Pengaruh Kegiatan Finger Painting terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di TK Muslimat NU 48 Jember

Authors

  • Lailina Musdzalifah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ahmad Jazuly Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Wedya Puspita Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.15332

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kegiatan Finger Painting terhadap perkembangan motorik halus anak di TK Muslimat NU 48 Jember. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental jenis one-group pretest-posttest, penelitian ini melibatkan 20 anak usia 5-4 tahun yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan motorik halus anak sebelum dan sesudah intervensi. Analisis data menggunakan uji T-test paired sample dan uji Efektivitas N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan motorik halus anak dengan nilai rata-rata pretest 74,5 menjadi 88,5 pada posttest, dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) dan korelasi 0,806. Uji efektivitas N-Gain Score menunjukkan nilai 0,58 (kategori sedang) dengan tingkat efektivitas 58,33% (cukup efektif). Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan Finger Painting berpengaruh signifikan dan cukup efektif dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak, sehingga dapat direkomendasikan sebagai metode pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan untuk stimulasi motorik halus anak usia dini.

Kata Kunci: Finger Painting, Perkembangan Motorik Halus, Anak Usia Dini

References

Amalia, W., & Mayar, F. (2021). Perkembangan Motorik Halus melalui Metode Finger Painting. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9158–9162.

Ana Novitasari, M. (2025). Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Journal on Early Childhood, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.828

Gendro, S. S., & Aulya, D. (2022). Buku metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Lp2m Ust Jogja.

Kamelia, N. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ) STPPA Tercapai di RA Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064

Kuhlman, B., & Bradley, P. (2019). Advances in protein structure prediction and design. Nature Reviews Molecular Cell Biology, 20(11), 681–697.

Lukman, S. M., & Neviyarni, N. (2021). The Study of Learning Theory in terms of Motor Skills. Journal of Counseling, Education and Society, 2(1), 13. https://doi.org/10.29210/08jces72200

Marlia, D. (2022). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Melalui Melukis Dengan Jari ( Finger Painting ) Pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Al SAVIRA Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Jurnal Tunas Asjawa (JTA), 1(2), 81–96. https://journal.unusia.ac.id/index.php/Tunas

Nurfauzi, R., & Triwahyuni, H. (2023). Penanaman Nilai Pendidikan pada Anak dalam Perspektif Kemendiknas. Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda, 9(1), 40–47.

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.

Nurul, Falah, U., Asri Windarsih, C., Khalif Alam, S., Bermain Al-Humairo, K., Garut, K., & Jawa Barat, P. (2023). Belajar dari rumah : mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam. 6(6), 2614–6347.

Pandu Winata, N. S. (2023). Penerapan Finger Painting Dalam Menstimulasi Imajinasi Dan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Bidang Seni. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1243–1252. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2220

Rahim, R. (2021). Metodologi Penelitian (Teori dan Praktik). Cemerlang Indonesia, 1(1), 1–216.

Ratnaningsih, R., & Sudjatmiko, S. (2021). Menakar Nilai Keadilan, Kemanfaatan, Dan Kepastian Hukum Pencegahan Perkawinan Anak. Journal of Economic and Business Law Review, 1(1), 50–66.

Rohmah, F. S., & Tasuah, N. (2024). Pengembangan Motorik Halus Melalui Finger Painting pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Athfal Amanah Desa Jebengsari. 6, 261–269.

Sari, M. M., Sariah, & Heldanita. (2020). Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Kindergarden: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 136–145. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/10983

Soleha, W., & Sjamsir, H. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegitan Menjahit Pada Anak Kelompok B Tk It Al-Munawwarah Long Kali Tahun Pelajaran 2021/2022. Bedumanagers Journal, 3(1), 26–32. https://doi.org/10.30872/bedu.v3i1.1607

Suarmini, N. K., Suyanta, I. W., & Sindu Putra, I. B. K. (2022). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Membuat Alat Permainan Edukatif. Generasi Emas, 5(2), 43–55. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2022.vol5(2).10217

Sugiyono, S. (2021). Materi Alat dan Metode Pembelajaran Dalam Sistem Pendidikan Islam di Era Digital.

Suyadi, & Ulfah. (2021). Konsep Dasar Paud.

Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Alprin.

Downloads

Published

2025-06-26