Pengaruh Media Video Tutorial Memasak Nasi Goreng Sehat terhadap Keterampilan Vokasional Anak Disabilitas Intelektual Ringan di SLB C TPA Jember
DOI:
https://doi.org/10.31539/joeai.v8i3.15458Abstract
Anak disabilitas intelektual umumnya mengalami kesulitan dalam pembelajaran akademik, hal ini dikarenakan tingkat intelegensi mereka yang rendah. Sehingga anak disabilitas intelektual mengalami keterlambatan dalam berpikir dibandingkan anak pada umumnya. Oleh sebab itu, pendidikan non akademik biasanya lebih dijarkan kepada anak disabilitas intelektual misalnya keterampilan vokasional. Keterampilan vokasional tentunya disesuaikan dengan bakat serta minat setiap anak dalam bidang tertentu. Keterampilan vokasional dalam penelitian ini ialah kemampuan anak disabilitas intelektual ringan dalam memasak nasi goreng sehat dengan media pembelajaran video tutorial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh dari media video tutorial terhadap keterampilan vokasional memasak nasi goreng sehat anak dengan disabilitas intelektual ringan. Penelitian ini menerapkan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B dan dilaksanakan 12 sesi. Kondisi baseline (A1) dilakukan dalam 4 sesi, dan diperoleh hasil 46%, 48%, 56%, 61%. Pada fase intervensi (B2) dilakukan dengan 8 sesi, diperoleh hasil 80%, 82%, 89%, 91%, 94%, 96%, 97%, 97%. Berdasarkan analisis visual dengan grafik diperoleh hasil penelitian menunjukkan bahwa media video tutorial berpengaruh terhadap keterampilan vokasional anak disabilitas intelektual ringan dalam memasak nasi goreng sehat.
Kata Kunci: Keterampilan Vokasional; Memasak; Nasi Goreng Sehat; Video Tutorial; Disabilitas Intelektual
References
Amelia, H., & Armaini. (2021). Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Boneka dari Kaus Kaki bagi Anak Tunagrahita Ringan. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(3), 184190. https://doi.org/10.38035/rrj.v3i3.336.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Haryanti, S., & Suwerda, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Praktik Pada Mata Kuliah Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. 10(1), 79–88.
Marchella, Cut, Iga Setia Utami, Damri, Johandri Taufan, dan Gaby Arnez. (2023). Meningkatkan Keterampilan Membuat Dendeng Daun Singkong Menggunakan Media Video Tutorial Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2).
Mokoginta, H., Sojow, L., & Manggopa, H. K. (2021). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 220–226. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1337.
Mustika, S. R., Budi, S., Padang, U. N., Rias, V., Sederhana, C., Teknik, M., Pada, M., & Pada, A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Rias Cantik Sederhana Menggunakan Teknik Modeling Pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan. 11(2), 97–110.
Nurhayati, P., Siagian, T., & Setyo, B. (2024). Membentuk Life Skill dan Kemandirian Anak Disabilitas Melalui Program Entrepreneurship di Pondok Perkampungan Ainul Yakin. 8(2), 48–61.
Salim, N. M., & Pamungkas, B. (2023). Implementasi Metode Direct Instruction pada Pembelajaran Vokasional Anak dengan Hambatan Pendengaran. 7(2), 133–140.
Sari, A. P., & Ardisal. (2023). Efektivitas Metode Direct Instruction untuk Meningkatkan Keterampilan Memasak Nasi Goreng Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Kelas XI. 7, 25224–25228. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/10623.
Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2006). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tinggal Pendidikan Dengan Subjek Tunggal. Cricet: Universitas Tsukuba, 59.
Wijaya, F. V., & Suhartiningsih, S. (2021). Video Tutorial Sanggul Cepol Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 3(1), 9–17.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Susi Sugiarti, Nostalgianti Citra P, Bhennita Sukmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.