Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Pengembangan Life Skill pada Anak Autisme pada Yayasan Buah Hati
DOI:
https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.15261Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan keterampilan hidup anak-anak dengan autisme di Yayasan Autisme Buah Hati berbasis multimedia menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 yang dapat membuat animasi interaktif berupa presentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model proses pengembangan multimedia yang mengacu pada Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Proses pengembangan meliputi tahap perancangan, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, dan distribusi. Data diperoleh melalui observasi langsung di Yayasan Buah Hati serta wawancara dengan Ketua Yayasan dan para guru yang berpengalaman dalam mengajar anak-anak dengan autisme. Hasil penelitian berupa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan efektif dalam membantu anak-anak dengan autisme mempelajari keterampilan hidup, meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses belajar, serta meningkatkan kepuasan mereka terhadap pembelajaran. Selain itu, media ini memberikan pengalaman belajar yang nyata, yang dapat memperkuat keterampilan hidup anak-anak autisme.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Keterampilan Hidup, Anak-anak, Autisme
References
Aini, H. Q., & Tresnawati, D. (N.D.). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa. http://Jurnal.Sttgarut.Ac.Id/.
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), hal: 291–299. https://Doi.Org/10.56248/Educativo.V1i1.40.
Kusuma Putri, C. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Retensi Peserta Didik Autis. 15(1), hal: 129–137.
Mar’atullatifah, Y., & Ratnasari, N. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Untuk Anak Penderita Autisme Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Informasi Dan Teknologi, hal: 39–52. https://Doi.Org/10.60083/Jidt.V5i4.413.
Martono, K. T., Eridani, D., Ismy, D., & Isabella, S. (2019). Jurnal Politeknik Caltex Riau User Experience Pada Implementasi Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Anak Pengidap Autisme. In Jurnal Komputer Terapan, 6(1). Https://Jurnal.Pcr.Ac.Id/Index.Php/Jkt/.
Nugraha, P., Rahman, F. N., Rohmansyah, F. A., Rizky, D., Jaya, P., Setiawan, K., Tinggi, S., Komputer, I., & Karya Informatika, C. (2024). Media Pembelajaran Interaktif Manfaat Pelestarian Lingkungan Organisasi Relawan Cakra Abhipraya Responsif Interactive Learning Media Benefits Of Environmental Preservation Responsive Cakra Abhipraya Volunteer Organization. Journal Of Information Technology And Computer Science (Intecoms), 7(1).
Nursafitri, A. D., Balqis, F., Dori, M., & Suryadi, E. (2020). Penerapan Life Skill Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. 6, 100–103. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jo.
Pengabdian Masyarakat, J., Media Belajar Interaktif Berbasis Android Bagi Anak Desa Petuk Ketimpun Binaan Yayasan Ransel Buku Bayu Pratama Nugroho, P., Hendartie, S., Haris, F., Ichsan, M., Studi Sistem Informasi, P., Palangkaraya, S., Studi Teknik Informatika, P., Studi Manajemen Informatika, P., & History, A. (2022). Pimas. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Pimas), 1(2). Http://Ejournal.Uhb.Ac.Id/Index.Php/Pimas.
Rafikayati, A., Rachmadtullah, R., Anugerah Kusuma Perdanake, Y., Oktadifa Fauziah, A., Studi Pendidikan Khusus, P., Pgri Adi Buana Surabaya Jl Dukuh Menanggal Xii, U., Timur, J., & Kunci, K. (N.D.). Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Anak Autis Melalui Program Teacch Berbantuan Media Video Pembelajaran Interaktif.
Rahmawati, S. (2018). Penerapan Media Interaktif “Kns” Untuk Siswa Autis (Vol. 4).
Rasmani, U. E. E. (2023). Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Bagi Guru Paud. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6074–6084. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i5.4935.
Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Riau, P. (2018). Pemanfaatan Adobe Flash Cs6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers Sri Rezeki. 2.
Zunia Arnada, E., & Widyananda Putra, R. (N.D.). Implementasi Multimedia Interaktif Pada Paud Nurul Hikmah Sebagai Media Pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fachrur Rozi, Kiki Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.