Pengembangan Media Flashcard Berbasis Budaya Pandalungan dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Authors

  • Dewi Afaiza Rini Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Mohammad Maulana Trianggono Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nurhafit Kurniawan Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Mukhtar Zaini Dahlan Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.15247

Abstract

Anak usia dini merujuk pada tahap awal kehidupan yang penuh dengan keajaiban dan penemuan, merupakan masa yang kritis dalam perkembangan manusia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media flashcard dengan dasar budaya pandalungan ini layak dan efektif dalam mengembangkan ketrampilan bahasa anak berusia empat sampai lima  tahun pada kelas A semester genap di TK AL FALAH Curah lele. Penelitian ini menerapkan metode pengembangan addie model dan metode experimental pada  uji coba produk pengembangan. Subjek dalam Penelitian ini di kelas A yang berusia 4-5 tahun berjumlah 18 siswa meliputi delapan siswi perempuan dan sepuluh siswa laki – laki. Target yang akan di capai pada pengamatan ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan berbahasa anak usia 4-5 tahun melalui flashcard. Pengembangan media pembelajaran dengan mengguanakan lima model tahapan ADDIE : Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, dan Penilaian. Data di kumpulkan dengan pre test – post test dan observasi dengan merujuk (a) mengungkapkan perkataan, ( b) menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan, (c) memperkaya perbendaharaan kata, (d) mengenal symbol – symbol. Data di analisis menggunakan presentase uji T. Hasil Verifikasi media belajar yang di lakukan oleh ahli media pembelajaran mencapai nilai 99% menunjukkan hasil yang sangat valid. Dan sesuai dengan hasil uji T menunjukkan haisl t start (18,939) lebih tinggi dari  tabel T (1,739) dan diartikan bahwa terdapat ketidaksmaan yang sangat berbeda dari tes awal dan ulasan  menunjukkan  pengembangan media flashcard berbasis pandalungan efektif dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak berusia 4-5 tahun di TK AL FALAH CURAH LELE. 

Kata kunci : Anak usia 4-5 tahun, Bahasa, Media Flashcard

References

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Elan, E., Gandana, G., & Fauziah, D. E. (2023). Analisis Penggunaan Flashcard Berbasis Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 63. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9023

Fajriani, C., & Kurnia, S. D. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Jurnal Educhild, 2(2), 68–79.

Fajriyah, I. D., Ashadi, F., Trianggono, M. M., & Kurniawan, N. (2023). Pengaruh Kebiasaan Menonton Youtube Terhadap Penguasaan Kosa Kata Anak Usia Dini Pada Kelompok a Di Tk Gita Nusa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 475–485. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.733

Febiola, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/566

Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Use of Flash Card Media to Improve Elementary Schools ’ Student Learning Outcomes Budi Febriyanto , Ari Yanto. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108–116.

Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744

Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru Paud Tentang Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Tk Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 6. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2), 62–69.

Kholilullah, Hamdan, H. (2020). www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id 75 | P g e. Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(Juni), 75–94.

Kusumawati, R., & Mariono, A. (2016). Pengembangan Media Flashcard Tema Binatang untuk Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Asemjajar-Surabaya. Teknologi Pendidikan, 4(1), 24–32.

Solissa, E. M., Utami, R. J., Ikhlas, A., Putra, S. R., Vanchapo, A. R., & Mahendika, D. (2023). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini melalui Media Flashcard (CBA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2941–2946.

Suciati, S. (2018). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 358. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3480

Sumiharsono, R. (2020). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran. Repository.Uinsu, 234. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran&ots=Nr8w9uLXRR&sig=dO9nzuMdeU76Gwa7wE2-xLcBB7I%0Ahttps://books.google.co.id/books?id=VJtlDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_vpt_read

Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Downloads

Published

2025-06-25