Perencanaan Strategik Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dalam Meningkatkan Mutu di Kota Lubuklinggau
DOI:
https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.15265Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan strategik sekolah menengah atas (SMA) negeri dalam menintkatkan mutu di Kota Lubuklinggau. enelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota Lubuklinggau. Subyek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Dewan Guru. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif miles & huberman, dengan alur tahapan: pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan atau verifikasi (consclution drawing & verifying). Hasil penelitian, sekolah, telah melakukan perencanaan strategik dalam meningkatkan mutu sekolah, seperti; perencanaan peserta didik mulai dari tahapan masuk atau penerimaan, kemudian dilakukan pembinaan dan terakhir kelulusan, semua hal tersebut direncanakan dengan baik. Kemudian perencanaan tenaga pendidik dan kependidikan pada sekolah penggerak, menyiapkan tenaga pendidik dalam hal ini guru sebanyak 5 orang untuk mengikuti pelatihan, sehingga diharapkan dapat menggembangkan diiri dan guru yang lainnya di sekolahnya. Simpulan, perencanaan stratetgik sekolah, dimulai dari perencanaan peserta didik, kemudian menyiapkan tenaga pendidik dan kependidikan yang berkualitas, untuk meningkatkan mutu sekolah.
Kata Kunci: Perencanaan Strategik, SMA, Mutu Sekolah
References
Amin, A.F, Muhammad, M.A & Yunisca, N. (2021). Efektivitas Sekolah Rujukan terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Jurnal PEKAN, 6(2), hal: 177-188.
Atmodiwirio. (2000). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.
Buchari, A., & Saleh, E.,M. (2016). Merancang Pengembangan Madrasah Unggul. Journal of Islamic Education Policy, 1(2), hal: 95-112.
Danim, S. (2009). Manajemen Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Administrasi dan Pengelolaan Sekolah. Jakarta: Dirjen PMTK.
Echol & Shadily. (2010). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Engkoswara. (2001). Manajemen Sekolah. Bandung: Alphabeta.
Hasanah, W., Nurhayati, Zulham, T., Rahmat, H. (2019). Perencanaan Pengembangan Madrasah di MAS Teladan Ujung Kubu Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara. Sabilarrsyad, 4(1), hal: 33-43.
Priyanto, D. (2011). Pengembangan Perencanaan Pendidikan Islam. Insanian, 16(3), hal: 295-307.
Sabirin. (2012). Perencanaan Kepala Sekolah tentang Pembelajaran. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 9(1), 111-128.
Nurmaidiah. (2024). Perencanaan Strategi Sekolah Internasional dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, 5(2), hal: 232-237.
Zaenab, H. Siti, J. Emi. R. (2023). Pelatihan Perencanaan Strategik Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), hal: 313-321.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Gawdy Prananosa, M. Rusni Eka Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.