Peran Orang Tua Aktif, Anak Berprestasi: Bukti Nyata dari Kelas V SD Negeri 2 Sukagalih
DOI:
https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.15209Abstract
Orang tua memiliki tanggung jawab yang sangat penting, yaitu berpartisipasi pada pendidikan anaknya, namun peran tersebut masih dipertanyakan. Studi kualitatif deskriptif ini bertujuan memperoleh informasi tentang peran orang tua, mengetahui faktor penghambatnya, serta mengetahui solusi yang dilakukan orang tua dalam mendukung prestasi siswa. Penelitian ini melibatkan 6 siswa kelas V SD Negeri 2 Sukagalih, orang tua, serta guru sebagai subjek penelitian. Data peran orang tua didapatkan dengan menggunakan instrumen observasi dan wawancara yang diintegrasikan dengan dokumentasi. Data yang terkumpul di analisis dengan reduksi data, display data, serta dilengkapi dengan kesimpulan dan verifikasi. Peran orang tua dalam mendukung prestasi belajar siswa berdampak pada prestasinya di sekolah. Namun, hambatan kerap terjadi seperti kesibukn pekerjaan, keterbatasan pengetahuan orang tua, kurangnya pembiasaan belajar, gangguan anggota keluarga lain, serta masalah finansial. Dari hal tersebut, orang tua memiliki solusi yang dianggap dapat membantu keluar dari permasalaham yaitu, mencari bantuan lembaga bimbingan belajar, menjalin komunikasi sesama orang tua maupun guru, membuat kesepakatan waktu belajar, menciptakan lingkungan belajar kondusif, serta memberikan anak kebebasan memilih tempat belajarnya. Penelitian ini memiliki implikasi penting untuk memberikan wawasan berupa peran penting orang tua dalam mendukung prestasi belajar anak di sekolah.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Prestasi Belajar
References
Ajeng, T., Suma, M., & Trinurmi, S. (2020). Strategi Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Yang Malas Belajar Di Kelurahan Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal Washiyah, 1(2), hal: 248-260.
Ar, M. M., Hidayat, F., & Fadhilah, A. (2021). Penguatan Komunikasi Orang Tua Dan Guru Terhadap Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Snapp: Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan Dan Teknologi, hal: 119-122.
Arifin, F. A. R., & Tjahjono, A. B. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Akhlak Anak Di Keluarga. Jurnal Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu), hal: 456-464.
Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), hal: 249-255.
Firdaus, N., Chamalah, E,. & Azizah, A. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Siswa Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Semantika, 3(01), hal: 77-83.
Habsoh, S., Nasrudin, E., & Rosadi, A. (2021). Pelaksanaan Bimbingan Belajar Oleh Orang Tua Dalam Perkembangan Moral Spiritual Anak Di Raudhatul Athfal. Jurnal El-Audi, 2(1), hal: 20–36.
Islami, C. C., Gustiana, E., & Haerudin, D. A. (2023). Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Dengan Pemberian Apresiasi. Jambura Early Childhood Education Journal, 5(1), hal: 163-171.
Kamaleng, A. M., & Julyyanti, Y. (N.D.). Peran Orang Tua Petani Dalam Menunjang Keberhasilan Pendidikan Anak Di Desa Mataru Barat Kecamatan Mataru Kabupaten Alor. Jurnal Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1, hal: 224-232.
Nugraha. (2024). Analisis Peran Guru dalam Pencehan dan Penanganan Perilaku Bullying di Kelas 3 SDN Mugarsari. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), hal: 82-100.
Pratami, C. A., Zulfitria., & Ansharullah. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, hal: 1-8.
Setiawan, H., & Mudjiran. (2022). Pentingnya Lingkungan Belajar Yang Kondusif Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7517-7522.
Rosaria, D., & Novika, H. (2018). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31 Handil Bhakti. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 2(2), hal: 13-19.
Siddiqi, H., Sudirman, S., & Turmuzi, M. (2021). Strategi Orang Tua Membimbing Anak Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), hal: 638–643.
Suparno, S., Hartini, A., & Susila, A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas Vii C Di Smp Negeri 2 Tempunak Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pekan : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), hal: 63–77.
Supriatna, A., Nasem, & Aenul Quthbi, A. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Kenampakan Dan Pembagian Wilayah Waktu Di Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(2), hal: 158–172.
Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Wakih Et Al., (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Dasar Seni Tari Klasik (Tari Dasar Putri) Melaui Metode Demontrasi (Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan Di Kelas V Sdn 1 Cibeber Manonjaya). Jurnal Social, Humanities, And Education Studies (Shes): Conference Series, 2(2), hal: 155-162.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), hal: 772.
Yanti, L., Harahap, F., & Harahap, T. (2024). Pengaruh Fasilitas Belajar Di Rumah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Jurnal Misi, 4(2), hal: 189-197.
Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Pandemi Covid- 19. Jurnal Guru Kita PGSD, 4(3), hal: 51-58.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dera Tria Linda, Fajar Nugraha, Agus Ahmad Wakih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.