Citra P Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Renalatama Kismawiyati Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.15182

Abstract

Penelitian ini  tentang pengaruh pengunaan media roda pintar untuk 4 siswa dengan hambatan lamban belajar kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ulum Bondowoso. Siswa dengan hambatan lamban belajar adalah siswa yang memiliki kemampuan lebih rendah dibandingkan teman sebayanya. Media roda pintar dibuat dengan tujuan meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad bagi 4 siswa dengan hambatan lamban belajar. Media roda pintar ini berisikan 5 huruf abjad yaitu A,B,C,D, dan E yang semua hurufnya terdiri dari huruf kapital dan huruf kecil yang memudahkan siswa dalam mengenal hhuruf abjad. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancagan “One Group Pretest Posttest Design”. One Group Pretest Posttest Design adalah desain penelitian eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok sampel. Desain ini dilakukan dengan memberikan tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan atau sesudah diberikan treatmen. Desain penelitian ini termasuk dalam jenis pre-experimental design atau eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 kali pertemuan atau 2 sesi pretes dan 3 sesi posttest dengan alokasi waktu 45 menit atau 1 jam pelajar. Tujuan dari metode ini adalah untuk mengevaluasi dampak dari perlakuan yang diberikan. Hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuanPenelitian ini menggunakan 4 sampel yaitu siswa dengan hambatan lamban belajar kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ulum Bondowoso. Tujuan utama dari penelitian ini adalah agar siswa dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan terhadap kemampuan mengenal abjad siswa dengan hambatan lamban belas kelas IV. Simpulan ini didasari perolehan keempat subjek dengan  Zhitung = 2 > Z α = 1,645 maka H0 ditolak, artinya cukup bukti untuk menerima H1 yang berbunyi “Ada pengaruh media roda pintar terhadap kemampuan mengenal abjad pada siswa dengan hambatan lamban belajar kelas IV di Madrasah Raudhatul Ulum Bondowoso

References

Amalia, Z. L. (2020). engembangan Media Aksi Roda Berputar (Si Rotar) Untuk Pembelajaran Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA. Jurnal BAPALA, (10)4 . hlm 1-11.

Apdoludin, A., Guswita, R., & Orlanda, B. T. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Media Roda Berputar di Kelas IV SDN 60/Ii Muara Bungo. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (Jipti), 3(1),18-25.

Maulya, N. A., Martanti, F., & Rinjany, E. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Stiker Pintar Dalam Materi Asean Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(2), 201-214.

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.

Safitri, Dwi . (2021). Anak Lamban Belajar. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2).

Sauqi, Iqbal dan Nova Estu Harsiwi. (2024). Menganalisis Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus Slow Learner di Sekolah Dasar Negeri Keleyan 1. Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya (MORFOLOGI), 2(4).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, F., Setyaningsih, A., Rita, A., Pirasintiya, Aghnaita, & Saudah. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Roda Berputar di PAUD Islam Terpadu As-Subhan. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), hal: 235–240.

Downloads

Published

2025-06-17

Most read articles by the same author(s)