Pengembangan Media Flashcard Berbasis Budaya Pandalungan dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.15247Abstract
Anak usia dini merujuk pada tahap awal kehidupan yang penuh dengan keajaiban dan penemuan, merupakan masa yang kritis dalam perkembangan manusia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media flashcard dengan dasar budaya pandalungan ini layak dan efektif dalam mengembangkan ketrampilan bahasa anak berusia empat sampai lima tahun pada kelas A semester genap di TK AL FALAH Curah lele. Penelitian ini menerapkan metode pengembangan addie model dan metode experimental pada uji coba produk pengembangan. Subjek dalam Penelitian ini di kelas A yang berusia 4-5 tahun berjumlah 18 siswa meliputi delapan siswi perempuan dan sepuluh siswa laki – laki. Target yang akan di capai pada pengamatan ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan berbahasa anak usia 4-5 tahun melalui flashcard. Pengembangan media pembelajaran dengan mengguanakan lima model tahapan ADDIE : Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, dan Penilaian. Data di kumpulkan dengan pre test – post test dan observasi dengan merujuk (a) mengungkapkan perkataan, ( b) menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan, (c) memperkaya perbendaharaan kata, (d) mengenal symbol – symbol. Data di analisis menggunakan presentase uji T. Hasil Verifikasi media belajar yang di lakukan oleh ahli media pembelajaran mencapai nilai 99% menunjukkan hasil yang sangat valid. Dan sesuai dengan hasil uji T menunjukkan haisl t start (18,939) lebih tinggi dari tabel T (1,739) dan diartikan bahwa terdapat ketidaksmaan yang sangat berbeda dari tes awal dan ulasan menunjukkan pengembangan media flashcard berbasis pandalungan efektif dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak berusia 4-5 tahun di TK AL FALAH CURAH LELE.
Kata kunci : Anak usia 4-5 tahun, Bahasa, Media Flashcard
References
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Elan, E., Gandana, G., & Fauziah, D. E. (2023). Analisis Penggunaan Flashcard Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 63. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9023
Fajriani, C., & Kurnia, S. D. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Jurnal Educhild, 2(2), 68–79.
Fajriyah, I. D., Ashadi, F., Trianggono, M. M., & Kurniawan, N. (2023). Pengaruh Kebiasaan Menonton Youtube Terhadap Penguasaan Kosa Kata Anak Usia Dini Pada Kelompok a Di Tk Gita Nusa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 475–485. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.733
Febiola, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/566
Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Use of Flash Card Media to Improve Elementary Schools ’ Student Learning Outcomes Budi Febriyanto , Ari Yanto. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108–116.
Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744
Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru Paud Tentang Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Tk Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 6. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2), 62–69.
Kholilullah, Hamdan, H. (2020). www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id 75 | P g e. Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(Juni), 75–94.
Kusumawati, R., & Mariono, A. (2016). Pengembangan Media Flashcard Tema Binatang untuk Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Asemjajar-Surabaya. Teknologi Pendidikan, 4(1), 24–32.
Solissa, E. M., Utami, R. J., Ikhlas, A., Putra, S. R., Vanchapo, A. R., & Mahendika, D. (2023). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini melalui Media Flashcard (CBA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2941–2946.
Suciati, S. (2018). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 358. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3480
Sumiharsono, R. (2020). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran. Repository.Uinsu, 234. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran&ots=Nr8w9uLXRR&sig=dO9nzuMdeU76Gwa7wE2-xLcBB7I%0Ahttps://books.google.co.id/books?id=VJtlDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_vpt_read
Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dewi Afaiza Rini, Mohammad Maulana Trianggono , Nurhafit Kurniawan , Mukhtar Zaini Dahlan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.