Strategi Penanaman Nilai Karakter dalam Meningkatkan Disiplin Anak Usia 4-5 Tahun di RA Nurul Fu’adi Jember
DOI:
https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.15309Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penanaman nilai karakter dalam meningkatkan disiplin anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Fu’adi Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru, dan orang tua sebagai subjek penelitian dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi penanaman nilai karakter disiplin yang efektif dilakukan melalui tiga pendekatan utama, yaitu keteladanan (guru sebagai role model), pembiasaan (melalui aktivitas rutin sehari-hari), dan penguatan (dukungan positif terhadap perilaku positif). Keberhasilan strategi ini dapat diamati melalui perubahan perilaku anak dalam kepatuhan terhadap aturan, kemampuan menunggu giliran, serta tanggung jawab terhadap tugas dan barang yang diberikan. Penelitian ini menegaskan pentingnya konsistensi penerapan nilai disiplin tidak hanya di lingkungan sekolah, tetapi juga di rumah untuk membentuk karakter disiplin yang melekat pada diri anak.
Kata kunci: Pendidikan karakter, disiplin, anak usia dini, keteladanan, pembiasaan
References
Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). R De. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 03(02), 67–78.
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Hasanah, A., Arifin, B. S., Mahyani, A., & Saepurahman, A. (2022). Landasan Teori Pendidikan Karakter. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 725–736. https://doi.org/10.22437/jssh.v6i1.20165
Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775
Kusumastuti, N. (2020). Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 333–344. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2525
Lutfiyah, L. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. … : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1020. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/2244%0Ahttps://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/download/2244/1211
Mainuddin, M., Tobroni, T., & Nurhakim, M. (2023). Pemikiran Pendidikan Karakter Al-Ghazali, Lawrence Kolberg dan Thomas Lickona. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 283–290. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.563
Nailul Mahfudhoh, Fita Mustafidah, Q. A. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Siswa Di MTS AL-ITTIHAD BELUNG PONCOKUSUMO KAB. MALANG. 9(2019).
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Riasti, N. (2025). Penerapan Teori Sosial Dalam Pembentukan Karakteranak Usia Dini. 4(4), 1–23.
Saepulloh. (2024). Penerapan Teori Behaviorisme dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(6), 861–869. http://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i6.329
Sahidun, N. (2022). Peningkatan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Pembiasaan. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.32332/ijigaed.v2i2.3817
Saripah. (2021). Peran Orangtua dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal: Kajian Keluarga, Gender Dan Anak, 4(2), 92–106.
Sofwatillah, Risnita, Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). Teknik Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 79–91.
Sriwahyuni, E., & Amelia, M. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan No. 2 Tahun 2017 Tentang Pengembangan Dan Peningkatan Profesi Guru. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 158–165. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i2.3746
Sukatin, S., Munawwaroh, S., Emilia, E., & Sulistyowati, S. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Anwarul, 3(5), 1044–1054. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457
Sukmawati , Muhamad Safiuddin Saranani, D. D. (2023). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Melalui Konsep Pembelajaran Scaffolding Di TK Melati Desa Puudongi Kabupaten Kolaka. 6(1), 24–32.
Sutiyani, F., Adi, T. T., & Meilanie, R. S. M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Film Adit dan Sopo Jarwo Ditinjau dari Aspek Pedagogik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2201–2210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1133
Unjunan, O. P., & Budiartati, E. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Di Paud Sekar Nagari Unnes. Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 174–189.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anggita Damayanti Kusuma Wijaya, Ahmad Jazuly, Wedya Puspita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.