Strategi Penanaman Nilai Karakter dalam Meningkatkan Disiplin Anak Usia 4-5 Tahun di RA Nurul Fu’adi Jember

Authors

  • Anggita Damayanti Kusuma Wijaya Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ahmad Jazuly Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Wedya Puspita Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.15309

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penanaman nilai karakter dalam meningkatkan disiplin anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Fu’adi Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru, dan orang tua sebagai subjek penelitian dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi penanaman nilai karakter disiplin yang efektif dilakukan melalui tiga pendekatan utama, yaitu keteladanan (guru sebagai role model), pembiasaan (melalui aktivitas rutin sehari-hari), dan penguatan (dukungan positif terhadap perilaku positif). Keberhasilan strategi ini dapat diamati melalui perubahan perilaku anak dalam kepatuhan terhadap aturan, kemampuan menunggu giliran, serta tanggung jawab terhadap tugas dan barang yang diberikan. Penelitian ini menegaskan pentingnya konsistensi penerapan nilai disiplin tidak hanya di lingkungan sekolah, tetapi juga di rumah untuk membentuk karakter disiplin yang melekat pada diri anak.

 

Kata kunci: Pendidikan karakter, disiplin, anak usia dini, keteladanan, pembiasaan

References

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). R De. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 03(02), 67–78.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Hasanah, A., Arifin, B. S., Mahyani, A., & Saepurahman, A. (2022). Landasan Teori Pendidikan Karakter. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 725–736. https://doi.org/10.22437/jssh.v6i1.20165

Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775

Kusumastuti, N. (2020). Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 333–344. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2525

Lutfiyah, L. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. … : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1020. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/2244%0Ahttps://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/download/2244/1211

Mainuddin, M., Tobroni, T., & Nurhakim, M. (2023). Pemikiran Pendidikan Karakter Al-Ghazali, Lawrence Kolberg dan Thomas Lickona. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 283–290. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.563

Nailul Mahfudhoh, Fita Mustafidah, Q. A. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Siswa Di MTS AL-ITTIHAD BELUNG PONCOKUSUMO KAB. MALANG. 9(2019).

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Riasti, N. (2025). Penerapan Teori Sosial Dalam Pembentukan Karakteranak Usia Dini. 4(4), 1–23.

Saepulloh. (2024). Penerapan Teori Behaviorisme dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(6), 861–869. http://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i6.329

Sahidun, N. (2022). Peningkatan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Pembiasaan. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.32332/ijigaed.v2i2.3817

Saripah. (2021). Peran Orangtua dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal: Kajian Keluarga, Gender Dan Anak, 4(2), 92–106.

Sofwatillah, Risnita, Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). Teknik Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 79–91.

Sriwahyuni, E., & Amelia, M. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan No. 2 Tahun 2017 Tentang Pengembangan Dan Peningkatan Profesi Guru. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 158–165. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i2.3746

Sukatin, S., Munawwaroh, S., Emilia, E., & Sulistyowati, S. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Anwarul, 3(5), 1044–1054. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457

Sukmawati , Muhamad Safiuddin Saranani, D. D. (2023). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Melalui Konsep Pembelajaran Scaffolding Di TK Melati Desa Puudongi Kabupaten Kolaka. 6(1), 24–32.

Sutiyani, F., Adi, T. T., & Meilanie, R. S. M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Film Adit dan Sopo Jarwo Ditinjau dari Aspek Pedagogik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2201–2210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1133

Unjunan, O. P., & Budiartati, E. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Di Paud Sekar Nagari Unnes. Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 174–189.

Downloads

Published

2025-06-26